contoh format lembar pengamatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

Rounded Rectangle: Lampiran D1
Tanggal :                             2015
 
LEMBAR PENGAMATAN
PEMBELAJARAN KOOPERATIF PENDEKATAN STRUKTURAL TSOS
                                        
Lembar Pengamatan aktifitas guru dan siswa :
Pokok Bahasan             :     _____________________________________________
Sub Pokok Bahasan     :     _____________________________________________

Guru
Siswa
Aktivitas yang diamati
Dilakukan
Aktivitas yang diamati
Dilakukan
Y
T
Y
T
Menyampaikan tujuan pembelajaran


Mendengarkan dan memperhatikan penjelasan guru


Memotivasi siswa dalam melakukan kegiatan pembelajaran kooperatif pendekatan struktural TSOS


Mendengarkan dan memperhatikan penjelasan guru


Menjelaskan konsep-konsep yang akan dipelajari sesuai dengan konsep pembelajaran kooperatif pendekatan struktural TSOS


Mendengarkan dan memperhatikan penjelasan guru


Guru membagikan LKS kepada setiap siswa, kemudian menyuruh siswa untuk mengerjakannya di dalam kelompoknya masing-masing sesuai dengan LKS pembelajaran kooperatif pendekatan struktural TSOS


Siswa bekerja-sama mengerjakan LKS di dalam kelompoknya masing-masing


Guru menyuruh siswa berkunjung ke satu kelompok lain untuk diskusi (memperlihatkan hasil kerja kelompok mereka dan melihat hasil kerja kelompok lain yang dikunjungi)


Satu orang siswa mewakili kelompoknya berkunjung ke satu kelompok lain untuk diskusi (memperlihatkan hasil kerja kelompoknya dan melihat hasil kerja kelompok lain yang dikunjungi)


Guru mengingatkan siswa untuk berdiskusi kembali di dalam kelompoknya


Siswa berdiskusi kembali di dalam kelompoknya


Guru membantu siswa untuk menyelesaikan soal LKS yang sulit dikerjakan siswa


Mendengarkan dan memperhatikan penjelasan guru


Guru membantu siswa untuk membuat kesimpulan dari materi yang dipelajari


Mendengarkan dan memperhatikan penjelasan guru


Ket : Y = Ya; T = Tidak

                                                                                                                      Pengamat,
                                                                                                        Guru SDN 183 Pekanbaru



                                                                                                                   Elfitriani, S.Pd



Rounded Rectangle: Lampiran D2
Tanggal :                             2015
 
LEMBAR PENGAMATAN
PEMBELAJARAN KOOPERATIF PENDEKATAN STRUKTURAL TSOS
                                        
Lembar Pengamatan aktifitas guru dan siswa :
Pokok Bahasan             :     _____________________________________________
Sub Pokok Bahasan     :     _____________________________________________

Guru
Siswa
Aktivitas yang diamati
Dilakukan
Aktivitas yang diamati
Dilakukan
Y
T
Y
T
Menyampaikan tujuan pembelajaran


Mendengarkan dan memperhatikan penjelasan guru


Memotivasi siswa dalam melakukan kegiatan pembelajaran kooperatif pendekatan struktural TSOS


Mendengarkan dan memperhatikan penjelasan guru


Menjelaskan konsep-konsep yang akan dipelajari sesuai dengan konsep pembelajaran kooperatif pendekatan struktural TSOS


Mendengarkan dan memperhatikan penjelasan guru


Guru membagikan LKS kepada setiap siswa, kemudian menyuruh siswa untuk mengerjakannya di dalam kelompoknya masing-masing sesuai dengan LKS pembelajaran kooperatif pendekatan struktural TSOS


Siswa bekerja-sama mengerjakan LKS di dalam kelompoknya masing-masing


Guru menyuruh siswa berkunjung ke satu kelompok lain untuk diskusi (memperlihatkan hasil kerja kelompok mereka dan melihat hasil kerja kelompok lain yang dikunjungi)


Satu orang siswa mewakili kelompoknya berkunjung ke satu kelompok lain untuk diskusi (memperlihatkan hasil kerja kelompoknya dan melihat hasil kerja kelompok lain yang dikunjungi)


Guru mengingatkan siswa untuk berdiskusi kembali di dalam kelompoknya


Siswa berdiskusi kembali di dalam kelompoknya


Guru membantu siswa untuk menyelesaikan soal LKS yang sulit dikerjakan siswa


Mendengarkan dan memperhatikan penjelasan guru


Guru membantu siswa untuk membuat kesimpulan dari materi yang dipelajari


Mendengarkan dan memperhatikan penjelasan guru


Ket : Y = Ya; T = Tidak

                                                                                                                      Pengamat,
                                                                                                        Guru SDN 183 Pekanbaru



                                                                                                                   Elfitriani, S.Pd



Rounded Rectangle: Lampiran D3
Tanggal :                             2015
 
LEMBAR PENGAMATAN
PEMBELAJARAN KOOPERATIF PENDEKATAN STRUKTURAL TSOS
                                        
Lembar Pengamatan aktifitas guru dan siswa :
Materi Pokok                  :     _____________________________________________
Indikator                          :     _____________________________________________

Guru
Siswa
Aktivitas yang diamati
Dilakukan
Aktivitas yang diamati
Dilakukan
Y
T
Y
T
Menyampaikan tujuan pembelajaran


Mendengarkan dan memperhatikan penjelasan guru


Memotivasi siswa dalam melakukan kegiatan pembelajaran kooperatif pendekatan struktural TSOS


Mendengarkan dan memperhatikan penjelasan guru


Menjelaskan konsep-konsep yang akan dipelajari sesuai dengan konsep pembelajaran kooperatif pendekatan struktural TSOS


Mendengarkan dan memperhatikan penjelasan guru


Guru membagikan LKS kepada setiap siswa, kemudian menyuruh siswa untuk mengerjakannya di dalam kelompoknya masing-masing sesuai dengan LKS pembelajaran kooperatif pendekatan struktural TSOS


Siswa bekerja-sama mengerjakan LKS di dalam kelompoknya masing-masing


Guru menyuruh siswa berkunjung ke satu kelompok lain untuk diskusi (memperlihatkan hasil kerja kelompok mereka dan melihat hasil kerja kelompok lain yang dikunjungi)


Satu orang siswa mewakili kelompoknya berkunjung ke satu kelompok lain untuk diskusi (memperlihatkan hasil kerja kelompoknya dan melihat hasil kerja kelompok lain yang dikunjungi)


Guru mengingatkan siswa untuk berdiskusi kembali di dalam kelompoknya


Siswa berdiskusi kembali di dalam kelompoknya


Guru membantu siswa untuk menyelesaikan soal LKS yang sulit dikerjakan siswa


Mendengarkan dan memperhatikan penjelasan guru


Guru membantu siswa untuk membuat kesimpulan dari materi yang dipelajari


Mendengarkan dan memperhatikan penjelasan guru


Ket : Y = Ya; T = Tidak

                                                                                                                      Pengamat,
                                                                                                        Guru SDN 183 Pekanbaru



                                                                                                                   Elfitriani, S.Pd



Rounded Rectangle: Lampiran D4
Tanggal :                             2015
 
LEMBAR PENGAMATAN
PEMBELAJARAN KOOPERATIF PENDEKATAN STRUKTURAL TSOS
                                        
Lembar Pengamatan aktifitas guru dan siswa :
Materi Pokok                  :     _____________________________________________
Indikator                          :     _____________________________________________

Guru
Siswa
Aktivitas yang diamati
Dilakukan
Aktivitas yang diamati
Dilakukan
Y
T
Y
T
Menyampaikan tujuan pembelajaran


Mendengarkan dan memperhatikan penjelasan guru


Memotivasi siswa dalam melakukan kegiatan pembelajaran kooperatif pendekatan struktural TSOS


Mendengarkan dan memperhatikan penjelasan guru


Menjelaskan konsep-konsep yang akan dipelajari sesuai dengan konsep pembelajaran kooperatif pendekatan struktural TSOS


Mendengarkan dan memperhatikan penjelasan guru


Guru membagikan LKS kepada setiap siswa, kemudian menyuruh siswa untuk mengerjakannya di dalam kelompoknya masing-masing sesuai dengan LKS pembelajaran kooperatif pendekatan struktural TSOS


Siswa bekerja-sama mengerjakan LKS di dalam kelompoknya masing-masing


Guru menyuruh siswa berkunjung ke satu kelompok lain untuk diskusi (memperlihatkan hasil kerja kelompok mereka dan melihat hasil kerja kelompok lain yang dikunjungi)


Satu orang siswa mewakili kelompoknya berkunjung ke satu kelompok lain untuk diskusi (memperlihatkan hasil kerja kelompoknya dan melihat hasil kerja kelompok lain yang dikunjungi)


Guru mengingatkan siswa untuk berdiskusi kembali di dalam kelompoknya


Siswa berdiskusi kembali di dalam kelompoknya


Guru membantu siswa untuk menyelesaikan soal LKS yang sulit dikerjakan siswa


Mendengarkan dan memperhatikan penjelasan guru


Guru membantu siswa untuk membuat kesimpulan dari materi yang dipelajari


Mendengarkan dan memperhatikan penjelasan guru


Ket : Y = Ya; T = Tidak

                                                                                                                      Pengamat,
                                                                                                        Guru SDN 183 Pekanbaru



                                                                                                                   Elfitriani, S.Pd



Rounded Rectangle: Lampiran D5
Tanggal :                             2015
 
LEMBAR PENGAMATAN
PEMBELAJARAN KOOPERATIF PENDEKATAN STRUKTURAL TSOS
                                        
Lembar Pengamatan aktifitas guru dan siswa :
Materi Pokok                  :     _____________________________________________
Indikator                          :     _____________________________________________

Guru
Siswa
Aktivitas yang diamati
Dilakukan
Aktivitas yang diamati
Dilakukan
Y
T
Y
T
Menyampaikan tujuan pembelajaran


Mendengarkan dan memperhatikan penjelasan guru


Memotivasi siswa dalam melakukan kegiatan pembelajaran kooperatif pendekatan struktural TSOS


Mendengarkan dan memperhatikan penjelasan guru


Menjelaskan konsep-konsep yang akan dipelajari sesuai dengan konsep pembelajaran kooperatif pendekatan struktural TSOS


Mendengarkan dan memperhatikan penjelasan guru


Guru membagikan LKS kepada setiap siswa, kemudian menyuruh siswa untuk mengerjakannya di dalam kelompoknya masing-masing sesuai dengan LKS pembelajaran kooperatif pendekatan struktural TSOS


Siswa bekerja-sama mengerjakan LKS di dalam kelompoknya masing-masing


Guru menyuruh siswa berkunjung ke satu kelompok lain untuk diskusi (memperlihatkan hasil kerja kelompok mereka dan melihat hasil kerja kelompok lain yang dikunjungi)


Satu orang siswa mewakili kelompoknya berkunjung ke satu kelompok lain untuk diskusi (memperlihatkan hasil kerja kelompoknya dan melihat hasil kerja kelompok lain yang dikunjungi)


Guru mengingatkan siswa untuk berdiskusi kembali di dalam kelompoknya


Siswa berdiskusi kembali di dalam kelompoknya


Guru membantu siswa untuk menyelesaikan soal LKS yang sulit dikerjakan siswa


Mendengarkan dan memperhatikan penjelasan guru


Guru membantu siswa untuk membuat kesimpulan dari materi yang dipelajari


Mendengarkan dan memperhatikan penjelasan guru


Ket : Y = Ya; T = Tidak

                                                                                                                      Pengamat,
                                                                                                        Guru SDN 183 Pekanbaru



                                                                                                                   Elfitriani, S.Pd



Rounded Rectangle: Lampiran D6
Tanggal :                             2015
 
LEMBAR PENGAMATAN
PEMBELAJARAN KOOPERATIF PENDEKATAN STRUKTURAL TSOS
                                        
Lembar Pengamatan aktifitas guru dan siswa :
Materi Pokok                  :     _____________________________________________
Indikator                          :     _____________________________________________

Guru
Siswa
Aktivitas yang diamati
Dilakukan
Aktivitas yang diamati
Dilakukan
Y
T
Y
T
Menyampaikan tujuan pembelajaran


Mendengarkan dan memperhatikan penjelasan guru


Memotivasi siswa dalam melakukan kegiatan pembelajaran kooperatif pendekatan struktural TSOS


Mendengarkan dan memperhatikan penjelasan guru


Menjelaskan konsep-konsep yang akan dipelajari sesuai dengan konsep pembelajaran kooperatif pendekatan struktural TSOS


Mendengarkan dan memperhatikan penjelasan guru


Guru membagikan LKS kepada setiap siswa, kemudian menyuruh siswa untuk mengerjakannya di dalam kelompoknya masing-masing sesuai dengan LKS pembelajaran kooperatif pendekatan struktural TSOS


Siswa bekerja-sama mengerjakan LKS di dalam kelompoknya masing-masing


Guru menyuruh siswa berkunjung ke satu kelompok lain untuk diskusi (memperlihatkan hasil kerja kelompok mereka dan melihat hasil kerja kelompok lain yang dikunjungi)


Satu orang siswa mewakili kelompoknya berkunjung ke satu kelompok lain untuk diskusi (memperlihatkan hasil kerja kelompoknya dan melihat hasil kerja kelompok lain yang dikunjungi)


Guru mengingatkan siswa untuk berdiskusi kembali di dalam kelompoknya


Siswa berdiskusi kembali di dalam kelompoknya


Guru membantu siswa untuk menyelesaikan soal LKS yang sulit dikerjakan siswa


Mendengarkan dan memperhatikan penjelasan guru


Guru membantu siswa untuk membuat kesimpulan dari materi yang dipelajari


Mendengarkan dan memperhatikan penjelasan guru


Ket : Y = Ya; T = Tidak

                                                                                                                      Pengamat,
                                                                                                        Guru SDN 183 Pekanbaru



                                                                                                                   Elfitriani, S.Pd



Rounded Rectangle: Lampiran D7
Tanggal :                             2015
 
LEMBAR PENGAMATAN
PEMBELAJARAN KOOPERATIF PENDEKATAN STRUKTURAL TSOS
                                        
Lembar Pengamatan aktifitas guru dan siswa :
Materi Pokok                  :     _____________________________________________
Indikator                          :     _____________________________________________

Guru
Siswa
Aktivitas yang diamati
Dilakukan
Aktivitas yang diamati
Dilakukan
Y
T
Y
T
Menyampaikan tujuan pembelajaran


Mendengarkan dan memperhatikan penjelasan guru


Memotivasi siswa dalam melakukan kegiatan pembelajaran kooperatif pendekatan struktural TSOS


Mendengarkan dan memperhatikan penjelasan guru


Menjelaskan konsep-konsep yang akan dipelajari sesuai dengan konsep pembelajaran kooperatif pendekatan struktural TSOS


Mendengarkan dan memperhatikan penjelasan guru


Guru membagikan LKS kepada setiap siswa, kemudian menyuruh siswa untuk mengerjakannya di dalam kelompoknya masing-masing sesuai dengan LKS pembelajaran kooperatif pendekatan struktural TSOS


Siswa bekerja-sama mengerjakan LKS di dalam kelompoknya masing-masing


Guru menyuruh siswa berkunjung ke satu kelompok lain untuk diskusi (memperlihatkan hasil kerja kelompok mereka dan melihat hasil kerja kelompok lain yang dikunjungi)


Satu orang siswa mewakili kelompoknya berkunjung ke satu kelompok lain untuk diskusi (memperlihatkan hasil kerja kelompoknya dan melihat hasil kerja kelompok lain yang dikunjungi)


Guru mengingatkan siswa untuk berdiskusi kembali di dalam kelompoknya


Siswa berdiskusi kembali di dalam kelompoknya


Guru membantu siswa untuk menyelesaikan soal LKS yang sulit dikerjakan siswa


Mendengarkan dan memperhatikan penjelasan guru


Guru membantu siswa untuk membuat kesimpulan dari materi yang dipelajari


Mendengarkan dan memperhatikan penjelasan guru


Ket : Y = Ya; T = Tidak

                                                                                                                      Pengamat,
                                                                                                        Guru SDN 183 Pekanbaru



                                                                                                                   Elfitriani, S.Pd



Rounded Rectangle: Lampiran D8
Tanggal :                             2015
 
LEMBAR PENGAMATAN
PEMBELAJARAN KOOPERATIF PENDEKATAN STRUKTURAL TSOS
                                        
Lembar Pengamatan aktifitas guru dan siswa :
Materi Pokok                  :     _____________________________________________
Indikator                          :     _____________________________________________

Guru
Siswa
Aktivitas yang diamati
Dilakukan
Aktivitas yang diamati
Dilakukan
Y
T
Y
T
Menyampaikan tujuan pembelajaran


Mendengarkan dan memperhatikan penjelasan guru


Memotivasi siswa dalam melakukan kegiatan pembelajaran kooperatif pendekatan struktural TSOS


Mendengarkan dan memperhatikan penjelasan guru


Menjelaskan konsep-konsep yang akan dipelajari sesuai dengan konsep pembelajaran kooperatif pendekatan struktural TSOS


Mendengarkan dan memperhatikan penjelasan guru


Guru membagikan LKS kepada setiap siswa, kemudian menyuruh siswa untuk mengerjakannya di dalam kelompoknya masing-masing sesuai dengan LKS pembelajaran kooperatif pendekatan struktural TSOS


Siswa bekerja-sama mengerjakan LKS di dalam kelompoknya masing-masing


Guru menyuruh siswa berkunjung ke satu kelompok lain untuk diskusi (memperlihatkan hasil kerja kelompok mereka dan melihat hasil kerja kelompok lain yang dikunjungi)


Satu orang siswa mewakili kelompoknya berkunjung ke satu kelompok lain untuk diskusi (memperlihatkan hasil kerja kelompoknya dan melihat hasil kerja kelompok lain yang dikunjungi)


Guru mengingatkan siswa untuk berdiskusi kembali di dalam kelompoknya


Siswa berdiskusi kembali di dalam kelompoknya


Guru membantu siswa untuk menyelesaikan soal LKS yang sulit dikerjakan siswa


Mendengarkan dan memperhatikan penjelasan guru


Guru membantu siswa untuk membuat kesimpulan dari materi yang dipelajari


Mendengarkan dan memperhatikan penjelasan guru


Ket : Y = Ya; T = Tidak

                                                                                                                      Pengamat,
                                                                                                        Guru SDN 183 Pekanbaru



                                                                                                                   Elfitriani, S.Pd



Rounded Rectangle: Lampiran D9
Tanggal :                             2015
 
LEMBAR PENGAMATAN
PEMBELAJARAN KOOPERATIF PENDEKATAN STRUKTURAL TSOS
                                        
Lembar Pengamatan aktifitas guru dan siswa :
Materi Pokok                  :     _____________________________________________
Indikator                          :     _____________________________________________

Guru
Siswa
Aktivitas yang diamati
Dilakukan
Aktivitas yang diamati
Dilakukan
Y
T
Y
T
Menyampaikan tujuan pembelajaran


Mendengarkan dan memperhatikan penjelasan guru


Memotivasi siswa dalam melakukan kegiatan pembelajaran kooperatif pendekatan struktural TSOS


Mendengarkan dan memperhatikan penjelasan guru


Menjelaskan konsep-konsep yang akan dipelajari sesuai dengan konsep pembelajaran kooperatif pendekatan struktural TSOS


Mendengarkan dan memperhatikan penjelasan guru


Guru membagikan LKS kepada setiap siswa, kemudian menyuruh siswa untuk mengerjakannya di dalam kelompoknya masing-masing sesuai dengan LKS pembelajaran kooperatif pendekatan struktural TSOS


Siswa bekerja-sama mengerjakan LKS di dalam kelompoknya masing-masing


Guru menyuruh siswa berkunjung ke satu kelompok lain untuk diskusi (memperlihatkan hasil kerja kelompok mereka dan melihat hasil kerja kelompok lain yang dikunjungi)


Satu orang siswa mewakili kelompoknya berkunjung ke satu kelompok lain untuk diskusi (memperlihatkan hasil kerja kelompoknya dan melihat hasil kerja kelompok lain yang dikunjungi)


Guru mengingatkan siswa untuk berdiskusi kembali di dalam kelompoknya


Siswa berdiskusi kembali di dalam kelompoknya


Guru membantu siswa untuk menyelesaikan soal LKS yang sulit dikerjakan siswa


Mendengarkan dan memperhatikan penjelasan guru


Guru membantu siswa untuk membuat kesimpulan dari materi yang dipelajari


Mendengarkan dan memperhatikan penjelasan guru


Ket : Y = Ya; T = Tidak

                                                                                                                      Pengamat,
                                                                                                        Guru SDN 183 Pekanbaru



                                                                                                                   Elfitriani, S.Pd



Komentar

Postingan populer dari blog ini

CONTOH WAWANCARA GURU DAN SISWA

Contoh Rencana Kegiatan Sekolah (RKS)

skripsi Tesi Triani, S.Pd metode SQRQCQ