SK/KD dan SKL Sekolah Dasar 2014/2015
STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR
(KD)
STANDAR KOMPETENSI
LULUSAN (SKL)
MATA PELAJARAN MATEMATIKA UNTUK SEKOLAH DASAR
(SD) /MADRASAH IBTIDAIYAH (MI)
A. Latar
Belakang
Matematika merupakan ilmu universal yang mendasari
perkembangan teknologi modern, mempunyai peran penting dalam berbagai disiplin
dan memajukan daya pikir manusia. Perkembangan
pesat di bidang teknologi informasi dan komunikasi dewasa ini dilandasi oleh
perkembangan matematika di bidang teori bilangan, aljabar, analisis, teori
peluang dan matematika diskrit. Untuk
menguasai dan mencipta teknologi di masa depan diperlukan penguasaan matematika
yang kuat sejak dini.
Mata pelajaran Matematika perlu diberikan kepada semua peserta didik mulai
dari sekolah dasar untuk membekali peserta didik dengan kemampuan berpikir
logis, analitis, sistematis, kritis, dan kreatif, serta kemampuan bekerjasama.
Kompetensi tersebut diperlukan agar peserta didik dapat memiliki kemampuan
memperoleh, mengelola, dan memanfaatkan informasi untuk bertahan hidup pada
keadaan yang selalu berubah, tidak pasti, dan kompetitif.
Standar kompetensi dan kompetensi dasar matematika dalam dokumen ini
disusun sebagai landasan pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan tersebut di
atas. Selain itu dimaksudkan pula untuk mengembangkan kemampuan menggunakan
matematika dalam pemecahan masalah dan mengkomunikasikan ide atau gagasan
dengan menggunakan simbol, tabel, diagram, dan media lain.
Pendekatan pemecahan masalah merupakan fokus dalam pembelajaran matematika
yang mencakup masalah tertutup dengan solusi tunggal, masalah terbuka dengan
solusi tidak tunggal, dan masalah dengan berbagai cara penyelesaian. Untuk
meningkatkan kemampuan memecahkan masalah perlu dikembangkan keterampilan
memahami masalah, membuat model matematika, menyelesaikan masalah, dan
menafsirkan solusinya.
Dalam setiap kesempatan, pembelajaran matematika hendaknya dimulai dengan
pengenalan masalah yang sesuai dengan situasi (contextual problem). Dengan mengajukan masalah kontekstual, peserta
didik secara bertahap dibimbing untuk menguasai konsep matematika. Untuk
meningkatkan keefektifan pembelajaran, sekolah diharapkan menggunakan teknologi
informasi dan komunikasi seperti komputer, alat peraga, atau media lainnya.
B. Tujuan
Mata pelajaran matematika bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan
sebagai berikut.
1.
Memahami konsep matematika,
menjelaskan keterkaitan antarkonsep dan mengaplikasikan konsep atau algoritma,
secara luwes, akurat, efisien, dan tepat, dalam pemecahan masalah
2.
Menggunakan penalaran pada
pola dan sifat, melakukan manipulasi matematika dalam membuat generalisasi,
menyusun bukti, atau menjelaskan gagasan dan pernyataan matematika
3.
Memecahkan masalah yang
meliputi kemampuan memahami masalah, merancang model matematika, menyelesaikan
model dan menafsirkan solusi yang diperoleh
4.
Mengomunikasikan gagasan
dengan simbol, tabel, diagram, atau media lain untuk memperjelas keadaan atau
masalah
5.
Memiliki sikap menghargai
kegunaan matematika dalam kehidupan, yaitu memiliki rasa ingin tahu, perhatian,
dan minat dalam mempelajari matematika, serta sikap ulet dan percaya diri dalam
pemecahan masalah.
C. Ruang Lingkup
Mata pelajaran Matematika pada satuan pendidikan SD/MI meliputi aspek-aspek
sebagai berikut.
1. Bilangan
2. Geometri dan Pengukuran
3. Pengolahan Data
D. Standar Kompetens dan Kompetensi Dasar
Kelas IV, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Komptensi Dasar
|
Bilangan
1. Memahami dan menggunakan sifat-sifat operasi hitung bilangan dalam pemecahan masalah
|
1.1.
Mengidentifikasi sifat-sifat operasi hitung
1.2.
Mengurutkan bilangan
1.3.
Melakukan operasi perkalian dan pembagian
1.4.
Melakukan operasi hitung campuran
1.5.
Melakukan penaksiran dan pembulatan
1.6
Memecahkan masalah yang melibatkan uang
|
Bilangan
2. Memahami dan menggunakan factor dan kelipatan dalam pemecahan masalah
|
2.1
Mendeskripsikan konsep factor dan kelipatan
2.2.
Menentukan kelipatan dan factor suatu bilangan.
2.3.
Menentukan kelipatan persekutuan terkecil
(KPK) dan factor persekutuan terbesar
(FPB)
2.4.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
KKP dan FPB
|
GEOMETRI DAN PENGUKURAN
3. Menggunakan pengukuran
sudut, panjang, dan berat dalam pemecahan masalah
|
3.1 Menentukan besar sudut dengan satuan tidak baku dan satuan derajat
3.2 Menentukan hubungan antar satuan waktu, antar satuan panjang, dan antar satuan berat
3.3 Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan satuan waktu,
panjang, dan berat
3.4
Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan satuan kuantitas
|
GEOMETRI DAN PENGUKURAN
4. Menggunakan konsep keliling dan luas bangun datar sederhana dalam pemecahan masalah
|
4.1 Menentukan keliling dan luas jajargenjang dan segitiga
4.2 Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan keliling dan luas jajargenjang dan segitiga
|
Kelas IV, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
5. Menjumlahkan dan mengurangkan bilangan bulat
|
5.1 Mengurutkan bilangan bulat.
5.2 Menjumlahkan bilangan bulat
5.3 Mengurangkan bilangan bulat.
5.4 Melakukan operasi hitung campuran.
|
6. Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah
|
6.1 Menjelaskan arti pecahan dan urutannya.
6.2 Menyederhan akan berbagai bentuk pecahan
6.3. Menjumlahkan pecahan.
6.4. Mengurangkan pecahan.
6.5. Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan pecahan
|
7. Menggunakan lambang bilangan Romawi
|
7.1 Mengenal lambang bilangan Romawi .
7.2. Menyatakan bilangan cacah sebagai bilangan Romawi dan sebaliknya
|
8. Memahami sifat bangun ruang sederhana dan hubungan antar bangun datar
|
8.1 Menentukan sifat-sifat bangun ruang sederhana.
8.2. Menentukan jaring-jaring balok dan kubus.
8.3. Mengidentifikasi benda-benda dan bangun datar simetris.
8.4. Menentukan hasil
pen-cerminan suatu bangun datar.
|
Kelas V, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Komptensi Dasar
|
Bilangan
1. Melakukan operasi hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah
|
1.1 Melakukan operasi hitung bilangan bulat termasuk penggunaan sifat-sifatnya, pembulatan, dan penaksiran
1.2 Menggunakan faktor prima untuk menentukan KPK dan FPB
1.3 Melakukan operasi hitung campuran bilangan bulat
1.4 Menghitung perpangkatan dan akar sederhana
1.5 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi hitung, KPK dan FPB
|
Geometri dan Pengukuran
2. Menggunakan pengukuran waktu, sudut,
jarak, dan kecepatan dalam pemecahan masalah
|
2.1 Menuliskan tanda waktu dengan menggunakan notasi 24 jam
2.2 Melakukan operasi hitung satuan waktu
2.3 Melakukan pengukuran sudut
2.4 Mengenal satuan jarak dan kecepatan
2.5 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan waktu, jarak, dan kecepatan
|
3. Menghitung luas bangun datar sederhana dan menggunakannya dalam pemecahan masalah
|
3.1 Menghitung luas trapezium dan laying-layang
3.2 Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan luas bangun datar
|
4. Menghitung volume kubus dan balok dan menggunakannya dalam pemecahan masalah
|
4.1 Menghitung volume kubus dan balok
4.2 Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan volume kubus dan balok
|
Kelas V, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Bilangan
5. Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah
|
5.1 Mengubah pecahan kebentuk persen dan decimal serta sebaliknya
5.2 Menjumlahkan dan mengurangkan berbagai bentuk pecahan
5.3 Mengalikan dan membagi berbagai bentuk pecahan
5.4 Menggunakan pecahan dalam masalah perbandingan dan skala
|
Geometri dan Pengukuran
6. Memahami sifat-sifat bangun dan hubungan antar bangun
|
6.1 Mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar
6.2 Mengidentifikasi sifat-sifat bangun ruang
6.3 Menentukan jaring-jaring berbagai bangun ruang sederhana
6.4 Menyelidiki sifat-sifat kesebangunan dan simetri
6.5 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bangun datar dan bangun ruang sederhana
|
Xc n nn nxz
Kelas VI, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Komptensi Dasar
|
Bilangan
1. Melakukan operasi
Hitung bilangan bulat
Dalam pemecahan
masalah
|
1.1 Menggunakan sifat-sifat operasi hitung termasuk operasi campuran, FPB dan KPK
1.2 Menentukan akar pangkat tiga suatu bilangan kubik
1.3 Menyelesaikan masalah yang melibatkan operasi hitung termasuk penggunaan akar dan pangkat
|
Geometri dan Pengukuran
2. Menggunakan pengukuran waktu, sudut, jarak, dan kecepatan dalam pemecahan masalah
|
2.1 Mengenal satuan debit
2.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan satuan debit
|
3. Menghitung luas segi banyak sederhana,
luas lingkaran, dan volume prisma segitiga
|
3.1 Menghitung luas segi banyak yang merupakan gabungan dari dua bangun datar sederhana
3.2 Menghitung luas lingkaran
3.3 Menghitung volume prisma segitiga dan tabung lingkaran
|
Pengolahan Data
4. Mengumpulkan dan mengolah data
|
4.1 Mengumpulkan dan membaca data
4.2 Mengolah dan menyajikan data dalam bentuk tabel
4.3 Menafsirkan sajian data
|
Kelas VI, Semester 2
StandarKompetensi
|
KompetensiDasar
|
Bilangan
5. Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah
|
5.1 Menyederhanakan dan mengurutkan pecahan
5.2 Mengubah bentuk pecahan kebentuk desimal
5.3 Menentukan nilai pecahan dari suatu bilangan atau kuantitas tertentu
5.4 Melakukan operasi hitung yang melibatkan berbagai bentuk pecahan
5.5 Memecahkan masalah perbandingan dan skala
|
GeometridanPengukuran
6. Menggunakan system koordinat dalam pemecahan masalah
|
6.1 Membuat denah letak benda
6.2 Mengenal koordinat posisi sebuah benda
6.3 Menentukan posisi titik dalam system koordinat Kartesius
|
Pengolahan Data
7. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan data
|
7.1 Menyajikan data kebentuk table dan diagram gambar, batang dan lingkaran
7.2 Menentukan rata-rata hitungdan modus sekumpulan
data
7.3 Mengurutkan data termasuk menentukan nilai tertinggi dan terendah
7.4 Menafsirkan hasil pengolahan data
|
E. Arah
Pengembangan
Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indicator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.
KELAS 1 s,d 3 NYA MANA NI....
BalasHapus