|
|
MINGGU 1
|
|
|
PPKn
Mengelompokkan identitas suku bangsa (pakaian
tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, dan upacara adat), sosial
ekonomi (jenis pekerjaan orang tua) di lingkungan rumah sekolah dan
masyarakat sekitar
|
·
Menyebutkan
jenis-jenis pekerjaan orang tua di lingkungan sekitar
·
Membedakan
pekerjaan yang menghasilkan barang dan jasa
|
·
Mengumpulkan
data tentang pekerjaan orang tua melalui wawancara dengan teman sekelasnya.
·
Membuat
daftar pekerjaan orang tua dari hasil wawancara.
·
Berdiskusi
untuk mengelompkkan jenis-jenis pekerjaan orang tua
·
Memaparkan
hasil diskusi
Menyimpulkan hasil diskusi jenis
pekerjaan yang banyak dilakukan oleh orang tua di lingkungan sekitar.
Penilaian:
performance
|
6 jp
|
Buku Tematik Kelas IV
|
Bahasa Indonesia
|
·
Menyusun
pertanyaan-pertanyaan dengan benar mengenai isi teks bacaan
·
Menentukan
dengan tepat gagasan pokok paragraf yang ada dalam teks bacaan
|
·
Membaca
di dalam hati teks bacaan tentang “Berbagai Pekerjaan”
·
Membuat
pertanyaan-pertanyaan tentang isi teks bacaan
·
Menukarkan
pertanyaan-pertanyaan dengan teman untuk saling menjawab
·
Menentukan
dan menulis gagasan pokok paragraf-paragraf yang ada di dalam teks bacaan
·
Menyusun
ringkasan berdasarkan gagasan pokok yang telah ditentukan
Penilaian
Tes tertulis
·
Ketepatan
pertanyaan dengan isi teks bacaan
·
Ketepatan
dalam menentukan gagasan pokok paragraf
|
3 jp
|
Buku Tematik Kelas IV
|
Bahasa Indonesia
Menyelidiki dan menuliskan hasil penyelidikan
secara tertulis sifat benda dan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari
|
·
Mendiskripsikan kegunaan benda berdasarkan sifatnya: (i) tidak tembus air, (ii) menyerap air, (iii) tahan api, (iv)
lembut dan lentur, (v) kuat dan keras, (vi) keras dan lentur
·
Membuat contoh suatu karya hasil penerapan konsep sifat benda
|
·
Melakukan percobaan
untuk mengidentifikasi benda yang memiliki sifat konduktor atau isolator dan
kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari.
·
Mengidentifikasi kegunaan benda yang tidak tembus air, benda yang tembus pandang, menyerap air, tahan api, benda yang lembut dan lentur, benda yang kuat dan keras, dan membuat karya menggunakan
bahan-bahan yang sesuai dengan sifat bahannya
Penilaian
·
Tes
tertulis: pemahaman konsep tentang sifat bahan benda
|
4 jp
|
Buku Tematik Kelas IV
Buku percobaan
Benda-benda berwujud padat, cair, dan gas
|
·
Bermain peran sebagai figur tertentu
(dokter, guru, pedagang sayur, polisi, dsb.) yang sedang berbicara.
|
·
Memerankan
figur sesuai dengan kebiasaan, cara bicara, dan tingkah laku figur yang
diperankan
|
·
Menentukan
figur tertentu (berbagai pekerjaan) yang akan diperankan
·
Mengidentifikasi
kebiasaan, cara bicara, dan tingkah laku figur yang telah ditentukan
·
Memerankan
figur sesuai dengan kebiasaan, cara bicara, dan tingkah lakunya
·
Mengomentari
pemeranan yang dilakukan teman
Penilaian
Unjuk kerja:
Kesesuaian pemeranan dengan kebiasaan, cara bicara,
dan tingkah laku figur yang diperankan
|
3 jp
|
Buku Tematik Kelas IV
|
Matematika
Memahami faktor dan kelipatan bilangan serta
bilangan prima (k3)
|
· Menjelaskan ciri bilangan prima
· Menentukan barisan bilangan yang
merupakan kelipatan sebuah bilangan tertentu
· Menentukan berbagai bilangan yang
merupakan faktor dari sebuah bilangan
· Menulis model/kalimat matematika dari masalah yang berkaitan dengan
konsep kelipatan atau faktor bilangan
·
Menentukan
penyelesaian dari masalah yang berkaitan dengan konsep kelipatan atau faktor
bilangan
|
·
Menjelaskan ciri
bilangan prima
·
Menemukan bilangan
prima 1 – 100 dengan cara mencoret dan menggunakan tabel
·
Mendiskusikan pola
bilangan yang dibentuk dari kelipatan bilangan
· Menentukan berbagai bilangan yang merupakan factor
dari sebuah bilangan
· Menuliskan model/ kalimat matematika
dari masalah yang berkaitan dengan konsep kelipatan atau faktor bilangan
·
Menentukan
penyelesaian dari masalah yang berkaitan dengan konsep kelipatan atau faktor
bilangan
Penilaian
Tes Tertulis: pemahaman konsep faktor, kelipatan bilangan, dan bilangan prima
|
6 jp
|
Buku Tematik Kelas IV
|
PENJASORKES
Memiliki perilaku hidup sehat
Mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak dasar untuk
membentuk gerakan dasar atletik
jalan dan lari yang dilandasi konsep gerak melalui permainan dan
atau tradisional
Mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak dasar untuk
membentuk gerakan dasar atletik
jalan dan lari yang dilandasi konsep gerak melalui permainan dan
atau tradisional
|
Menerapkan perilaku hidup sehat di sekolah
Memperagakan kombinasi gerak dasar jalan
Memperagakan kombinasi gerak dasar lari
|
Membeli jajanan di kantin sehat
Berjalan ke depan dan tumit menyentuh
pantat
Berlari
langkah langkah kuda/hop
Penilaian:
Unjuk Kerja: berjalan ke depan dan tumit menyentuh
pantat, dan Berlari
langkah langkah kuda/hop
Pengamatan perilaku
|
4 JP
|
Buku pegangan siswa
Pluit
Simpai
Kapur
|
Seni Budaya dan Prakarya
Memperagakan makna gerak
ke dalam bentuk tari bertema dengan mengacu pada gaya tari daerah berdasarkan
ruang gerak (KI 4)
|
·
Melakukan gerak tari bertema Berbagai
pekerjaan dengan
mengacu pada gaya tari daerah
·
Menyajikan gerak tari yang mengacu gaya tari daerah dengan
memperhatikan ruang gerak
|
·
Mendiskusikan gerak tari bertema
Berbagai Pekerjaan yang mengacu pada gaya tari daerah berdasarkan ruang gerak
·
Memperagakan makna gerak tari
ke dalam
bentuk tari bertema Berbagai Pekerjaan dengan mengacu pada gaya
tari daerah berdasarkan ruang gerak
Penilaian
Unjuk kerja: melakukan makna gerak tarian bertema Hemat Energi dengan mengacu pada gaya tari daerah berdasarkan ruang gerak
|
6 jp
|
Buku Tematik Kelas IV
|
|
|
MINGGU 2
|
|
|
PPKn
Mengelompokkan identitas suku bangsa (pakaian
tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, dan upacara adat), sosial
ekonomi (jenis pekerjaan orang tua) di lingkungan rumah sekolah dan
masyarakat sekitar
|
·
Menyebutkan
jenis-jenis pekerjaan orang tua di lingkungan sekitar
·
Membedakan
pekerjaan yang menghasilkan barang dan jasa
|
· Mengelompokkan pekerjaan ayah, ibu ,dan anggota keluarga
lainnya yang menghasilkan barang dan jasa.
· Menuliskan ciri jenis-jenis pekerjaan yang menghasilkan barang dan jasa.
· Menggambar
jenis-jenis pekerjaan orang tua dan
anggota keluarga lainnya.
· Mempresentasikan
hasil kegiatan menggambar jenis-jenis pekerjaan dengan menceritakan kegiatan
yang dilakukan.
Penilain:
produk
|
6 jp
|
Buku Tematik Kelas IV
|
Bahasa Indonesia
Menyelidiki dan menuliskan hasil penyelidikan
secara tertulis sifat benda dan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari
|
·
Membuat
kesimpulan tentang sifat-sifat benda padat dan menulskan contoh benda padat.
·
Menuliskan
sifat-sifat benda cair dan memberikan contoh benda cair
·
Membuat
kesimpulan tentang sifat-sifat benda gas dan menuliskan ciontoh benda gas
|
·
Melakukan percobaan untuk memahami sifat benda padat dan memberikan contoh benda padat, serta
mengambil kesimpulan dari kegiatan bahwa bentuk benda padat
tetap, tidak mengikuti bentuk wadahnya, serta dapat diubah dengan perlakuan
tertentu .
·
Melakukan pengamatan untuk memahami sifat benda cair dan memberikan contoh benda cair, serta
mengambil kesimpulan dari kegiatan bahwa: (i) bentuk benda cair
tidak tetap, selalu mngikuti bentuk wadahnya, (ii) bentuk permukaan benda
cair yang tenang selalu datar, (iii) benda cair mengalir ke tempat rendah,
(iv) benda cair menekan ke segala arah, (v) benda cair dapat meresap melalui
celah-celah yang kecil.
·
Melakukan percobaan untuk memahami sifat benda gas dan memberikan contoh benda gas, serta mengambil
kesimpulan dari kegiatan bahwa: (i) gas dapat mengisi
seluruh ruang, (ii) bentuk benda gas tidak tetap dan menekan ke segalah arah
Penilaian
·
Tes
tertulis: pemahaman konsep tentang wujud benda
|
10 jp
|
Buku Tematik Kelas IV
Buku percobaan
Benda-benda berwujud padat, cair, dan gas
|
Matematika
Menentukan kelipatan persekutuan dua buah bilangan
dan menentukan kelipatan persekutuan terkecil (KPK)(K3)
|
· Menentukan kelipatan persekutuan
terkecil (KPK) dari dua bilangan dengan menggunakan prinsip kelipatan pesekutuan
· Menentukan faktor prima sebuah
bilangan
·
Menentukan
KPK dari dua bilangan dengan
faktorisasi prima atau tabel pemfaktoran
|
·
Mendiskusikan cara
menentukan kelipatan persekutuan terkecil ( KPK) menggunakan prinsip
kelipatan pesekutuan
· Mendiskusikan cara menentukan faktor prima sebuah bilangan
· Menemukan cara menentukan kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dari dua bilangan dengan
menggunakan prinsip kelipatan bilangan melalui
diskusi kelompok
·
Menemukan
cara menentukan kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dari
dua bilangan dengan menggunakan prinsip
faktorisasi prima atau menggunakan tabel pemfaktoran melalui diskusi kelompok
·
Menentukan
kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dari dua bilangan dengan cara yang dianggap paling mudah
oleh peserta didik
Penilaian
·
Tes Tertulis:
menentukan KPK dari dua buah bilangan
dengan cara yang dianggap paling mudah oleh peserta didik
|
6 jp
|
Buku Tematik Kelas IV
|
Seni
Budaya dan Prakarya
Menunjukkan disiplin dan taat aturan dalam berkarya (KI 2)
|
·
Menyelesaikan tugas tepat waktu
·
Menyelesaikan tugas dengan tidak
menyontek karya teman
·
Memperhatikan keselamatan dalam berkarya/kerja
·
Merapikan alat dan bahan setelah berkarya dan membuang
sampah pada tempatnya
|
·
Menggambar, bernyanyi, menari dan berkarya sesuai dengan
minat peserta didik
Penilaian
·
Pengamatan: pada saat peserta didik memulai,
melaksanakan, dan menyelesiakan karya/kegiatan
|
3 jp
|
Buku Tematik Kelas IV
|
Seni Budaya dan Prakarya
Membuat alat peraga pembelajaran dengan memanfaatkan bahan di
lingkungan (KI 4)
|
·
Memilih bahan alam yang ada dilingkungan
untuk membuat alat peraga (misalnya: parasut, layang-layang,
telepon-teleponan, celengan, baling-baling, kubus, dll.)
|
·
Mendiskusikan bahan-bahan yang akan
dipakai untuk membuat alat peraga
·
Membuat desain alat peraga
Penilaian
·
Proses: cara membuat alat peraga
·
Produk: alat peraga yang dihasilkan
|
3 jp
|
Buku Tematik Kelas IV
|
PENJASORKES
Mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak dasar untuk
membentuk gerakan dasar atletik
jalan dan lari yang dilandasi konsep gerak melalui permainan dan
atau tradisional
Mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar
lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif dalam permainan bola kecil yang
dilandasi konsep gerak dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional
bola kecil
|
Menyebutkan posisi
tubuh yang benar saat berjalan dan berlari
Menerapkan variasi dan kombinasi
pola gerak lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif dalam permainan kasti
|
Mendiskusikan posisis tubuh yang benar saat
berjalan
Melemparkan bola mendatar secara
berpasangan atau berkelompok dengan menunjukkan prilaku kerjasama, percaya diri, disiplin, toleransi, menjaga
keselamatan diri dan orang lain, dan menghargai perbedaan
Penilaian:
Tertulis: menyebutkan
posisi tubuh yang benar saat berjalan
Unjuk kerja: melemparkan
bola mendatar
|
4 JP
|
Bola kasti
Pluit
Buku pegangan siswa
|
|
|
MINGGU 3
|
|
|
PPKn
Mengelompokkan identitas suku bangsa (pakaian
tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, dan upacara adat), sosial
ekonomi (jenis pekerjaan orang tua) di lingkungan rumah sekolah dan
masyarakat sekitar
|
·
Menyebutkan
jenis-jenis pekerjaan orang tua di lingkungan sekitar
·
Membedakan
pekerjaan yang menghasilkan barang dan jasa
|
· Belajar di luar kelas dengan mendatangi
tempat-tempat jenis pekerjaan misalnya petani, nelayan, pilot dll
· Menulis
hasil laporan kegiatan
· Mendatangkan nara sumber ke kelas penjelasan tentang pekerjaan yang
dilakukan.
Penilaian
·
Tes
Tertulis : mengukur penguasaan mengelompokkan
jenis-jenis pekerjaan orang tua di lingkungan
· Performance
( presentasi)
· Produk
( hasil gambar, hasil laporan
kunjungan )
|
6 jp
|
Buku Tematik Kelas IV
|
Bahasa Indonesia
Menyelidiki dan menuliskan hasil penyelidikan
secara tertulis sifat benda dan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari
|
·
Mempresentasikan ketepatan bahan yang
dipakai pada suatu produk
|
·
Mengamati
sifat bahan dalam suatu produk
·
Menganalisa
ketepatan bahan yang dipakai dalam suatu produk
·
Mempresentasikan
ketepatan bahan yang dipakai dalam suatu produk
Penilaian
·
Unjuk kerja: Presentasi hasil kelompok
|
10 jp
|
Buku Tematik Kelas IV
Buku percobaan
Benda-benda berwujud padat, cair, dan gas
|
Matematika
Membuat suatu jadwal kegiatan yang
berulang dan efektif menggunakan prinsip KPK dalam kalender (k2)
|
· Menyajikan masalah yang berkaitan dengan KPK ke dalam bentuk diagram,
gambar, simbol, tabel atau bentuk lainnya
· Menulis model/kalimat matematika dari masalah yang berkaitan dengan KPK
·
Menentukan
penyelesaian dari masalah yang berkaitan dengan KPK
·
Membuat suatu jadwal kegiatan yang
berulang dan efektif menggunakan prinsip KPK dalam kalender
|
·
Mendiskusikan cara
menyajikan
masalah yang berkaitan dengan KPK ke dalam bentuk diagram, gambar, simbol,
tabel atau bentuk lainnya
·
Mengidentifikasi masalah sehari-hari yang dapat diselesaikan
dengan menggunakan prinsip KPK melalui diskusi kelompok
·
Menemukan cara
menyelesaikan masalah sehari-hari yang menggunakan prinsip KPK melalui
diskusi kelompok
·
Menggunakan KPK
untuk membuat suatu jadwal kegiatan yang berulang dan efektif dalam kalender
Penilaian
·
Tes
Tertulis: meneyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari menggunakan KPK
·
Poduk :
Membuat suatu jadwal kegiatan yang berulang dan efektif menggunakan prinsip
KPK dalam kalender
|
6 jp
|
Buku Tematik Kelas IV
|
PENJASORKES
Memahami gizi dan menu seimbang dalam
menjaga kesehatan tubuh
Mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar
lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif dalam permainan bola kecil yang
dilandasi konsep gerak dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional
bola kecil
Mempraktikkan
pola gerak dasar berirama
bertema budaya daerah yang sudah dikenal yang dilandasi konsep gerak
mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik
|
Menyebutkan macam makanan yang mengandung (Karboidrat, Protein, Lemak,
Vitamin, Mineral )
Menerapkan variasi dan kombinasi pola gerak
lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif dalam permainan kasti
Memperagakan
pola gerak dasar berirama pada teknik dasar senam berirama
melangkah, mengayun, meliuK
|
Menyebutkan arti gizi seimbang
Berlari ke berbagai arah mengikuti aba-aba
Mempraktikkan gerak melangkah ke
depan, ke balakang, menyerong, ke samping kiri/kanan secara individu,
berpasangan/berkelompok dengan menunjukkan perilaku kerjasama, percaya diri, disiplin, toleransi, menjaga
keselamatan diri dan orang lain, dan menghargai perbedaan selama
melakukan aktivitas
Penilaian:
Tertulis:
menyebutkan gizi
seimbang
Unjuk kerja: berlari
ke berbagai arah mengikuti aba-aba dan mempraktikkan gerak
melangkah ke berbagai arah
Pengamatan perilaku
|
4 JP
|
Buku pegangan siswa
Pluit
Simpai
Kapur
|
Komentar
Posting Komentar
Jangan lupa kasih komentarnya yah ... ! masukan dan kritikan sangat kami harapkan ... !