Silabus Tema 4 : Selalu Berhemat Energi Kelas 4 Kurikulum 2013
28 November 2012
SILABUS
Kelas IV
Tema 4 : Selalu Berhemat Energi
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
TAHUN 2012
Kelas :
IV
Tema 2 :
Selalu Berhemat Energi
Alokasi Waktu :
3 Minggu
Mata
Pelajaran dan Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
MINGGU
1
|
||||||
PPKn
Menyajikan bentuk-bentuk kepatuhan terhadap
kebiasaan, tata tertib, tradisi, dan adat dalam kehidupan di sekolah,
keluarga, dan masyarakat sekitar (KI 4)
|
· Menunjukkan
contoh bentuk kepatuhan terhadap kebiasaan, tata tertib, tradisi,dan adat
dalam kehidupan di sekolah,keluarga, dan masyarakat sekitar dengan rasa
percaya diri
|
· Mencari
informasi dari berbagai sumber dan
media tentang contoh perilaku
yang mencerminkan bentuk kepatuhan
terhadap kebiasaan, tata tertib, tradisi dan adat dalam
kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah dengan rasa tanggungjawab
· Mendiskusikan bentuk-bentuk kepatuhan
terhadap kebiasaan, tata tertib, tradisi,dan adat dalam kehidupan di sekolah,keluarga
Penilaian
·
Tertulis:
tentang contoh bentuk-bentuk kepatuhan terhadap kebiasaan, tata tertib,
tradisi,dan adat dalam kehidupan di sekolah dan keluarga
·
Pengamatan
terhadap perilaku peserta didik di kelas
|
6 jp
|
Buku tematik kelas IV
|
||
Bahasa Indonesia
·
Menerima Bahasa Indonesia sebagai
anugrah Tuhan yang dapat digunakan untuk mempersatukan bangsa
|
· Menunjukkan perilaku senang menggunakan Bahasa
Indonesia dalam mengungkapkan pikiran dan perasaan kepada guru dan teman di
sekolah
· Menunjukkan perilaku senang menggunakan Bahasa
Indonesia dalam mengungkapkan pikiran dan perasaan kepada orang tua, dan
anggota keluarga di rumah
|
· Menggunakan Bahasa Indonesia dalam
mengungkapkan pikiran dan perasaannya kepada orang tua, guru, teman dan
anggota keluarga
· Bermain peran menyarankan kepada teman untuk
menggunakan Bahasa Indonesia dalam mengungkapkan pikiran dan perasaanya
kepada orang tua, guru, teman dan anggota keluarga
Penilaian
Unjuk kerja:
· Menggunakan Bahasa Indonesia dalam
mengungkapkan pikiran dan perasaannya kepada orang tua, guru, teman, dan
anggota keluarga
|
2 jp
|
Buku tematik kelas IV
|
||
·
Berperilaku
hemat energi dalam kehidupan sehari-hari (KI2)
|
·
Menunjukkan
perilaku hemat energi (mematikan lampu yang tidak terpakai, mematikan TV yang
tidak ditonton, mematikan kran air bila tidak dipakai)
|
·
Mencari/membaca
teks/ yang berisi informasi tentang sumber-sumber energi utama di Indonesia
(minyak bumi, gas, batubara)
·
Mendiskusikan
bahwa sumber-sumber energi tsb tidak terbarukan,maka perlu dihemat
·
Mendata
cara-cara melakukan hemat energi/listrik di rumahnya (mematikan lampu yang
tidak terpakai, mematikan TV yang tidak ditonton)
·
Melakukan
perilaku hemat energi di rumah dan di sekolah dengan cara menandai pada
daftar perilaku hemat energi seperti yang sudah didiskusikan
Penilaian
Pengamatan: perilaku hemat energi
|
5 jp
|
Buku tematik kelas IV
|
||
·
Membaca teks tentang berbagai topik, membuat
pertanyaan, dan menuliskan gagasan pokok
|
·
Menyusun
pertanyaan-pertanyaan dengan benar mengenai isi teks bacaan
·
Menentukan
dengan tepat gagasan pokok paragraf yang ada dalam teks bacaan
|
·
Membaca
di dalam hati teks bacaan tentang “Hemat Energi”
·
Membuat
pertanyaan-pertanyaan tentang isi teks bacaan
·
Menukarkan
pertanyaan-pertanyaan dengan teman untuk saling menjawab
·
Menentukan
dan menulis gagasan pokok paragraf-paragraf yang ada di dalam teks bacaan
·
Mengomentari
gagasan pokok yang ditulis teman
Penilaian
Tes tertulis
·
Ketepatan
pertanyaan dengan isi teks bacaan
·
Ketepatan
dalam menentukan gagasan pokok paragraf
|
3 jp
|
Buku tematik kelas IV
|
||
Matematika
Melakukan pengubinan menggunakan
segibanyak beraturan tertentu (K4)
|
·
Menghitung
luas daerah dari bangun datar yang
akan dipasang ubin
|
·
Melakukan
pengukuran lantai ruang kelasnya secara kelompok
·
Mendiskusikan
hasil pengukuran dalam kelompok
·
Membuat
laporan tentang hasil kerja kelompok terkait dengan luas daerah yang diukur,
dilanjutkan presentasi kelompok
Penilaian
·
Unjuk
kerja: ketika siswa melakukan praktik pengukuran
·
Tertulis:
penguasaan konsep luas
|
6 jp
|
·
Buku
tematik kelas IV
·
Alat
ukur panjang
|
||
PENJASORKES
Menghargai tubuh sebagai anugrah Tuhan yang
tidak ternilai
Memiliki perilaku hidup sehat
Memahami cara pengukuran tinggi dan berat
badan ideal
Mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak dasar untuk
membentuk gerakan dasar atletik
jalan dan lari yang dilandasi konsep gerak melalui permainan
dan atau tradisional
|
Menjaga kebersihan tubuh
Menerapkan perilaku hidup sehat di sekolah
Mengukur tinggi badan mengunakan ukuran cm
Memperagakan kombinasi gerak dasar jalan
|
Mengidentifikasi kebersihan badan dengan
daftar cek lis
Menggunakan jamban dengan bersih dan sehat
Mengukur tinggi badan menggunakan ukuran cm
menggunakan alat “meteran” dan mencatat hasilnya dilakukan secara berpasangan
dengan menunjukkan perilaku kerjasama
Berjalan membawa benda yang diletakkan di
kepala menunjukkan disiplin
Penilaian
:
Unjuk kerja : berjalan membawa benda di kepala dan hasil karya
anak
Hasil karya peserta didik
Pengamatan
perilaku
|
4JP
|
Meteran
Kaus kaki yang diisi dengan biji-bijian
Buku pengangan siswa
|
||
Seni Budaya dan Prakarya
Berani mengekspresikan
diri dalam berkarya, bernyanyi, dan menari
(KI 2)
|
·
Menunjukkan rasa percaya diri untuk
berkarya
·
Menunjukkan keberanian mencoba untuk
berkarya sesuai tema “Hemat Energi”
·
Menunjukan kebebasan dalam berkarya
|
·
Membuat karya melalui gambar, nyanyian,
tarian, atau karya kreatif yang bertema “Hemat Energi”
·
Menampilkan tarian, nyanyi atau karya
sendiri dengan percaya diri di depan kelas
Penilaian
·
Pengamatan: keberanian mengekspresikan dan menampilkan
karya
|
6 jp
|
·
Buku
Tematik kelas IV
·
Karya
·
Buku
Pengambangan diri anak
|
||
MINGGU 2
|
||||||
PPKn
Menyajikan bentuk-bentuk kepatuhan terhadap
kebiasaan, tata tertib, tradisi, dan adat dalam kehidupan di sekolah,
keluarga, dan masyarakat sekitar (KI 4)
|
· Menunjukkan
contoh bentuk kepatuhan terhadap kebiasaan, tata tertib, tradisi,dan adat
dalam kehidupan di sekolah,keluarga, dan masyarakat sekitar dengan rasa
percaya diri
|
· Mencari
informasi dari berbagai sumber dan
media tentang contoh perilaku
yang mencerminkan bentuk kepatuhan
terhadap kebiasaan, tata tertib, tradisi dan adat dalam
kehidupan sehari-hari di masyarakat dengan
rasa tanggungjawab
· Mendiskusikan bentuk-bentuk kepatuhan
terhadap kebiasaan, tata tertib, tradisi,dan adat dalam kehidupan di masyarakat
Penilaian
·
Tertulis:
tentang contoh bentuk-bentuk kepatuhan terhadap kebiasaan, tata tertib,
tradisi,dan adat dalam kehidupan di masyarakat
·
Pengamatan
terhadap perilaku peserta didik di kelas
|
6 jp
|
Buku tematik kelas IV
|
||
Bahasa Indonesia
Menyelidiki
hubungan antara gaya, gerak, dan energi serta penerapannya
dalam kehidupan sehari-hari dan menyimpulkan hasil penyelidikan secara
tertulis
|
·
Menjelaskan pengetian gaya gravitasi
·
Mengemukakan contoh peristiwa yang ditimbulkan oleh gaya
gravitasi
·
Menjelaskan pengertian gaya gesekan
·
Mengemukakan contoh peristiwa yang ditimbulkan oleh gaya
gesekan.
·
Menjelaskan pengertian gaya listrik
· Mengemukakan contoh
peristiwa yang ditimbulkan oleh gaya listrik
· Menjelaskan pengertian
gaya magnet
· Mengemukakan contoh
peristiwa yang ditimbulkan oleh gaya magnet.
· Menjelaskan pengertian
gaya pegas
· Mengemukakan contoh
peristiwa yang ditimbulkan oleh gaya pegas
· Mengemukakan contoh
peristiwa yang menggunakan gaya untuk mengubah bentuk benda.
· Mendeskripsikan pengaruh
gaya pada gerak suatu benda.
· Mengemukakan contoh
peristiwa yang menggunakan gaya untuk mengubah gerak suatu benda.
· Mengemukakan contoh
pemanfaatan gaya gravitasi dalam kehidupan sehari-hari
· Mengemukakan contoh
pemanfaatan gaya gesekan dalam kehidupan sehari-hari
· Mengemukakan contoh
kerugian yang dapat ditimbulkan oleh gaya gesekan
· Mengemukakan contoh
pemanfaatan gaya magnet dalam kehidupan sehari-hari
· Mengemukakan contoh
pemanfaatan gaya pegas dalam kehidupan sehari-hari.
· Mengemukakan contoh
pemanfaatan gaya listrik dalam kehidupan sehari-hari
|
GAYA
· Melakukan percobaan untuk mengamati gerak benda lepas yang
selalu kembali jatuh ke bawah.
· Melakukan percobaan untuk mengamati perbedaan gerak benda di
permukaan licin dan kasar.
· Melakukan percobaan untuk mengamati cara menarik potongan kertas
kecil dengan menggunakan sisir setelah digosok ke rambut, menggunakan balon setelah digosok ke baju, menggunakan
batang plastik setelah digosok kain wool, atau menggunakan batang kaca
setelah digosok kain sutra.
· Melakukan percobaan untuk mengamati cara memilih benda yang
terbuat dari besi dengan menggunakan magnet.
· Melakukan percobaan untuk mengamati cara kerja loncatan bolpoint,
cara kerja ketapel, dan cara kerja busur pemanah mainan.
PENGARUH GAYA TERHADAP
GERAK BENDA
· Melakukan percobaan untuk mengamati cara mengubah bentuk benda
yang terbuat dari tanah liat atau plastisin agar sesuai dengan yang
diinginkan.
· Melakukan percobaan untuk mengamati cara mengubah kelajuan dan
arah gerak sepeda agar sesuai dengan yang diinginkan.
· Mengamati cara mengalirkan air dengan menggunakan model menara
air yang ada di suatu rumah
· Mengamati cara pemulung untuk mencari paku yang bertebaran di
jalanan raya.
Mengamati cara kerja pistol mainan yang dapat menembakkan
peluru, atau cara menggerakkan mobil mainan yang menggunakan pegas atau per.
Penilaian
Produk disain
Tertulis: pemahaman tentang
konsep gaya, gerak dan energi
|
6 jp
|
·
Buku
tematik kelas IV
·
Buku
Percobaan
|
||
Bahasa Indonesia
Menulis surat untuk teman sebaya tentang pengalaman
atau cita-cita dengan menggunakan ejaan yang benar
|
·
Menyebutkan
bagian-bagian surat pribadi.
·
Menulis
surat pribadi tentang pengalaman/cita-cita dengan gaya penceritaan yang
menarik dan penggunaan EYD yang tepat
|
·
Membaca contoh surat pribadi
· Mengidentifikasi dan mencatat
bagian-bagian dalam surat pribadi.
· Menulis surat pribadi tentang ajakan untuk selalu berhemat energi berdasarkan
bagian-bagian yang telah dicatat dengan memperhatikan ejaan yang tepat
· Membacakan surat dan bertanya jawab
mengenai isi surat
Penilaian
Produk:
surat pribadi dengan kriteria penilaian meliputi penggunaan
ejaan yang tepat dan kesesuaian bagian-bagian dalam surat pribadi
|
4 jp
|
Buku Tematik Kelas IV
|
||
Matematika
Melakukan pengubinan menggunakan
segibanyak beraturan tertentu (K4)
|
·
Menentukan
banyaknya ubin untuk menutup luas daerah yang telah ditentukan
|
·
Mengukur
luas sebuah ruangan/halaman/lapangan untuk menentukan banyaknya ubin yang
diperlukan untuk menutup luas daerah yang telah diukur luasnya
·
Mendiskusikan
hasil perhitungan dalam kelompok
·
Membuat
laporan hasil kerja kelompok terkait perhitungan yang dilakukan dan
dilanjutkan dengan presentasi kelompok
Penilaian
·
Unjuk
kerja: ketika siswa melakukan praktik pengukuran dan perhitungan
·
Tertulis:
penguasaan konsep luas dan pembagian
|
6 jp
|
·
Buku
tematik kelas IV
·
Alat
ukur panjang
|
||
Seni Budaya dan Prakarya
Menunjukkan makna gerak
ke dalam bentuk tari bertema dengan mengacu pada gaya tari daerah (KI 4)
|
·
Mengidentifikasi gerak tari bertema
“Hemat Energi”
·
Melakukan gerak tari bertema “Hemat Energi” dengan mengacu pada gaya tari daerah
·
Menyajikan gerak tari bertema
“Hemat Energi”
|
·
Mendiskusikan gerak tari bertema Hemat
Energi yang mengacu pada gaya tari daerah
·
Memperagakan makna gerak tari
ke dalam
bentuk tari bertema Hemat energy dengan mengacu pada gaya
tari daerah
Penilaian
Unjuk kerja:
melakukan makna gerak tarian bertema Hemat Energi dengan mengacu pada gaya tari daerah
|
6 jp
|
·
VCD
·
Buku
tematik kelas IV
|
||
PENJASORKES
Memahami pengaruh
aktivitas fisik dan istirahat terhadap
pertumbuhan dan perkembangan tubuh
Mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak dasar untuk
membentuk gerakan dasar atletik
jalan dan lari yang dilandasi konsep gerak melalui permainan dan
atau tradisional
Mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar
lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif dalam permainan bola kecil yang
dilandasi konsep gerak dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional
bola kecil
|
Menyebutkan pengaruh istirahat terhadap
pertumbuhan dan perkembangan secara sederhana
Memperagakan kombinasi gerak dasar lari
Menerapkan variasi dan kombinasi
pola gerak lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif dalam permainan kasti
|
Mendiskusikan pengaruh istirahat terhadap
pertumbuhan dan perkembangan tubuh secara berkelompok
Berlari ke depan dengan mengangkat paha
rata-rata air
Lomba lari cepat memindahkan benda dengan
menunjukkan sportifitas
Menangkap bola memantul dengan satu /dua
tangan secara berpasangan atau berkelompok dengan menunjukkan prilaku kerjasama, percaya diri, disiplin,
toleransi, menjaga keselamatan diri dan orang lain, dan menghargai perbedaan
Penilaian
:
Tertulis: menyebutkan pengaruh istirahat terhadap
pertumbuhan dan perkembangan tubuh
Unjuk
kerja : lari mengangkat paha, lari cepat, dan menangkap
bola
Pengamatan
perilaku
|
·
|
|||
MINGGU 3
|
||||||
PPKn
Menyajikan bentuk-bentuk kepatuhan terhadap
kebiasaan, tata tertib, tradisi, dan adat dalam kehidupan di sekolah,
keluarga, dan masyarakat sekitar (KI 4)
|
·
Melaksanakan bentuk kepatuhan terhadap
kebiasaan, tata tertib, tradisi,dan adat dalam kehidupan di sekolah,
keluarga, dan masyarakat sekitar dengan rasa tanggungjawab
|
·
Melakukan
permainan peran tentang pelaksanaan bentuk kepatuhan terhadap
kebiasaan, tata tertib, tradisi,dan adat dalam kehidupan di sekolah,keluarga,
dan masyarakat sekitar dengan rasa percaya diri
· Mendiskusikan
tindak lanjut dari permainan
peran tentang bentuk kepatuhan terhadap
kebiasaan, tata tertib, tradisi,dan adat dalam kehidupan di sekolah,keluarga,
dan masyarakat di sekitar
Penilaian
·
Tertulis:
bentuk-bentuk kepatuhan terhadap kebiasaan, tata tertib, tradisi,dan adat
dalam dalam permainan
·
Pengamatan
terhadap perilaku dalam memainkan peran
|
6 jp
|
Buku tematik kelas IV
|
||
Bahasa Indonesia
Menyelidiki
hubungan antara gaya, gerak, dan energi serta penerapannya
dalam kehidupan sehari-hari dan menyimpulkan hasil penyelidikan secara
tertulis
|
· Menyebutkan macam-macam
pesawat sederhana.
· Menjelaskan pengertian
pesawat sederhana.
· Membedakan tuas jenis 1,
2, dan 3
· Mengemukakan contoh
penggunaan tuas jenis 1dalam kehidupan sehari-hari
· Mengemukakan contoh
penggunaan tuas jenis 2dalam kehidupan sehari-hari
· Mengemukakan contoh
penggunaan katrol tetap dalam kehidupan sehari-hari
· Mengemukakan contoh
penggunaan katrol bergerak dalam kehidupan sehari-hari
· Mengemukakan contoh
penggunaan prinsip bidang miring dalam kehidupan sehari-hari
|
PESAWAT SEDERHANA
· Melakukan percobaan untuk mengamati cara menggunakan tuas jenis
1, 2, dan 3 sehingga dapat memudahkan kerja.
· Berdiskusi untuk dapat memilih
berbagai alat yang cara kerjanya seperti tuas jenis 1, 2, dan 3.
· Melakukan percobaan untuk mengamati cara menggunakan katrol
tetap dan katrol bergerak sehingga dapat memudahkan kerja.
Melakukan percobaan untuk mengamati cara penggunaan bidang
miring sehingga dapat memudahkan kerja.
Kegitan proyek: Merancang
mesin impian dan menentukan sumber energinya
Penilaian
Produk pesawat sederhana
Tertulis: pemahaman konsep tentang pesawat sederhana
|
6 jp
|
·
Buku
tematik kelas IV
·
Buku
Percobaan
|
||
Bahasa Indonesia
Mendengarkan pengumuman yang dibacakan, dialog yang mengandung tawaran, larangan,
teguran, pemberitahuan dan menuliskan kembali intinya dalam satu atau dua kalimat
|
·
Menyebutkan isi
kalimat pengumuman
|
·
Menyimak pembacaan
teks yang berisi pengumuman dan mencatat isinya
·
Mencatat pokok-pokok
isi pengumuman
·
Mengungkapkan kembali
isi pengumuman
·
Mengomentari ungkapan
pengumuman teman
Penilaian :
Unjuk kerja:
Menyampaikan kalimat pengumuman dengan kalimat yang jelas dan sesuai
dengan isi pengumuman
|
4 jp
|
Buku Tematik Kelas IV
Contoh pengumuman
|
||
Matematika
Melakukan pengubinan menggunakan
segibanyak beraturan tertentu (K4)
|
·
Menentukan
banyak ubin segibanyak beraturan pada
luas daerah tertentu
|
·
Menggambar
pengubinan yang sudah diketahui luas daerah dan banyaknya ubin
·
Menggambar
pengubinan menggunakan segibanyak beraturan (segi empat, segi lima, dan segi
enam)
·
Menentukan
banyaknya ubin segibanyak yang diperlukan untuk menutup luas daerah tertentu
Penilaian
·
Unjuk
kerja: ketika siswa melakukan praktik pengubinan
·
Tertulis:
menaksir jumlah ubin segi banyak yang digunakan untuk menutup luas daerah
tertentu
|
6 jp
|
·
Buku
tematik kelas IV
·
Alat
ukur panjang
|
||
Seni Budaya dan Prakarya
Membuat karya kreatif
cara meronce dengan bahan alam dan
buatan di lingkungan (KI 4)
|
·
Memilih
benda-benda bekas pakai/limbah/daur ulang untuk dijadikan bahan
roncean
·
Membuat rancangan roncean dari
benda-benda bekas pakai/limbah/daur ulang menjadi karya ronce
·
Memilih warna yang serasi dalam membuat
karya ronce
·
Membuat hasil karya sebuah roncean dari
rancangan yang dibuatnya
|
·
Memilih benda-benda bekas
pakai/limbah/daur ulang untuk dijadikan bahan roncean
·
Merangkai benda-benda bekas
pakai/limbah/daur ulang menjadi karya ronce
Penilaian
·
Proses: cara membuat karya ronce
·
Hasil karya: desain dan karya ronce
|
6 jp
|
Buku tematik kelas IV
|
||
PENJASORKES
Memahami jenis cidera selama melakukan
aktivitas fisik dan mampu melakukan pertolongan pertama
Mempraktikkan berbagai aktivitas kebugaran
jasmani untuk mencapai tinggi dan berat badan ideal
Mempraktikkan kombinasi pola gerak dominan
untuk membentuk keterampilan/ teknik dasar senam (seperti: hand stand,
kayang, dsb) dan kombinasi pola
gerak dominan posisi statis dan dinamis,
tumpuan dan gantungan (misalnya: gerak hand stand berpasangan) secara
berpasangan
Mempraktikkan pola gerak dasar berirama bertema budaya daerah yang sudah dikenal
yang dilandasi konsep gerak mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik
|
Menyebutkan penyebab cidera
Memperagakan aktivitas kebugaran jasmani sesuai dengan
kebutuhan tubuh
Memperagakan teknik dasar senam
Memperagakan pola gerak dasar berirama pada teknik dasar senam berirama melangkah, mengayun, meliuk
|
Mendiskusikan penyebab cidera, misalnya
karena gerakan salah, alat yang tidak sesuai dengan perkembangan atau yang
lainnya
Membaca hasil pengukuran berat badan
sendiri
Memperagkan gerak kopstand secara mandiri
Mempraktikkan gerak langkah sentuh ke berbagai arah beriarama secara individu,
berpasangan/berkelompok dengan menunjukkan perilaku kerjasama, percaya diri, disiplin,
toleransi, menjaga keselamatan diri dan orang lain, dan menghargai perbedaan selama melakukan aktivitas
Penilaian:
Tertulis: menyebutkan
penyebab cidera, hasil pengukuran berat badan
Pengamatan perilaku
|
4 JP
|
Buku
Pluit
|
||
Komentar
Posting Komentar
Jangan lupa kasih komentarnya yah ... ! masukan dan kritikan sangat kami harapkan ... !