Silabus Tema 2 : Berbagai Pekerjaan Kelas 4 Kurikulum 2013



  28 November 2012
SILABUS
Kelas IV
Tema 2 : Berbagai Pekerjaan
Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah



KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
TAHUN 2012


Kelas                : IV
Tema 4             : Berbagai Pekerjaan
Alokasi Waktu  : 3 Minggu

Mata Pelajaran dan Kompetensi Dasar
Indikator
Kegiatan Pembelajaran dan Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar


MINGGU 1


PPKn
Mengelompokkan identitas suku bangsa (pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, dan upacara adat), sosial ekonomi (jenis pekerjaan orang tua) di lingkungan rumah sekolah dan masyarakat sekitar

·      Menyebutkan jenis-jenis pekerjaan orang tua di lingkungan sekitar
·      Membedakan pekerjaan yang menghasilkan barang dan jasa


·         Mengumpulkan data tentang pekerjaan orang tua melalui wawancara dengan teman sekelasnya.
·         Membuat daftar pekerjaan orang tua dari hasil wawancara.
·         Berdiskusi untuk mengelompkkan jenis-jenis pekerjaan  orang tua
·         Memaparkan hasil diskusi
Menyimpulkan hasil diskusi jenis pekerjaan yang banyak dilakukan oleh orang tua di lingkungan sekitar.

Penilaian:
performance


6 jp

Buku Tematik Kelas IV

Bahasa Indonesia
·   Membaca teks tentang berbagai topik, membuat pertanyaan, dan menuliskan gagasan pokok

·      Menyusun pertanyaan-pertanyaan dengan benar mengenai isi teks bacaan
·      Menentukan dengan tepat gagasan pokok paragraf yang ada dalam teks bacaan

·      Membaca di dalam hati teks bacaan tentang “Berbagai Pekerjaan”
·      Membuat pertanyaan-pertanyaan tentang isi teks bacaan
·      Menukarkan pertanyaan-pertanyaan dengan teman untuk saling menjawab
·      Menentukan dan menulis gagasan pokok paragraf-paragraf yang ada di dalam teks bacaan
·      Menyusun ringkasan berdasarkan gagasan pokok yang telah ditentukan
Penilaian
Tes tertulis
·      Ketepatan pertanyaan dengan isi teks bacaan
·      Ketepatan dalam menentukan gagasan pokok paragraf


3 jp

Buku Tematik Kelas IV

Bahasa Indonesia
Menyelidiki dan menuliskan hasil penyelidikan secara tertulis sifat benda dan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari


·      Mendiskripsikan kegunaan benda berdasarkan sifatnya: (i) tidak tembus air, (ii) menyerap air, (iii) tahan api, (iv) lembut dan lentur, (v) kuat dan keras, (vi) keras dan lentur
·      Membuat contoh suatu karya hasil penerapan konsep sifat benda




·   Melakukan percobaan untuk mengidentifikasi benda yang memiliki sifat konduktor atau isolator dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari.
·   Mengidentifikasi kegunaan benda yang tidak tembus air, benda yang tembus pandang, menyerap air, tahan api, benda yang lembut dan lentur, benda yang kuat dan keras, dan membuat karya menggunakan bahan-bahan yang sesuai dengan sifat bahannya
Penilaian
·      Tes tertulis: pemahaman konsep tentang sifat bahan benda

4 jp

Buku Tematik Kelas IV
Buku percobaan
Benda-benda berwujud padat, cair, dan gas

·   Bermain  peran sebagai figur tertentu (dokter, guru, pedagang sayur, polisi, dsb.) yang  sedang berbicara.
·      Memerankan figur sesuai dengan kebiasaan, cara bicara, dan tingkah laku figur yang diperankan
·      Menentukan figur tertentu (berbagai pekerjaan) yang akan diperankan
·      Mengidentifikasi kebiasaan, cara bicara, dan tingkah laku figur yang telah ditentukan
·      Memerankan figur sesuai dengan kebiasaan, cara bicara, dan tingkah lakunya
·      Mengomentari pemeranan yang dilakukan teman

Penilaian
Unjuk kerja:
Kesesuaian pemeranan dengan kebiasaan, cara bicara, dan tingkah laku figur yang diperankan

3 jp
Buku Tematik Kelas IV

Matematika
Memahami faktor dan kelipatan bilangan serta bilangan prima  (k3)

·      Menjelaskan ciri bilangan prima
·      Menentukan barisan bilangan yang merupakan kelipatan sebuah bilangan tertentu
·      Menentukan berbagai bilangan yang merupakan faktor dari sebuah bilangan
·      Menulis model/kalimat matematika dari masalah yang berkaitan dengan konsep kelipatan atau faktor bilangan
·      Menentukan penyelesaian dari masalah yang berkaitan dengan konsep kelipatan atau faktor bilangan


·      Menjelaskan ciri bilangan prima
·      Menemukan bilangan prima 1 – 100 dengan cara mencoret dan menggunakan tabel
·      Mendiskusikan pola bilangan yang dibentuk dari kelipatan bilangan
·      Menentukan berbagai bilangan yang merupakan factor dari sebuah bilangan
·      Menuliskan model/ kalimat matematika dari masalah yang berkaitan dengan konsep kelipatan atau faktor bilangan
·      Menentukan penyelesaian dari masalah yang berkaitan dengan konsep kelipatan atau faktor bilangan

Penilaian
Tes Tertulis: pemahaman konsep faktor,  kelipatan bilangan, dan bilangan prima

6 jp

Buku Tematik Kelas IV

PENJASORKES
Memiliki perilaku hidup sehat

Mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak dasar untuk membentuk gerakan dasar  atletik jalan  dan lari  yang dilandasi konsep gerak melalui permainan dan atau tradisional

Mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak dasar untuk membentuk gerakan dasar  atletik jalan  dan lari  yang dilandasi konsep gerak melalui permainan dan atau tradisional

Menerapkan perilaku hidup sehat di sekolah

Memperagakan kombinasi gerak dasar jalan





Memperagakan kombinasi gerak dasar lari




Membeli jajanan di kantin sehat


Berjalan ke depan dan tumit menyentuh pantat






Berlari  langkah langkah kuda/hop

Penilaian:
Unjuk Kerja: berjalan ke depan dan tumit menyentuh pantat, dan Berlari  langkah langkah kuda/hop
Pengamatan perilaku


4 JP

Buku pegangan siswa
Pluit
Simpai
Kapur
Seni Budaya dan Prakarya
Memperagakan makna gerak ke dalam bentuk tari bertema dengan mengacu pada gaya tari daerah berdasarkan ruang gerak (KI 4)

·      Melakukan gerak tari bertema Berbagai pekerjaan dengan mengacu pada gaya tari daerah
·      Menyajikan gerak tari yang mengacu gaya tari daerah dengan memperhatikan ruang gerak

·      Mendiskusikan gerak tari bertema Berbagai Pekerjaan yang mengacu pada gaya tari daerah berdasarkan ruang gerak
·      Memperagakan makna gerak tari ke dalam bentuk tari bertema Berbagai Pekerjaan dengan mengacu pada gaya tari daerah berdasarkan ruang gerak

Penilaian
Unjuk kerja: melakukan makna gerak tarian bertema Hemat Energi dengan mengacu pada gaya tari daerah berdasarkan ruang gerak

6 jp

Buku Tematik Kelas IV



MINGGU 2


PPKn
Mengelompokkan identitas suku bangsa (pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, dan upacara adat), sosial ekonomi (jenis pekerjaan orang tua) di lingkungan rumah sekolah dan masyarakat sekitar

·      Menyebutkan jenis-jenis pekerjaan orang tua di lingkungan sekitar
·      Membedakan pekerjaan yang menghasilkan barang dan jasa


·       Mengelompokkan  pekerjaan ayah, ibu ,dan anggota keluarga lainnya yang menghasilkan barang dan jasa.
·        Menuliskan ciri jenis-jenis pekerjaan  yang menghasilkan barang dan jasa.
·       Menggambar jenis-jenis pekerjaan  orang tua dan anggota keluarga lainnya.
·       Mempresentasikan hasil kegiatan menggambar jenis-jenis pekerjaan dengan menceritakan kegiatan yang dilakukan.

Penilain:
produk

6 jp

Buku Tematik Kelas IV

Bahasa Indonesia
Menyelidiki dan menuliskan hasil penyelidikan secara tertulis sifat benda dan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari


·      Membuat kesimpulan tentang sifat-sifat benda padat dan menulskan contoh benda padat.
·      Menuliskan sifat-sifat benda cair dan memberikan contoh benda cair
·      Membuat kesimpulan tentang sifat-sifat benda gas dan menuliskan ciontoh benda gas





·   Melakukan percobaan untuk memahami sifat benda padat dan memberikan contoh benda padat, serta mengambil kesimpulan dari kegiatan bahwa bentuk benda padat tetap, tidak mengikuti bentuk wadahnya, serta dapat diubah dengan perlakuan tertentu   .
·   Melakukan pengamatan untuk memahami sifat benda cair dan memberikan contoh benda cair, serta mengambil kesimpulan dari kegiatan bahwa: (i) bentuk benda cair tidak tetap, selalu mngikuti bentuk wadahnya, (ii) bentuk permukaan benda cair yang tenang selalu datar, (iii) benda cair mengalir ke tempat rendah, (iv) benda cair menekan ke segala arah, (v) benda cair dapat meresap melalui celah-celah yang kecil.
·   Melakukan percobaan untuk memahami sifat benda gas dan memberikan contoh benda gas, serta mengambil kesimpulan dari kegiatan bahwa: (i) gas dapat mengisi seluruh ruang, (ii) bentuk benda gas tidak tetap dan menekan ke segalah arah
Penilaian
·      Tes tertulis: pemahaman konsep tentang wujud benda

10 jp

Buku Tematik Kelas IV
Buku percobaan
Benda-benda berwujud padat, cair, dan gas

Matematika
Menentukan kelipatan persekutuan dua buah bilangan dan menentukan kelipatan persekutuan terkecil (KPK)(K3)

·      Menentukan kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dari dua bilangan dengan menggunakan prinsip kelipatan pesekutuan
·      Menentukan faktor prima sebuah bilangan
·      Menentukan KPK  dari dua bilangan dengan faktorisasi prima atau tabel pemfaktoran


·      Mendiskusikan cara menentukan kelipatan persekutuan terkecil ( KPK) menggunakan prinsip kelipatan pesekutuan
·      Mendiskusikan cara menentukan faktor prima sebuah bilangan
·      Menemukan cara menentukan kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dari dua bilangan dengan menggunakan prinsip kelipatan bilangan melalui diskusi kelompok
·      Menemukan cara menentukan kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dari dua bilangan dengan menggunakan prinsip faktorisasi prima atau menggunakan tabel pemfaktoran melalui diskusi kelompok
·      Menentukan kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dari dua bilangan dengan cara yang dianggap paling mudah oleh peserta didik

Penilaian
·         Tes Tertulis: menentukan KPK  dari dua buah bilangan dengan cara yang dianggap paling mudah oleh peserta didik

6  jp

Buku Tematik Kelas IV

Seni Budaya dan Prakarya
Menunjukkan   disiplin dan taat aturan dalam berkarya (KI 2)

·  Menyelesaikan tugas tepat waktu
·  Menyelesaikan tugas dengan tidak menyontek karya teman
·  Memperhatikan keselamatan dalam berkarya/kerja
·  Merapikan alat dan bahan setelah berkarya dan membuang sampah pada tempatnya

·   Menggambar, bernyanyi, menari dan berkarya sesuai dengan minat peserta didik

Penilaian
·   Pengamatan: pada saat peserta didik memulai, melaksanakan, dan menyelesiakan karya/kegiatan



3 jp

Buku Tematik Kelas IV

Seni Budaya dan Prakarya
Membuat alat peraga  pembelajaran dengan memanfaatkan bahan di lingkungan (KI 4)
·   Memilih bahan alam yang ada dilingkungan untuk membuat alat peraga (misalnya: parasut, layang-layang, telepon-teleponan, celengan, baling-baling, kubus, dll.)

·   Mendiskusikan bahan-bahan yang akan dipakai untuk membuat alat peraga
·   Membuat desain alat peraga

Penilaian
·   Proses: cara membuat alat peraga
·   Produk: alat peraga yang dihasilkan
3 jp
Buku Tematik Kelas IV

PENJASORKES
Mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak dasar untuk membentuk gerakan dasar  atletik jalan  dan lari  yang dilandasi konsep gerak melalui permainan dan atau tradisional

Mempraktikkan variasi dan  kombinasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif dalam permainan bola kecil yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional bola kecil

Menyebutkan posisi tubuh yang benar saat berjalan dan berlari






Menerapkan variasi dan kombinasi pola gerak lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif dalam  permainan kasti

Mendiskusikan posisis tubuh yang benar saat berjalan







Melemparkan bola mendatar secara berpasangan atau berkelompok dengan menunjukkan prilaku kerjasama, percaya  diri, disiplin, toleransi, menjaga keselamatan diri dan orang lain, dan menghargai perbedaan


Penilaian:
Tertulis: menyebutkan posisi tubuh yang benar saat berjalan
Unjuk kerja: melemparkan bola mendatar

4 JP

Bola kasti
Pluit
Buku pegangan siswa


MINGGU 3


PPKn
Mengelompokkan identitas suku bangsa (pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, dan upacara adat), sosial ekonomi (jenis pekerjaan orang tua) di lingkungan rumah sekolah dan masyarakat sekitar

·      Menyebutkan jenis-jenis pekerjaan orang tua di lingkungan sekitar
·      Membedakan pekerjaan yang menghasilkan barang dan jasa


·       Belajar  di luar kelas dengan mendatangi tempat-tempat jenis pekerjaan misalnya petani, nelayan, pilot dll
·       Menulis hasil laporan kegiatan
·       Mendatangkan  nara sumber ke kelas  penjelasan tentang pekerjaan yang dilakukan.

Penilaian
·         Tes Tertulis : mengukur penguasaan  mengelompokkan jenis-jenis pekerjaan orang tua di   lingkungan
·       Performance ( presentasi)
·       Produk ( hasil gambar,  hasil laporan kunjungan )

6 jp

Buku Tematik Kelas IV

Bahasa Indonesia
Menyelidiki dan menuliskan hasil penyelidikan secara tertulis sifat benda dan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari


·      Mempresentasikan ketepatan bahan yang dipakai pada suatu produk




·         Mengamati sifat bahan dalam suatu produk
·         Menganalisa ketepatan bahan yang dipakai dalam suatu produk
·         Mempresentasikan ketepatan bahan yang dipakai dalam suatu produk

Penilaian
·      Unjuk kerja: Presentasi hasil kelompok

10 jp

Buku Tematik Kelas IV
Buku percobaan
Benda-benda berwujud padat, cair, dan gas

Matematika
Membuat suatu jadwal kegiatan yang berulang dan efektif menggunakan prinsip KPK dalam kalender (k2)


·      Menyajikan masalah yang berkaitan dengan KPK ke dalam bentuk diagram, gambar, simbol, tabel atau bentuk lainnya
·      Menulis model/kalimat matematika dari masalah yang berkaitan dengan KPK
·      Menentukan penyelesaian dari masalah yang berkaitan dengan KPK
·      Membuat suatu jadwal kegiatan yang berulang dan efektif menggunakan prinsip KPK dalam kalender


·         Mendiskusikan cara menyajikan masalah yang berkaitan dengan KPK ke dalam bentuk diagram, gambar, simbol, tabel atau bentuk lainnya
·         Mengidentifikasi  masalah sehari-hari yang dapat diselesaikan dengan menggunakan prinsip KPK melalui diskusi kelompok
·         Menemukan cara menyelesaikan masalah sehari-hari yang menggunakan prinsip KPK melalui diskusi kelompok
·         Menggunakan KPK untuk membuat suatu jadwal kegiatan yang berulang dan efektif dalam kalender

Penilaian
·         Tes Tertulis: meneyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari menggunakan KPK
·         Poduk : Membuat suatu jadwal kegiatan yang berulang dan efektif menggunakan prinsip KPK dalam kalender

6 jp

Buku Tematik Kelas IV

PENJASORKES
Memahami gizi dan menu seimbang dalam menjaga kesehatan tubuh

Mempraktikkan variasi dan  kombinasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif dalam permainan bola kecil yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional bola kecil

Mempraktikkan  pola gerak dasar berirama  bertema budaya daerah yang sudah dikenal yang dilandasi konsep gerak mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik

Menyebutkan macam makanan yang mengandung (Karboidrat, Protein, Lemak, Vitamin, Mineral )

Menerapkan variasi dan kombinasi pola gerak lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif dalam  permainan kasti






Memperagakan pola gerak dasar berirama pada teknik dasar senam  berirama melangkah, mengayun, meliuK

Menyebutkan arti gizi seimbang



Berlari ke berbagai arah mengikuti aba-aba









Mempraktikkan gerak melangkah ke depan, ke balakang, menyerong, ke samping kiri/kanan secara individu, berpasangan/berkelompok dengan menunjukkan perilaku kerjasama, percaya  diri, disiplin, toleransi, menjaga keselamatan diri dan orang lain, dan menghargai perbedaan  selama melakukan aktivitas

Penilaian:
Tertulis: menyebutkan gizi seimbang
Unjuk kerja: berlari ke berbagai arah mengikuti aba-aba dan mempraktikkan gerak melangkah ke berbagai arah
Pengamatan perilaku

4 JP

Buku pegangan siswa
Pluit
Simpai
Kapur

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CONTOH WAWANCARA GURU DAN SISWA

Ciri-Ciri Guru yang Enggan Mendampingi Peserta Didiknya di Sekolah

modul kelas 5