Penilaian Autentik kurikulum 2013 kelas 5 SD
PENILAIAN
KURIKULUM 2013
Autentik artinya :
Asli atau nyata atau yang sebenarnya.
Penilaian dilakukan
dari Input, Proses, dan Output.
Ada 3 jenis penilaian
dalam kurikulum 2013 :
1. Sikap
dimana KI.1 meliputi nilai keagamaan disini ada 4 aspek :
a. Pembiasaan
berdo’a
b. Perilaku
Bersyukur
c. Keta’atan
beribadah
d. Toleransi
beribadah
2.
Sosial dimana KI.2 meliputi nilai sosial disini ada
8 aspek :
(
Jujur Disiplin Tanggungjawab Sopansantun Percayadiri Peduli Kerjasama Kerajinan)
a. Observasi misalnya pengamatan
b. Penilaian diri siswa misalnya sholat
berjamaah
c. Penilaian teman sejawat
d. Jurnal
3.
Pengetahuan
dimana KI.3 disini ada 2 bentuk penilaian :
a. Tes tertulis
b. Tes tulis
4.
Keterampilan
meliputi Praktek / Portofolio
Adapun
syarat kelulusan tetap mengacu kepada :
a) Untuk KD pada KI-3 dan KI-4, seorang peserta didik dinyatakan belum
tuntas belajar untuk menguasai KD yang dipelajarinya apabila menunjukkan
indikator nilai < 2.66 dari hasil
tes formatif.
b) Untuk KD pada KI-3 dan KI-4, seorang peserta didik dinyatakan sudah
tuntas belajar untuk menguasai KD yang dipelajarinya apabila menunjukkan
indikator nilai ≥ 2.66 dari hasil
tes formatif.
c) Untuk KD pada KI-1 dan KI-2, ketuntasan seorang peserta didik dilakukan
dengan memperhatikan aspek sikap pada KI-1 dan KI-2 untuk seluruh
matapelajaran, yakni jika profil sikap peserta didik secara umum berada pada kategori baik (B) menurut standar yang
ditetapkan satuan pendidikan yang bersangkutan
KI.1
( aspek sikap )
Misalkan dalam 1
semester qt melakukan pengamatan untuk aspek sikap. Dalam seminggu 6 hari maka
dalam sebulan sama dengan 24 kali dan dalam 6 bulan (semester) sama dengan 144
hari/kali.
Dalam hal ini guru
bisa mengambil kebijakan semampunya Cuma jangan keterlaluan, misalnya hanya 1
kali pengamatan dan yang lebih salah lagi kalau tidak pernah sama sekali
melakukan pengamatan.
Misalnya 3 siswa
Fatimah, Ad’ha dan Qonita akan dilakukan pengamatan sikap sebanyak 5 kali
pengamatan masing-masing untuk Berdo’a, Syukur, Taat Beribadah, dan Toleransi
beribadah :
No
|
Nama
Siswa
|
Berdo’a
|
j
|
Syukur
|
j
|
Taat
Beribadah
|
j
|
Toleransi
Beribadah
|
j
|
||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||||
1
|
Fatimah
|
3
|
4
|
3
|
2
|
3
|
15
|
3
|
3
|
3
|
2
|
4
|
15
|
4
|
3
|
4
|
4
|
3
|
18
|
3
|
4
|
3
|
3
|
4
|
17
|
2
|
Ad’ha
|
3
|
2
|
4
|
2
|
2
|
13
|
2
|
3
|
2
|
2
|
3
|
12
|
4
|
3
|
3
|
2
|
3
|
15
|
4
|
3
|
2
|
2
|
3
|
14
|
3
|
Qonita
|
4
|
2
|
3
|
3
|
2
|
14
|
4
|
3
|
3
|
4
|
4
|
18
|
3
|
3
|
3
|
2
|
3
|
14
|
4
|
3
|
3
|
2
|
2
|
14
|
No
|
Nama
Siswa
|
Berdo’a
|
Syukur
|
Taat
Beribadah
|
Toleransi
Beribadah
|
1
|
Fatimah
|
15 =
|
15 =
|
18 =
|
17 =
|
2
|
Ad’ha
|
13 =
|
12 =
|
15 =
|
14 =
|
3
|
Qonita
|
14 =
|
18 =
|
14 =
|
14 =
|
Cara penghitungan
skor yang diperoleh adalah :
Cara penilaian II
kenapa dikalikan 4 ? Hal ini karena skor maksimal dalam penilaian adalah 4, 3,
2, 1.
Setelah itu jumlah, jumlahkan
semua rata-rata nilai per anak misalnya :
Acuan Ketuntasan belajar :
Predikat
|
Nilai
Kompetensi
|
||
Pengetahuan
|
Keterampilan
|
Sikap
|
|
A
|
4
|
4
|
SB
|
A-
|
3.66
|
3.66
|
|
B+
|
3.33
|
3.33
|
B
|
B
|
3
|
3
|
|
B-
|
2.66
|
2.66
|
|
C+
|
2.33
|
2.33
|
C
|
C
|
2
|
2
|
|
C-
|
1.66
|
1.66
|
|
D+
|
1.33
|
1.33
|
K
|
D
|
1
|
1
|
Jadi
nilai rapor Fatimah yang 3,25 masuk prediket B+
Jadi
nilai rapor Ad’ha yang 2,70 masuk prediket B
Jadi
nilai rapor Qonita yang 3,00 masuk prediket B
Deskripsinya
:
Fatimah
: “ Sikap keagamaan ananda Fatimah sudah baik “
Ad’ha
: “
Keta’atan beribadah ananda Ad’ha sudah baik, masih memerlukan bimbingan pada
sikap perilaku bersyukurnya “
Qonita : “ Sikap keagamaan
ananda Qonita sudah baik “
* biasanya yang gampang membuat
deskripsi dimulai dari nilai tertinggi sampai pada nilai terendah.
* tidak boleh menggunakan kata
tetapi/akan tetapi dalam penulisan deskripsi nilai rapor siswa.
KI.2
( aspek sosial )
Untuk 8 aspek yang telah ditentukan,
qt boleh memilih 4 atau 5 untuk semester 1 dan sisanya untuk semester 2.
Misalkan disini qt mengambil 5 aspek dan setelah melakukan penilaian selama 5
kali pengamatan untuk siswa bernama Fatimah didapatkan jumlah nilai sebagai
berikut :
Dimana : D = disiplin, TJ = tanggung
jawab, SS = sopan santun, PD = Percaya diri, KS = kerjasama
Nama
siswa
|
D
|
TJ
|
SS
|
PD
|
KS
|
Fatimah
|
16 =
|
17 =
|
18 =
|
17 =
|
15 =
|
Ad’ha
|
14 =
|
15 =
|
12 =
|
16 =
|
17 =
|
Qonita
|
13 =
|
15 =
|
18 =
|
13 =
|
15 =
|
Acuan Ketuntasan belajar :
Predikat
|
Nilai
Kompetensi
|
||
Pengetahuan
|
Keterampilan
|
Sikap
|
|
A
|
4
|
4
|
SB
|
A-
|
3.66
|
3.66
|
|
B+
|
3.33
|
3.33
|
B
|
B
|
3
|
3
|
|
B-
|
2.66
|
2.66
|
|
C+
|
2.33
|
2.33
|
C
|
C
|
2
|
2
|
|
C-
|
1.66
|
1.66
|
|
D+
|
1.33
|
1.33
|
K
|
D
|
1
|
1
|
Jadi
nilai rapor Fatimah yang 3,28 masuk prediket B+
Jadi
nilai rapor Ad’ha yang 2,96 masuk prediket B
Jadi
nilai rapor Qonita yang 2,96 masuk prediket B
Deskripsinya
:
Fatimah
: “ Dalam semester ini sikap sosial ananda Fatimah
sudah baik “
Ad’ha
: “
Kerjasama dan percaya diri ananda Ad’ha sudah baik, masih memerlukan bimbingan
pada sikap sopan santunnya “
Qonita
: “
Sikap
sopan santun ananda Qonita sudah baik, masih membutuhkan bimbingan pada
disiplin dan percaya dirinya “
* biasanya yang gampang membuat
deskripsi dimulai dari nilai tertinggi sampai pada nilai terendah.
* tidak boleh menggunakan kata
tetapi/akan tetapi dalam penulisan deskripsi nilai rapor siswa.
KI.3
( aspek pengetahuan )
Untuk aspek pengetahuan, maka soal
ulangan bias dilakukan setiap selesai 1 subtema atau 2 subtema bahkan 1 tema.
Qlo 1 tema mungkin akan menyiksa siswa itu sendiri dalam memahaminya.
Dalam pembuatan soal ulangan bias
dilakukan per mata pelajaran atau digabung menjadi satu dalam 1 lembaran soal.
Misalnya kita ambil mata pelajaran Matematika yang terdiri 5 soal :
Nama
|
Nomor
Soal
|
Jumlah
|
Nilai
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
Fatimah
|
1
|
1
|
1
|
0
|
1
|
4
|
|
Ad’ha
|
1
|
0
|
1
|
0
|
1
|
3
|
|
Qonita
|
1
|
1
|
0
|
0
|
0
|
2
|
Adapun
syarat kelulusan tetap mengacu kepada :
a) Untuk KD pada KI-3 dan KI-4, seorang peserta didik dinyatakan belum
tuntas belajar untuk menguasai KD yang dipelajarinya apabila menunjukkan
indikator nilai < 2.66 dari hasil
tes formatif.
b) Untuk KD pada KI-3 dan KI-4, seorang peserta didik dinyatakan sudah
tuntas belajar untuk menguasai KD yang dipelajarinya apabila menunjukkan
indikator nilai ≥ 2.66 dari hasil
tes formatif.
c) Untuk KD pada KI-1 dan KI-2, ketuntasan seorang peserta didik dilakukan
dengan memperhatikan aspek sikap pada KI-1 dan KI-2 untuk seluruh
matapelajaran, yakni jika profil sikap peserta didik secara umum berada pada kategori baik (B) menurut standar yang
ditetapkan satuan pendidikan yang bersangkutan
Petunjuk
pengisian rapor contoh I :
Misalkan ada 5 bidang studi yang
dipilih per subtema dan per anak/siswa :
Banyak
UH
|
Mata
Pelajaran
|
||||
PKn
|
B.Indo
|
Mtk
|
IPA
|
IPS
|
|
UH-1
|
75
|
80
|
85
|
80
|
80
|
UH-2
|
85
|
75
|
80
|
84
|
76
|
UH-3
|
85
|
78
|
80
|
82
|
78
|
UH-4
|
80
|
76
|
72
|
78
|
72
|
UH-5
|
80
|
78
|
70
|
75
|
70
|
Jumlah
|
405
|
387
|
387
|
399
|
376
|
Rata-rata
|
81
|
77
|
77
|
80
|
75
|
Setelah itu untuk tema 1, kita
misalkan telah mengambil 5 kali UH per subtema maka diperoleh :
Banyak
Tema
|
Mata
Pelajaran
|
||||
PKn
|
B.Indo
|
Mtk
|
IPA
|
IPS
|
|
Tema-1
|
81
|
77
|
77
|
80
|
75
|
Tema-2
|
80
|
85
|
80
|
78
|
80
|
Tema-3
|
78
|
86
|
79
|
75
|
78
|
Tema-4
|
83
|
83
|
76
|
82
|
85
|
Tema-5
|
81
|
88
|
80
|
82
|
86
|
Jumlah
|
403
|
419
|
392
|
397
|
404
|
Rata-rata
|
81
|
84
|
78
|
79
|
81
|
Setelah itu, jumlah rata nilai tema 1 di olah
:
Nilai
81
ini merupakan ulangan harian (UH Total)
anak untuk semua tema pada satu semester ini yang terdiri dari 5 tema. Setelah itu ditambah Ujian Tengah Semester (UTS) :
Ditambah dengan nilai Ujian Akhir
Sekolah (UAS) :
Rumus untuk pengisian Rapor I :
* Nilai 80 ini adalah nilai rapor dan
dikonversikan menjadi
* Nilai 3,20 dideskripsikan melihat
kepada acuan ketuntasan.
Petunjuk
pengisian rapor contoh II :
Misalnya untuk mata pelajaran
Matematika :
Dikonversika :
KI.4
( aspek keterampilan )
Bisa menggunakan rubric penilaian.
Contoh penilaian Kurtilas ini sangat membantu teman-teman guru dalam membuat laporan nilai.
BalasHapusTerima kasih, jazakumullah khairan kasyira