Silabus Tema 8 : Daerah Tempat Tinggalku Kelas 4 Kurikulum 2013



  28 November 2012
SILABUS
Kelas IV
Tema 8 : Daerah Tempat Tinggalku
Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah



KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
TAHUN 2012


Kelas                : IV
Tema 8             : Daerah Tempat Tinggalku
Alokasi Waktu  : 3 Minggu

Mata Pelajaran dan Kompetensi Dasar
Indikator
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi Waktu
Sumber Belajar



MINGGU 1



PPKn
·   Menerima tempat tinggal dan  lingkungannya sebagai bagian NKRI (misal: empati terhadap kehidupan di sekitarnya) (KI 2)

Mendeskripsikan wilayah tempat tinggal dan lingkungannya dengan kreatif






·      Menyebutkan tempat tinggalnya dan batas-batas wilayah tempat tinggalnya tersebut dengan rasa percaya diri
·      Menuliskan letak wilayah tempat tinggal masing-masing lengkap dengan batas-batasnya
·      Mengomentari tulisan teman di kelas dengan tanggungjawab

Penilaian
Tertulis : Pemahaman tentang batas-batas wilayah tempat tinggal
Produk: tulisan tentang wilayah tempat tinggal


 6 jp

Buku Tematik Kelas IV


Bahasa Indonesia
·   Mendengarkan informasi berdasarkan penjelasan mengenai denah

·    Mencatat hal-hal penting berdasarkan penjelasan tentang pembuatan denah (konsep arah, titik lokasi, perbandingan jarak)
·    Membuat denah berdasarkan penjelasan dari guru atau teman.
·    Menjelaskan denah yang dibuat


·   Menyanyikan lagu tentang daerah tempat tinggal (jika ada)
·   Mengamati contoh gambar denah (arah, jarak, lokasi) tempat tinggal
·   Menyimak  penjelasan dari teman atau  tentang denah dan mencatat hal-hal penting (arah, jarak, dan titik lokasi)
·   Membuat denah berdasarkan penjelasan
·   Menjelaskan denah yang dibuat.

Penilaian :
Produk: membuat denah berdasarkan penjelasan yang didengarkan dengan kriteria ketepatan perbandingan jarak, arah, dan titik lokasi

Tes lisan: Menjelaskan denah yang dibuat dengan menggunakan kriteria ketepatan perbandingan jarak, arah, dan titik lokasi.


6 jp

Buku Tematik Kelas IV


·   Menjelaskan kembali  isi   informasi yang disampaikan dalam bentuk denah (dengan membuat denah)
·    Mengidentifikasi arah dalam denah.
·    Mencatat hal-hal penting dalam denah dengan teliti (arah, nama jalan, bangunan)
·    Menjelaskan letak dalam denah menuju suatu tempat.
·   Mengamati suatu tempat dalam denah
·   Mengidentifikasi arah dalam denah.
·   Mencatat arah, nama jalan, bangunan, jarak, titik lokasi suatu tempat dalam denah.
·   Menjelaskan arah dalam denah menuju letak suatu tempat.

Penilaian :
Tes lisan: Menjawab pertanyaan berdasarkan denah yang disajikan, kriteria penilaian meliputi ketepatan menunjukkan letak dan arah suatu tempat



4 jp
Buku Tematik Kelas IV


Matematika
Mengenal konsep pecahan senilai dan melakukan operasi hitung pecahan menggunakan benda kongkrit/gambar  (k3)


·      Menuliskan nilai pecahan dari gambar atau kuantitas yang diberikan
·      Membandingkan suatu pecahan lebih dari atau kurang dari pecahan lain berdasarkan representasi gambarnya
·      Menyajikan berbagai pecahan ke bentuk gambar atau garis bilangan dan mengurutkannya
·       Menyajikan suatu pecahan ke berbagai bentuk gambar
·      Menyajikan berbagai pecahan senilai ke berbagai bentuk gambar
·      Menentukan bentuk paling sederhana dari sekelompok pecahan senilai
·      Menyederhanakan pecahan dengan membaginya dengan FPB dari pembilang dan penyebut
·         
untuk menentukan pembilan dan penyebut suatu pecahan
·        Menuliskan nilai pecahan dari gambar atau kuantitas yang diberikan
·        Membandingkan suatu pecahan lebih dari atau kurang dari pecahan lain berdasarkan representasi gambarnya
·        Menyajikan berbagai pecahan ke bentuk gambar atau garis bilangan dan mengurutkannya
·        Menyajikan suatu pecahan ke berbagai bentuk gambar
·        Menyajikan berbagai pecahan senilai ke berbagai bentuk gambar
·        Menentukan bentuk paling sederhana dari sekelompok pecahan senilai
·        Menyederhanakan pecahan dengan membaginya dengan FPB dari pembilang dan penyebut

Penilaian :
·         Unjuk kerja : menunjukkan pecahan senilai berdasarkan gambar-gambar yag diberikan
·         Tes tertulis :  menyederhanakan pecahan


6JP

Buku Tematik Kelas IV


Penjasorkes
Memahami jenis cidera selama melakukan aktivitas fisik dan mampu melakukan pertolongan pertama

Mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak dasar untuk membentuk gerakan dasar  atletik jalan  dan lari  yang dilandasi konsep gerak melalui permainan dan atau tradisional

Mempraktikkan variasi dan  kombinasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif dalam permainan bola kecil yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional bola kecil





Menyebutkan penyebab cidera



Memperagakan kombinasi gerak dasar jalan





Menerapkan variasi dan kombinasi pola gerak lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif dalam  permainan kasti












Mengidentifkasi jenis cidera yang mungkin terjadi berdasarkan jenis aktivitas fisik yang dilakukan


Berlari langkah kuda/hop bergandengan tangan secara berpasangan dengan menunjukkan nilai kerjasama, toleransi




Menangkap bola mendatar dengan satu /dua tangan bola secara berpasangan atau berkelompok dengan menunjukkan prilaku kerjasama, percaya  diri, disiplin, toleransi, menjaga keselamatan diri dan orang lain, dan menghargai perbedaan



Penilaian:
Tertulis: menyebutkan jenis cidera saat melakukan aktivitas fisik
Unjuk kerja: berlari langkah kuda/hop bergandengan tangan dan menangkap bola mendatar dengan satu /dua tangan
Pengamatan perilaku








4 JP

Buku pegangan siswa
Kapur
Pluit
Bola kasti

Seni Budaya dan Prakarya
·            Membedakan panjang-pendek bunyi, tinggi- rendah nada dengan gerak tangan (KI 3)


·            Menunjukkan panjang-pendek bunyi dengan gerak tangan
·            Menunjukan  tinggi- rendah nada dengan geraktangan
·            Menyanyikan lagu dengan mempraktekkan panjang-pendek bunyi, tinggi- rendah nada dengan gerak tangan


·            Mencari tau panjang-pendek bunyi, tinggi- rendah nada dengan gerak tangan melalui bernyanyi , membaca buku, majalah, atau media lain yang ada disekolah dll
·            Menyanyikan lagu dengan mempraktekkan panjang-pendek bunyi, tinggi- rendah nada dengan gerak tangan

Penilaian :
Tertulis : Membedakan panjang-pendek bunyi, tinggi- rendah nada dengan gerak tangan


·         6 JP

Buku Tematik Kelas IV



·       
MINGGU 2



PPKn
·   Menerima tempat tinggal dan  lingkungannya sebagai bagian NKRI (misal: empati terhadap kehidupan di sekitarnya) (KI 2)

·      Mendeskripsikan wilayah tempat tinggal dan lingkungannya dengan kreatif






·    Membuat denah tempat tinggal masing-masing siswa
·    Melakukan wawancara dengan pengurus RT dan RW mengenai tempat tinggal dan lingkungan RT dan RW ( penugasan di rumah)
·    Melaporkan hasil wawancara dengan pengurus RT dan RW

Penilaian:
    Produk (denah tempat tinggal dan hasil wawancara )


 6 jp

Buku Tematik Kelas IV


Bahasa Indonesia
Membaca teks tentang berbagai topik, membuat pertanyaan, dan menuliskan gagasan pokok

·      Menyusun pertanyaan-pertanyaan dengan benar mengenai isi teks bacaan
·      Menentukan dengan tepat gagasan pokok paragraf yang ada dalam teks bacaan

·      Membaca di dalam hati teks bacaan tentang “Daerah Tempat Tinggalku”
·      Membuat pertanyaan-pertanyaan tentang isi teks bacaan
·      Menukarkan pertanyaan-pertanyaan dengan teman untuk saling menjawab
·      Menentukan dan menulis gagasan pokok paragraf-paragraf yang ada di dalam teks bacaan
·      Membandingkan gagasan pokok yang ditentukan sendiri dengan gagasan pokok yang ditulis teman

Penilaian :
Tes tertulis
Ketepatan pertanyaan dengan isi teks bacaan
Ketepatan dalam menentukan gagasan pokok paragraf


6 jp

Buku Tematik Kelas IV


·   Membaca dan menemukan makna kata dalam kamus /ensiklopedia
·    Membuka kamus dengan benar
untuk menemukan makna kata-kata sulit
·    Menyusun kalimat dengan menggunakan kata-kata sulit yang telah ditemukan artinya di dalam kamus/ensiklopedia
·      Membaca kembali teks bacaan “Daerah Tempat Tinggalku”
·      Mencatat kata-kata  yang dianggap sulit artinya yang ada dalam teks bacaan
·      Membuka kamus/ensiklopedia, lalu menemukan arti dan makna kata-kata  tersebut sesuai dengan konteksnya
·      Menyusun kalimat dengan menggunakan kata-kata sulit yang telah ditemukan artinya di dalam kamus/ensiklopedia
Penilaian
Tes Tertulis:  
·    Menemukan kata-kata sulit di dalam teks bacaan
·    Membuka kamus dengan benar
·    Menyusun kata-kata sulit

Unjuk kerja cara membuka kamus/ensiklopedia untuk menemukan arti kata

4 jp
Kamus atau ensiklopedia
Matematika
Mengenal konsep pecahan senilai dan melakukan operasi hitung pecahan menggunakan benda kongkrit/gambar  (k3)



·      Menentukan hasil operasi hitung penjumlahan dan pengurangan pecahan
·      Menentukan hasil operasi hitung perkalian dan pembagian pecahan

·        Menentukan hasil operasi hitung penjumlahan dan pengurangan pecahan
·        Menentukan hasil operasi hitung perkalian dan pembagian pecahan
·        Menentukan hasil operasi hitung perkalian dan pembagian pecahan

Penilaian :
·        Unjuk kerja : menunjukkan hasil operasi hitung pecahan menggunakan benda konkrit
·        Tes tertulis : menentukan hasil operasi hitung pecahan dalam bentuk pecahan yang paling sederhana

6 Jp

Buku Tematik Kelas IV

Penjasorkes
Memahami cara pengukuran tinggi dan berat badan ideal


Mempraktikkan kombinasi pola gerak dominan untuk membentuk keterampilan/ teknik dasar senam (seperti: hand stand, kayang, dsb) dan  kombinasi pola gerak dominan posisi statis dan dinamis,  tumpuan dan gantungan (misalnya: gerak hand stand berpasangan) secara berpasangan

Mempraktikkan kombinasi pola gerak dominan untuk membentuk keterampilan/ teknik dasar senam (seperti: hand stand, kayang, dsb) dan  kombinasi pola gerak dominan posisi statis dan dinamis,  tumpuan dan gantungan (misalnya: gerak hand stand berpasangan) secara berpasangan

Mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak dasar untuk membentuk gerakan dasar  atletik jalan  dan lari  yang dilandasi konsep gerak melalui permainan dan atau tradisional

Menetapkan level ukuran ideal atau tidaknya tinggi dan berat badan


Memperagakan teknik dasar senam  








Memperagakan kombinasi pola gerak dominan posisi statis dan dinamis






Memperagakan kombinasi gerak dasar lari


Menetapkan berat badan idel untuk usia Remaja menggunakan skala ukur: BBI = (tinggi badan – 100) x 90% 


Memperagakan gerakan hand stand secara mandiri








Berjalan di atas balok titian dengan membawa beban ringan







Berlari  jinjit ke berbagai arah mengikuti aba-aba

Penilaian :
Tertulis : menghitung berat badan menggunakan skala ukur BBI = (tinggi badan – 100) x 90%
Unjuk kerja: memperagakan gerakan hand stand, berjalan di atas balok titian dengan membawa beban ringan, dan Berlari  jinjit ke berbagai arah mengikuti aba-aba



4JP

Papan titian
Matras
Kapur
Pluit
Buku pegangan siswa
Seni Budaya dan Prakarya
Memperagakan makna gerak ke dalam bentuk tari bertema dengan mengacu pada gaya tari daerah berdasarkan ruang gerak dan pola lantai   (KI 4)

·      Menerapkan gerak tari bermakna yang mengacu pada gaya tari daerah dengan iringan
·      Mengharmoniskan tari bermakna yang mengacu pada gaya tari daerah antara ruang gerak. Pola lantai dan iringan

·         Mengamati tayangan ( CD, Casette atau media lain ) makna gerak tari bertema dengan mengacu pada gaya tari daerah berdasarkan ruang gerak dan pola lantai  
·         Mendiskusikan gerak ke dalam bentuk tari bertema dengan mengacu pada gaya tari daerah berdasarkan ruang gerak dan pola lantai 
·          Menari sesuai makna gerak ke dalam bentuk tari bertema dengan mengacu pada gaya tari daerah berdasarkan ruang gerak dan pola lantai.

Penilaian :
·        Unjuk kerja : Menari sesuai makna gerak ke dalam bentuk tari bertema dengan mengacu pada gaya tari daerah berdasarkan ruang gerak dan pola lantai


6 jp

Buku Tematik Kelas IV



MINGGU 3


PPKn
·   Menerima tempat tinggal dan  lingkungannya sebagai bagian NKRI (misal: empati terhadap kehidupan di sekitarnya) (KI 2)

Membiasakan diri turut serta dalam upaya menjaga kebersihan tempat tinggal dan lingkungannya dengan penuh tanggungjawab


·      Menunjukkan bentuk partisipasi dalam upaya menjaga kebersihan tempat tinggal dan lingkungannya
·      Menuliskan pengalaman menjaga kebersihan tempat tinggal dan lingkungannya.

Penilaian :
Unjuk Kerja : Pengamatan terhadap perilaku peserta didik dalam upaya menjaga kebersihan tempat tinggal dan lingkungannya


 6 jp

Buku Tematik Kelas IV

Bahasa Indonesia
Membaca naskah drama anak-anak (tentang berbagai topik) dan memerankannya dengan ekspresi yang sesuai

·    Menyebutkan tokoh, tema, dan latar dalam teks drama anak
·    Mencatat tokoh, tema, dan latar dalam drama anak.
·    Menjawab pertanyaan berdasarkan isi teks drama anak.
·    Menjelaskan isi teks drama anak (tokoh, watak, latar, alur) dalam drama di hadapan teman sekelas
·    Memerankan drama anak

·      Membaca teks drama anak
·      Mengidentifikasi nama tokoh, watak, latar, dan alur dalam teks drama anak.
·      Mencatat nama tokoh, watak, latar, dan alur teks drama anak.
·      Menjawab pertanyaan berdasarkan isi teks drama anak.
·      Menjelaskan isi teks drama anak (nama tokoh, watak, latar, dan alur)
·      Memerankan drama anak sesuai dengan watak tokoh, latar, dan alur
Penilaian
Tes tertulis: Menjawab pertanyaan sesuai isi teks drama dengan benar

Unjuk kerja: Memerankan drama anak sesuaidengan watak tokoh, latar, dan alur

10 jp

Buku Tematik Kelas IV

Matematika
§ Menyatakan pecahan ke bentuk decimal dan persen (K4)



§ Mengubah pecahan ke bentuk desimal (untuk jumlah desimal terbatas)
§ Mengubah bentuk desimal ke bentuk pecahan
§ Mengubah pecahan ke bentuk persen
§ Mengubah bentuk persen ke bentuk pecahan



·     Mendiskusikan  penggunaan pecahan, desimal, dan persen dalam kehidupan sehari-hari
·     Mengubah pecahan ke bentuk desimal
·     Mengubah desimal ke bentuk pecahan
·     Mengubah pecahan ke bentuk persen
·     Mengubah bentuk persen ke bentuk pecahan
Penilaian :

·     Tes tertulis  : Mengubah bentuk pecahan ke bentuk desimal dan persen


6JP

Buku Tematik Kelas IV

Penjasorkes
Mempraktikkan  pola gerak dasar berirama  bertema budaya daerah yang sudah dikenal yang dilandasi konsep gerak mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik

Memperagakan pola gerak dasar berirama bertema daerah

Mempraktikkan gerak  tari bertema daerah secara individu/berpasaangan/berkelompok dengan menunjukkan perilaku kerjasama, percaya  diri, disiplin, toleransi, menjaga keselamatan diri dan orang lain, dan menghargai perbedaan  selama melakukan aktivitas

Penilaian:
Unjuk kerja: kebenaran gerakan, kesesuaian gerakan dengan irama, dan kekompakan tim
Pengamatan perilaku


4 JP

Buku pegangan siswa
Tape recorder
Seni Budaya dan Prakarya
Membuat karya teknologi sederhana dengan tali sebagai tenaga penggerak     (KI 4)
·       Merancang aneka layang-layang minimal 3 sketsa ide
·       Mengumpulkan bahan dan alat pembuatan layang-layang
·       Membuat kreasi layang-layang berdasarkan sketsa ide
·       Membuat hiasan permukaan layang-layang baik dengan teknik lukis maupun tempel
·       Mengevaluasi karya layang-layang

·      Mendiskusikan cara membuat layang-layang
·      Merancang karya layang-layang yang dapat dimanfaatkan untuk rekreasi
·      Mengumpulkan bahan dan alat untuk membuat laying-layang
·      Membuat karya layang-layang dengan berbagai teknik dan bahan
·      Membuat sentuhan akhir atau hiasan pada karya layang-layang yang sudah dibuat
·      Mengomentari layang-layang hasil karya sendiri dan karya temannya
Penilaian :
·         Proses pembuatan layang-layang
·         Produk: layang-layang yang dihasilkan

6 jp
Buku Tematik Kelas IV












Komentar

Postingan populer dari blog ini

CONTOH WAWANCARA GURU DAN SISWA

Contoh Rencana Kegiatan Sekolah (RKS)

Ciri-Ciri Guru yang Enggan Mendampingi Peserta Didiknya di Sekolah