Silabus Tema 6 : Indahnya Kebersamaan Kelas 4 Kurikulum 2013
28 November 2012
SILABUS
Kelas IV
Tema 6 : Indahnya Negeriku
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
TAHUN 2012
Kelas :
IV
Tema 6 :
Indahnya Negeriku
Alokasi Waktu :
3 Minggu
Mata
Pelajaran dan Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Kegiatan
Pembelajaran dan Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
MINGGU 1
|
||||||
PPKn
Mengelompokkan identitas suku bangsa (pakaian
tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, dan upacara adat), sosial
ekonomi (jenis pekerjaan orang tua) di lingkungan rumah sekolah dan
masyarakat sekitar
|
·
Menyebutkan
unsur-unsur identitas suku bangsa
·
Membedakan
identitas suku bangsa (pakaian tradisional, bahas, rumah adat, makanan khas,
dan upacara adat) yang ada di lingkungan sekitar.
|
·
Mencari
informasi tentang unsur-unsur identitas suku bangsa dari berbagai sumber.
·
Mendiskusikan
unsur-unsur identitas suku bangsa
·
Membuat
daftar unsur-unsur identitas suku bangsa yang meliputi: pakaian tradisional,
bahasa, rumah adat, makanan khas, dan upacara adat dari berbagai suku bangsa
yang berada di lingkungan sekitar.
·
Memaparkan
hasil kerja kelompok di depan kelas.
·
Menyimpulkan
hasil diskusi
Penilaian
·
Tes
Tertulis : untuk mengukur penguasaan konsep identitas suku bangsa
·
Hasil
Kerja : menilai hasil kerja berupa daftar unsur-unsur identitas suku bangsa
|
6 jp
|
Buku Tematik Kelas IV
|
||
Bahasa Indonesia
Membaca teks tentang berbagai topik, membuat pertanyaan, dan menuliskan gagasan pokok
|
·
Menyusun
pertanyaan-pertanyaan dengan benar mengenai isi teks bacaan
·
Menentukan
dengan tepat gagasan pokok paragraf yang ada dalam teks bacaan
|
·
Membaca
di dalam hati teks bacaan tentang “Indahnya Negeriku”
·
Membuat
pertanyaan-pertanyaan tentang isi teks bacaan
·
Menukarkan
pertanyaan-pertanyaan dengan teman untuk saling menjawab
·
Menentukan
dan menulis gagasan pokok paragraf-paragraf yang ada di dalam teks bacaan
·
Membandingkan
gagasan pokok yang ditentukan sendiri dengan gagasan pokok yang ditulis teman
Penilaian
Tes tertulis
·
Ketepatan
pertanyaan dengan isi teks bacaan
·
Ketepatan
dalam menentukan gagasan pokok paragraf
|
4 jp
|
Buku Tematik Kelas IV
|
||
· Membaca dan menemukan makna kata dalam kamus /ensiklopedia
|
·
Membuka kamus dengan
benar
untuk menemukan makna kata-kata sulit
·
Menyusun kalimat
dengan menggunakan kata-kata sulit yang telah ditemukan artinya di dalam
kamus/ensiklopedia
|
·
Membaca kembali teks bacaan tentang “Indahnya Negeriku”
·
Mencatat
kata-kata yang dianggap sulit artinya yang ada dalam teks bacaan
·
Membuka kamus/ensiklopedia, lalu menemukan arti dan makna
kata-kata tersebut sesuai dengan konteksnya
·
Menyusun kalimat
dengan menggunakan kata-kata sulit yang telah ditemukan artinya di dalam
kamus/ensiklopedia
Penilaian
Tes Tertulis:
·
Menemukan kata-kata
sulit di dalam teks bacaan
·
Membuka kamus
dengan benar
·
Menyusun kata-kata
sulit
Unjuk kerja cara membuka kamus/ensiklopedia
|
2 jp
|
Kamus atau ensiklopedia
|
||
Menjelaskan secara lisan jenis dan persebaran sumber
daya alam hayati dan non hayati serta pemanfaatannya untuk kegiatan ekonomi
dengan menggunakan peta dan atlas
|
·
Menemutunjukkan sumber daya alam yang
dibutuhkan manusia melalui peta dan atlas persebaran sumber daya alam hayati dan non hayati di daerahnya.
·
Menunjukkan contoh pemanfataatan sumber
daya alam untuk kegiatan ekonomi secara arif
|
·
Mengidentifikasi
sumber daya alam hayati dan non hayati yang tercantum dalam peta tematik dan
membuat tabel persebarannya
·
Membaca teks mengenai sumber daya alam hayati dan non hayati
·
Mengidentifikasi sumber daya alam alam hayati dan non hayati yang
digunakan dalam kehidupan sehari-hari
·
Mencari
informasi tntang pemanfaatan SDA hayati dan non hayati dalam kehidupan
sehari-hari dari berbagai sumber informasi
·
Membuat
grafik SDA hayati dan non hayati di Indonesia
Penilaian
·
Tertulis:
Pemahaman konsep
tentang SD hayati dan non hayati, serta pemanfaatannya.
|
4 jp
|
Buku Tematik Kelas IV
Peta
|
||
Matematika
Mengamati dan menemukan bangun
segibanyak beraturan maupun tak beraturan yang membentuk pola pengubinan(K4)
|
·
Menggambar berbagai
segi banyak yang dibentuk oleh gabungan bangun datar sederhana
|
·
Mengamati
benda-benda di sekitar yang berbentuk segitiga, segiempat, segilima,
dst.
·
Mengidentifikasi
benda-benda yang termasuk sebagai segibanyak beraturan dan segibanyak tak
beraturan
·
Menggambar
berbagai segibanyak menjadi bagian-bagian yang merupakan bangun datar
sederhan
·
Menggambar
berbagai segibanyak yang dibentuk oleh gabungan bangun datar sederhana
Penilaian
:
·
Unjuk
kerja : menyebutkan nama segibanyak yang ditemukan di sekitar
·
Tes
tertulis : Menggambar berbagai segibanyak yang dibentuk oleh gabungan bangun
datar sederhana
|
6 jp
|
Buku Tematik Kelas IV
|
||
PENJASORKES
Memahami tinggi dan berat badan ideal dan
pengaruhnya terhadap pertumbuhan dan
perkembangan
Mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak dasar untuk
membentuk gerakan dasar atletik
jalan dan lari yang dilandasi konsep gerak melalui permainan dan
atau tradisional
Mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar
lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif dalam permainan bola kecil yang
dilandasi konsep gerak dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional
bola kecil
|
Memahami penyebab kelebihan berat badan
Memperagakan kombinasi gerak dasar jalan
Menerapkan variasi dan kombinasi pola gerak
lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif dalam permainan menggunakan raket/bat
|
Mengidentifikasi jenis makanan yang dapat
menyebabkan kelebihan berat badan
Berjalan ke mengikuti lintasan
berbelok-belok menunjukkan disiplin
Memukul shoottlecock ke berbagai arah
secara berpasangan
Penilain:
Tertulis: menyebutkan jenis makanan yang
dapat menyebabkan kelebihan berat badan
Unjuk kerja: Berjalan ke mengikuti lintasan
berbelok-belok dan Memukul shoottlecock ke berbagai arah
Pengamatan perilaku
|
4 JP
|
Raket
Shoottlecock
Kapur
Buku pegangan siswa
|
||
Seni Budaya dan Prakarya
Mengenal tempat- tempat
industri, bersejarah, dan seni pertunjukan di daerah setempat (KI 3)
|
·
Menyebutkan tempat-tempat industri di daerah setempat
·
Menyebutkan tempat bersejarah di daerah
setempat
·
Menyebutkan tempat-tempat seni pertunjukan di daerah setempat
·
Membuat laporan kunjungan
|
·
Membuat
daftar tempat-tempat industri, bersejarah, seni di daerah setempat
·
Membuat
perencanaan kunjungan tempat-tempat industri, bersejarah, seni di daerah
setempat
·
Mengunjungi
kunjungan tempat-tempat industri, bersejarah, seni di daerah setempat
·
Membuat
laporan hasil kunjungan
Penilaian
·
Tertulis:
menulis tempat-tempat industri, bersejarah, seni di daerah setempat
·
Produk:
laporan kunjungan
|
6 jp
|
Buku Tematik Kelas IV
Peta wisata
Museum, tempat industri, dan bersejarah
|
||
MINGGU 2
|
||||||
PPKn
Mengelompokkan identitas suku bangsa (pakaian
tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, dan upacara adat), sosial
ekonomi (jenis pekerjaan orang tua) di lingkungan rumah sekolah dan
masyarakat sekitar
|
·
Menyebutkan
unsur-unsur identitas suku bangsa
·
Membedakan
identitas suku bangsa (pakaian tradisional, bahas, rumah adat, makanan khas,
dan upacara adat) yang ada di lingkungan sekitar.
|
·
Menyanyikan lagu daerah masing-masing siswa
·
Menuliskan lagu daerah yang telah
dinyanyikan
·
Menghias lagu daerah yang telah ditulis
Penilaian
Performance
( menyanyi lagu daerah )
Produk
( hasil menghias lagu daerah)
|
6 jp
|
Buku Tematik Kelas IV
|
||
Bahasa Indonesia
·
Mendengarkan informasi berdasarkan penjelasan
mengenai denah
|
·
Mencatat
hal-hal penting berdasarkan penjelasan tentang pembuatan denah (konsep arah,
titik lokasi, perbandingan jarak)
·
Membuat
denah berdasarkan penjelasan dari guru atau teman.
·
Menjelaskan
denah yang dibuat
|
·
Menyanyikan
lagu tentang keindahan negeriku
·
Mengamati
contoh gambar denah (arah, jarak, lokasi) tentang indahnya negeri/daerah
pariwisata
·
Menyimak penjelasan dari teman atau tentang denah dan mencatat hal-hal penting
(arah, jarak, dan titik lokasi)
·
Membuat
denah berdasarkan penjelasan
·
Menjelaskan
denah yang dibuat.
Penilaian
:
Produk: membuat denah berdasarkan penjelasan yang
didengarkan dengan kriteria ketepatan perbandingan jarak, arah, dan titik
lokasi
Tes lisan: Menjelaskan denah yang dibuat dengan
menggunakan kriteria ketepatan perbandingan jarak, arah, dan titik lokasi.
|
4 jp
|
Buku Tematik Kelas IV
|
||
·
Menjelaskan kembali
isi informasi yang disampaikan
dalam bentuk denah (dengan membuat denah)
|
·
Mengidentifikasi
arah dalam denah.
·
Mencatat
hal-hal penting dalam denah dengan teliti (arah, nama jalan, bangunan)
·
Menjelaskan
letak dalam denah menuju suatu tempat.
|
·
Mengamati suatu tempat dalam denah tentang indahnya
negeriku atau daerah pariwisata
·
Mengidentifikasi
arah dalam denah.
·
Mencatat
arah, nama jalan, bangunan, jarak, titik lokasi suatu tempat dalam denah.
·
Menjelaskan
arah dalam denah menuju letak suatu tempat.
Penilaian
:
Tes lisan: Menjawab pertanyaan berdasarkan denah yang
disajikan, kriteria penilaian meliputi ketepatan menunjukkan letak dan arah
suatu tempat
|
6 jp
|
Buku Tematik Kelas IV
|
||
Matematika
Mengamati dan menemukan bangun
segibanyak beraturan maupun tak beraturan yang membentuk pola pengubinan(K4)
|
·
Menjelaskan sifat,
ciri dan unsur dari segibanyak
beraturan
·
Melakukan pengubinan menggunakan segibanyak beraturan
·
Menentukan pola
pengubinan menggunakan beberapa segibanyak beraturan
|
·
Menjelaskan
sifat-sifat dari bangun segibanyak beraturan
·
Mendeskripsikan
ciri –ciri dari segibanyak beraturan
·
Mendeskripsikan
unsur-unsur dari segibanyak beraturan
·
Melakukan
pengubinan menggunakan segi banyak beraturan
·
Melakukan
pengubinan menggunakan segibanyak tak beraturan
·
Melakukan
pengubinan menggunakan segibanyak beraturan dan segibanyak tak beraturan
·
Menemukan
segibanyak beraturan dan segibanyak tak beraturan yang membentuk pola
pengubinan
Penilaian
:
·
Unjuk
kerja : menemukan ubin segibanyak beraturan dan segibanyak tak beraturan yang
menjadi dasar pola pengubinan
·
Tes
tertulis : melakukan pengubinan menggunakan segibanyak beraturan dan
segibanyak tak beraturan
|
6 jp
|
Buku Tematik Kelas IV
|
||
PENJASORKES
Memahami gizi dan menu seimbang dalam
menjaga kesehatan tubuh
Mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak dasar untuk
membentuk gerakan dasar atletik
jalan dan lari yang dilandasi konsep gerak melalui permainan dan
atau tradisional
Mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar
lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif dalam permainan bola kecil yang
dilandasi konsep gerak dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional
bola kecil
|
Menyebutkan macam makanan yang mengandung (Karboidrat, Protein, Lemak,
Vitamin,
Mineral )
Memperagakan kombinasi gerak dasar lari
Menerapkan variasi dan kombinasi pola gerak
lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif dalam permainan kasti
|
Menghitung kebutuhan gizi harian
berdasarkan jenis makanan yang dikonsumsi
Berlari di atas papan titian
Melemparkan bola memantul di tanah secara
berpasangan atau berkelompok dengan menunjukkan prilaku kerjasama,
percaya diri,
disiplin, toleransi, menjaga keselamatan diri dan orang lain, dan menghargai
perbedaan
Penilaian:
Tertulis: menyebutkan kebutuhan gizi harian
berdasarkan jenis makanan yang dikonsumsi
Unjuk kerja: berlari di atas papan titian
dan melemparkan bola memantul
Pengamatan perilaku
|
4 JP
|
Papan titian
Buku pegangan siswa
Bola kasti
Pluit
kapur
|
||
Seni Budaya dan Prakarya
Mengembangkan makna
gerak ke dalam bentuk tari bertema dengan mengacu pada gaya tari daerah
berdasarkan ruang gerak dan pola lantai
(KI 4)
|
·
Menyebutkan makna gerak tari bertema yang mengacu pada gaya tari
daerah
·
Merangkai gerak tari bertema yang mengacu pada gaya tari daerah
berdasarkan ruang gerak.
·
Merangkai gerak tari bertema yang mengacu pada gaya tari daerah
berdasarkan pola lantai
· Mengharmoniskan gerak
tari bertema yang mengacu pada gaya tari daerah berdasarkan ruang dan pola
lantai
|
·
Mencari tahu tentang tari bertema
“Indahnya Negeriku” melalui berbagai sumber informasi
·
Mendiskusikan makna gerak ke dalam bentuk
tari bertema dengan mengacu pada gaya tari daerah berdasarkan ruang gerak dan
pola lantai
·
Memperagakan tari bertema bertema
“Indahnya Negeriku” dengan mengacu pada gaya tari daerah berdasarkan ruang gerak dan
pola lantai
Penilaian
Unjuk
kerja: Menarikan tari bertema ” Indahnya Negeriku”
|
6 jp
|
Buku Tematik Kelas IV
VCD
|
||
MINGGU
3
|
||||||
PPKn
Mengelompokkan
identitas suku bangsa (pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas,
dan upacara adat), sosial ekonomi (jenis pekerjaan orang tua) di lingkungan
rumah sekolah dan masyarakat sekitar
|
· Membuat tabel tentang nama-nama teman di sekolah berdasarkan asal suku
bangsanya
· Menunjukkan nama suku bangsa dengan menempatkan simbol identitas
budaya nya pada peta.
·
Bercerita tentang kebaikan teman yang
berbeda suku bangsa.
|
·
Membuat
daftar pertanyaan identitas diri (nama teman, nama suku bangsa, istilah
kekerabatan, nama pakaian tradisional, nama makanan khas, asal daerah, dan
tarian daerah, serta informasi lain yang dianggap perlu), dan menentukan
jumlah teman yang akan diwawancara, serta pelaksanaan wawancara.
·
Memberi
tanda dengan simbol identitas budaya suku bangsa pada peta
·
Menceritakan
dalam tulisan pengalaman yang mengesankan tentang kebaikan teman yang berbeda
suku bangsa
Penilaian
Produk:
laporan hasil wawancara yang dilakukan oleh kelompok, kesimpulan kelompok,
dan tulisan peserta didik mengenai kebaikan teman yang berbeda suku bangsa.
Unjuk
Kerja: keaktifan peserta didik dalam kelompok
dan
keseriusan dalam melakukan wawancara.
Tes
tertulis: Menulis keanekaragaman suku bangsa di Indonesia
|
6 JP
|
Buku Tematik Kelas IV
|
||
Bahasa Indonesia
· Membaca isi petunjuk pemakaian suatu alat
dan melakukannya
|
· Menjelaskan urutan
petunjuk penggunaan sesuatu (obat, pupuk, alat rumah tangga, mainan/game, alat elektronik, dan sebagainya)
berdasarkan teks yang dibaca
· Melakukan kegiatan
sesuai petunjuk penggunaan sesuatu (obat, pupuk, alat rumah tangga, mainan/game, alat elektronik, dan sebagainya)
|
· Membaca petunjuk pemakaian alat rumah tangga hasil kerajinan daerah atau suatu permainan daerah
· Melakukan kegiatan sesuai dengan petunjuk yang dibaca
· Memberikan komentar terhadap kegiatan yang dilakukan
teman/kelompok lain
Penilaian :
Unjuk kerja:
Melakukan sesuatu berdasarkan petunjuk pemakaian sesuai
dengan urutannya dengan kriteria kesesuaian melakukan sesuatu dengan petunjuk
|
4 jp
|
Buku tematik Kelas IV, buku petunjuk penggunaan
peralatan
|
||
· Menjelaskan secara lisan
petunjuk penggunaan suatu alat dengan bahasa yang mudah dipahami dan kalimat yang runtut
|
·
Mencatat pokok-pokok
petunjuk pemakaian suatu alat
·
Menjelaskan petunjuk
penggunaan suatu alat dengan bahasa yang mudah dipahami dan kalimat yang
runtut
|
· Mencatat pokok-pokok
isi petunjuk penggunaan suatu alat
·
Menjelaskan petunjuk
penggunaan suatu alat tersebut
dengan bahasa yang mudah dipahami dan kalimat yang runtut
Penilaian :
Unjuk kerja: Menjelaskan
penggunaan suatu alat di depan kelas dengan tepat. Kriteria penilaian
meliputi keruntutan kalimat dan bahasa yang komunikatif
|
6 jp
|
Buku tematik Kelas IV
|
||
Matematika
Mengamati dan menemukan bangun
segibanyak beraturan maupun tak beraturan yang membentuk pola pengubinan(K4)
|
·
Menentukan luas segibanyak
beraturan dengan menggunakan aturan
pola pengubinan
|
·
Menggambar
segibanyak menjadi bagian-bagian yang berupa bangun datar sederhana
·
Menentukan
luas segibanyak dengan menjumlahkan luas bangun datar sederhana penyusunnya
·
Menentukan
luas segibanyak beraturan dengan menjumlahkan pola aturan dari
pengubinan
Penilaian
·
Tes
tertulis : menentukan luas segibanyak beraturan dengan menjumlahkan pola
aturan dari pengubinan
|
6 jp
|
Buku Tematik Kelas IV
|
||
PENJASORKES
Mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar
lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif dalam permainan bola kecil yang
dilandasi konsep gerak dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional
bola kecil
Mempraktikkan kombinasi pola gerak dominan
untuk membentuk keterampilan/ teknik dasar senam (seperti: hand stand,
kayang, dsb) dan kombinasi pola
gerak dominan posisi statis dan dinamis,
tumpuan dan gantungan (misalnya: gerak hand stand berpasangan) secara
berpasangan
Mempraktikkan
pola gerak dasar berirama
bertema budaya daerah yang sudah dikenal yang dilandasi konsep gerak
mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik
|
Menerapkan variasi dan kombinasi pola gerak
lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif dalam permainan kasti
Memperagakan
kombinasi pola gerak dominan posisi statis dan dinamis
Memperagakan pola gerak dasar berirama pada teknik dasar senam berirama
melangkah, mengayun, meliuk
|
Mendiskusikan otot-otot yang berkerja lebih
keras dalam permainan kasti
Berjalan di atas batu bata sambil memindahkannya
Mengkombinasikan gerak melangkah dan ayunan
tangan ke berbagai arah berirama secara individu, berpasangan/berkelompok
dengan menunjukkan perilaku kerjasama, percaya diri, disiplin,
toleransi, menjaga keselamatan diri dan orang lain, dan menghargai perbedaan selama melakukan aktivitas
Penilaian:
Terulis: menyebutkan otot-otot yang
berkerja lebih keras dalam permainan kasti
Unjuk kerja: berjalan di atas batu bata
sambil memindahkannya dan mengkombinasikan gerak melangkah dan ayunan tangan
ke berbagai arah
Pengamatan perilaku
|
4 JP
|
Buku pegangan siswa
Batu bata
Kapur
Pluit
|
||
Seni Budaya dan Prakarya
Membuat produk aksesoris pelengkap busana dengan
berbagai bahan dan cara pembuatan (KI 4)
|
·
Memilih bahan untuk membuat aksesoris
·
Merancang aksesoris
·
Membuat aksesoris yang sesuai dengan
keserasian busana
|
·
Melihat
berbagai aksesoris melalui membaca buku, majalah atau media lain yang ada di sekolah
·
Merancang
aksesoris yang sesuai dengan tema Indahnya Negeriku
·
Memilih
bahan dan alat untuk membuat aksesoris yang sesuai dengan tema Indahnya
Negeriku
Penilaian
·
Unjuk kerja: proses pembuatan aksesoris
·
Produk: aksesoris
|
6 jp
|
Buku Tematik Kelas IV
|
||
Komentar
Posting Komentar
Jangan lupa kasih komentarnya yah ... ! masukan dan kritikan sangat kami harapkan ... !