CONTOH WAWANCARA GURU DAN SISWA
Percakapan Antara
Guru Dengan Siswanya Dengan Menerapkan Metode Pembelajaran Langsung
Guru :
selamat pagi anak-anak
Siswa : pagi bu guru
Guru :
sebelum belajar mari kita berdoa
terlebih dahulu, coba siapa yang mau meminpin doa di depan?
Intan :
saya, bu.
Guru :
iya mbak intan silahkan maju di depan
untuk meminpin doa
Doa
berlangsung
Guru :
hari ini kita akan belajar tentang
nilai-nilai pancasila, dan tujuan dari pembelajaran hari ini adalah :
1. Siswa dapat mengetahui
Nilai-Nilai dalam Pancasila.
2. Siswa dapat memahami makna
Nilai-Nilai dalam Pancasila.
3. Siswa dapat mengaplikasikan
Nilai-Nilai Pancasila dalam lingkungan keluaraga.
4. Siswa dapat memberikan
contoh nyata dalam kehidupan berdasarkan sila-sila Pancasila.
Guru : ok...sebelumnya
minggu lalu kita kan sudah belajar tentang materi ini. Yaitu tentang
perumusan pancasila dan arti dari pancasila.
Apakah
anak – anak masih ingat arti dari Pancasila, siapa yang tahu apa itu pancasila?
Fani :
saya, bu. Pancasila itu dasar negara
Guru :
iya benar sekali, pancasila adalah
dasar negara bangsa Indonesia. PENJELASAN
Ok
ternyata anak – anak pintar sekali ya...baiklah disini ada yang hafal pancasila
tidak?
Sandi :
saya bu..
Guru :
oh pintar sekali...silakan maju nak
Sandi :
MEMBACA
Guru :
terimakasih nak...waduh hebat bacanya
ternyata lancar sekali ya, tepuk tangan anak – anak
Baiklah setelah
mengetahui sila – sila tersebut, maka ibu akan menerangkan tentang nilai –
nilai yang terkandung dari sila – sila tersebut.
PENJELASAN
Guru :
apakah masih ada yang belum paham ?
Siswa : sudah bu...
Guru :
hemmm...pintar sekali anak – anak ya..
Baiklah,
kalau kalian sudah paham berarti ibu yang akan bertanya
Siapa
yang dapat memberikan contoh perilaku yang mencerminkan sila 1 ?
Hanum : saya bu
Guru :
ok silahkan...
Hanum : saya tadi berdo’a sebelum belajar bu....
Guru :
ya berdo’a adalah contoh dari
pengamalan sila ke satu...kita berdo’a agar kita tetap dijaga oleh Allah SWT
dari godaan setan dan apa yang kita kerjakan hari ini bermanfaat bagi kita dan
semua orang
Guru :
lalu ada yang bisa memberikan contoh
perbuatan yang melanggar pancasila ?
Farhan : saya bu
Guru :
ok silahkan, kira – kira apa mbk contohnya?
Farhan : ( memberikan contoh )
Baiklah
selanjutnya ibu akan membentuk 5 kelompok terdiri dari 4 orang
Disini
ibu akan membagikan beberapa gambar untuk kalian diskusikan.
Tugasnya yaitu
mencocokkan gambar dengan nila – nila yang terkandung didalam 5 sila
tersebut. Ibu akan memberikan waktu sektr 10 menit untuk mendiskusikan gambar
tersebut. Setelah itu salah satu dari anggota kelompok maju kedepan untuk
menempelkan gambar – gambar tersebuti kertas karton ini sesuai dengan sila –
sila yang terkandunng dari gambar tersebut.
PREMEMORY
Guru :
baiklah anak – anak waktunya sudah
habis, silahkn perwakilan dari setiap kelompok untuk maju kedepan untuk
menempelkan gambarnya masing – masing.
GURU
MENGAMATI GAMBAR
Guru :
baiklah mari kita bahas bersama – sama
jawaban dari setiap kelompok.
GURU
BERTANYA SETIAP ALASAN DARI JAWABAN SETIAP KELOMPOK
SISWA
MEMBERIKAN ALASAN
G uru
memuji
PENUTUPAN
Guru :
Jadi kesimpulannya, pancasila adalah
dasar negara kita yang tercinta. Penerapan Pancasila pun dapat kita temui dalam
kehidupan sehari-hari teruma dalam lingkungan keluarga kita. Dengan demikian
kita sebagai warga negara yang baik harus berbuat dan berperilaku sesuai
nilai-nilai Pancasil.
Guru
memberikan tugas untuk peserta didiknya
Guru :
baiklah, kita akhiri dahulu pertemuan
hari ini. Wassalammualaikum WR.WB
Komentar
Posting Komentar
Jangan lupa kasih komentarnya yah ... ! masukan dan kritikan sangat kami harapkan ... !