Silabus Tema 8 : Daerah Tempat Tinggalku Kelas 4 Kurikulum 2013
28 November 2012
SILABUS
Kelas IV
Tema 8 : Daerah Tempat
Tinggalku
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
TAHUN 2012
Kelas :
IV
Tema 8 :
Daerah Tempat Tinggalku
Alokasi Waktu :
3 Minggu
Mata
Pelajaran dan Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
|||||
MINGGU 1
|
|||||||||
PPKn
·
Menerima
tempat tinggal dan lingkungannya
sebagai bagian NKRI (misal: empati terhadap kehidupan di sekitarnya) (KI 2)
|
Mendeskripsikan wilayah tempat tinggal dan
lingkungannya dengan kreatif
|
·
Menyebutkan tempat tinggalnya dan
batas-batas wilayah tempat tinggalnya tersebut dengan rasa percaya diri
·
Menuliskan letak wilayah tempat tinggal
masing-masing lengkap dengan batas-batasnya
·
Mengomentari tulisan teman di kelas dengan
tanggungjawab
Penilaian
Tertulis : Pemahaman tentang batas-batas
wilayah tempat tinggal
Produk: tulisan tentang wilayah tempat
tinggal
|
6 jp
|
Buku Tematik Kelas IV
|
|||||
Bahasa Indonesia
·
Mendengarkan informasi berdasarkan penjelasan
mengenai denah
|
·
Mencatat
hal-hal penting berdasarkan penjelasan tentang pembuatan denah (konsep arah,
titik lokasi, perbandingan jarak)
·
Membuat
denah berdasarkan penjelasan dari guru atau teman.
·
Menjelaskan
denah yang dibuat
|
·
Menyanyikan
lagu tentang daerah tempat tinggal (jika ada)
·
Mengamati
contoh gambar denah (arah, jarak, lokasi) tempat tinggal
·
Menyimak penjelasan dari teman atau tentang denah dan mencatat hal-hal penting
(arah, jarak, dan titik lokasi)
·
Membuat
denah berdasarkan penjelasan
·
Menjelaskan
denah yang dibuat.
Penilaian
:
Produk: membuat denah berdasarkan penjelasan yang
didengarkan dengan kriteria ketepatan perbandingan jarak, arah, dan titik
lokasi
Tes lisan: Menjelaskan denah yang dibuat dengan
menggunakan kriteria ketepatan perbandingan jarak, arah, dan titik lokasi.
|
6 jp
|
Buku Tematik Kelas IV
|
|||||
·
Menjelaskan kembali
isi informasi yang disampaikan
dalam bentuk denah (dengan membuat denah)
|
·
Mengidentifikasi
arah dalam denah.
·
Mencatat
hal-hal penting dalam denah dengan teliti (arah, nama jalan, bangunan)
·
Menjelaskan
letak dalam denah menuju suatu tempat.
|
·
Mengamati suatu tempat dalam denah
·
Mengidentifikasi
arah dalam denah.
·
Mencatat
arah, nama jalan, bangunan, jarak, titik lokasi suatu tempat dalam denah.
·
Menjelaskan
arah dalam denah menuju letak suatu tempat.
Penilaian
:
Tes lisan: Menjawab pertanyaan berdasarkan denah yang
disajikan, kriteria penilaian meliputi ketepatan menunjukkan letak dan arah
suatu tempat
|
4 jp
|
Buku Tematik Kelas IV
|
|||||
Matematika
Mengenal konsep pecahan senilai dan melakukan
operasi hitung pecahan menggunakan benda kongkrit/gambar (k3)
|
· Menuliskan nilai pecahan dari gambar atau kuantitas yang diberikan
· Membandingkan suatu pecahan lebih dari atau kurang dari pecahan lain
berdasarkan representasi gambarnya
· Menyajikan berbagai pecahan ke bentuk gambar atau garis bilangan dan
mengurutkannya
· Menyajikan suatu
pecahan ke berbagai bentuk gambar
· Menyajikan berbagai pecahan senilai ke berbagai bentuk gambar
· Menentukan bentuk paling sederhana dari sekelompok pecahan senilai
·
Menyederhanakan pecahan dengan
membaginya dengan FPB dari pembilang dan penyebut
|
·
untuk menentukan pembilan dan penyebut suatu pecahan
·
Menuliskan nilai pecahan dari gambar atau kuantitas yang diberikan
·
Membandingkan suatu pecahan lebih dari atau kurang dari pecahan lain
berdasarkan representasi gambarnya
·
Menyajikan berbagai pecahan ke bentuk gambar atau garis bilangan dan
mengurutkannya
·
Menyajikan suatu
pecahan ke berbagai bentuk gambar
·
Menyajikan berbagai pecahan senilai ke berbagai bentuk gambar
·
Menentukan bentuk paling sederhana dari sekelompok pecahan senilai
·
Menyederhanakan pecahan dengan membaginya dengan FPB dari pembilang dan
penyebut
Penilaian :
·
Unjuk kerja :
menunjukkan pecahan senilai berdasarkan gambar-gambar yag diberikan
·
Tes tertulis : menyederhanakan pecahan
|
6JP
|
Buku Tematik Kelas IV
|
|||||
Penjasorkes
Memahami jenis cidera selama melakukan
aktivitas fisik dan mampu melakukan pertolongan pertama
Mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak dasar untuk
membentuk gerakan dasar atletik
jalan dan lari yang dilandasi konsep gerak melalui permainan dan
atau tradisional
Mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar
lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif dalam permainan bola kecil yang
dilandasi konsep gerak dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional
bola kecil
|
Menyebutkan penyebab
cidera
Memperagakan
kombinasi gerak dasar jalan
Menerapkan variasi dan
kombinasi pola gerak lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif dalam permainan kasti
|
Mengidentifkasi
jenis cidera yang mungkin terjadi berdasarkan jenis aktivitas fisik yang
dilakukan
Berlari langkah
kuda/hop bergandengan tangan secara berpasangan dengan menunjukkan nilai
kerjasama, toleransi
Menangkap bola
mendatar dengan satu /dua tangan bola secara berpasangan atau berkelompok
dengan menunjukkan prilaku kerjasama,
percaya diri,
disiplin, toleransi, menjaga keselamatan diri dan orang lain, dan menghargai
perbedaan
Penilaian:
Tertulis:
menyebutkan jenis cidera saat melakukan aktivitas fisik
Unjuk kerja:
berlari langkah kuda/hop bergandengan tangan dan menangkap bola mendatar
dengan satu /dua tangan
Pengamatan perilaku
|
4 JP
|
Buku pegangan siswa
Kapur
Pluit
Bola kasti
|
|||||
Seni Budaya dan Prakarya
·
Membedakan panjang-pendek bunyi, tinggi-
rendah nada dengan gerak tangan (KI 3)
|
·
Menunjukkan
panjang-pendek bunyi
dengan gerak tangan
·
Menunjukan
tinggi- rendah nada dengan geraktangan
·
Menyanyikan
lagu dengan mempraktekkan panjang-pendek bunyi, tinggi- rendah nada
dengan gerak tangan
|
·
Mencari
tau panjang-pendek bunyi, tinggi- rendah nada dengan gerak tangan melalui bernyanyi , membaca buku,
majalah, atau media lain yang ada disekolah dll
·
Menyanyikan
lagu dengan mempraktekkan panjang-pendek bunyi, tinggi- rendah nada
dengan gerak tangan
Penilaian
:
Tertulis : Membedakan panjang-pendek
bunyi, tinggi- rendah nada dengan gerak tangan
|
·
6 JP
|
Buku Tematik Kelas IV
|
|||||
·
|
MINGGU 2
|
||||||||
PPKn
·
Menerima
tempat tinggal dan lingkungannya
sebagai bagian NKRI (misal: empati terhadap kehidupan di sekitarnya) (KI 2)
|
·
Mendeskripsikan
wilayah tempat tinggal dan lingkungannya dengan kreatif
|
·
Membuat denah tempat tinggal masing-masing
siswa
·
Melakukan wawancara dengan pengurus RT dan
RW mengenai tempat tinggal dan lingkungan RT dan RW ( penugasan di rumah)
·
Melaporkan hasil wawancara dengan pengurus
RT dan RW
Penilaian:
Produk (denah tempat tinggal
dan hasil wawancara )
|
6 jp
|
Buku Tematik Kelas IV
|
|||||
Bahasa Indonesia
Membaca teks tentang berbagai topik, membuat pertanyaan, dan menuliskan gagasan pokok
|
·
Menyusun
pertanyaan-pertanyaan dengan benar mengenai isi teks bacaan
·
Menentukan
dengan tepat gagasan pokok paragraf yang ada dalam teks bacaan
|
·
Membaca
di dalam hati teks bacaan tentang “Daerah Tempat Tinggalku”
·
Membuat
pertanyaan-pertanyaan tentang isi teks bacaan
·
Menukarkan
pertanyaan-pertanyaan dengan teman untuk saling menjawab
·
Menentukan
dan menulis gagasan pokok paragraf-paragraf yang ada di dalam teks bacaan
·
Membandingkan
gagasan pokok yang ditentukan sendiri dengan gagasan pokok yang ditulis teman
Penilaian
:
Tes tertulis
Ketepatan pertanyaan dengan isi teks bacaan
Ketepatan dalam menentukan gagasan pokok
paragraf
|
6 jp
|
Buku Tematik Kelas IV
|
|||||
· Membaca dan menemukan makna kata dalam kamus /ensiklopedia
|
·
Membuka kamus dengan
benar
untuk menemukan makna kata-kata sulit
·
Menyusun kalimat
dengan menggunakan kata-kata sulit yang telah ditemukan artinya di dalam
kamus/ensiklopedia
|
·
Membaca kembali teks bacaan “Daerah Tempat Tinggalku”
·
Mencatat
kata-kata yang dianggap sulit artinya yang ada dalam teks bacaan
·
Membuka kamus/ensiklopedia, lalu menemukan arti dan makna
kata-kata tersebut sesuai dengan konteksnya
·
Menyusun kalimat
dengan menggunakan kata-kata sulit yang telah ditemukan artinya di dalam
kamus/ensiklopedia
Penilaian
Tes Tertulis:
·
Menemukan kata-kata
sulit di dalam teks bacaan
·
Membuka kamus
dengan benar
·
Menyusun kata-kata
sulit
Unjuk kerja cara membuka kamus/ensiklopedia untuk
menemukan arti kata
|
4 jp
|
Kamus atau ensiklopedia
|
|||||
Matematika
Mengenal konsep pecahan senilai dan melakukan
operasi hitung pecahan menggunakan benda kongkrit/gambar (k3)
|
·
Menentukan hasil operasi
hitung penjumlahan dan pengurangan pecahan
·
Menentukan hasil operasi hitung perkalian dan pembagian pecahan
|
·
Menentukan hasil operasi
hitung penjumlahan dan pengurangan pecahan
·
Menentukan hasil operasi hitung perkalian dan pembagian pecahan
·
Menentukan hasil operasi
hitung perkalian dan pembagian pecahan
Penilaian :
·
Unjuk kerja :
menunjukkan hasil operasi hitung pecahan menggunakan benda konkrit
·
Tes tertulis :
menentukan hasil operasi hitung pecahan dalam bentuk pecahan yang paling
sederhana
|
6 Jp
|
Buku Tematik Kelas IV
|
|||||
Penjasorkes
Memahami cara pengukuran tinggi dan berat
badan ideal
Mempraktikkan kombinasi pola gerak dominan
untuk membentuk keterampilan/ teknik dasar senam (seperti: hand stand,
kayang, dsb) dan kombinasi pola
gerak dominan posisi statis dan dinamis,
tumpuan dan gantungan (misalnya: gerak hand stand berpasangan) secara
berpasangan
Mempraktikkan kombinasi pola gerak dominan
untuk membentuk keterampilan/ teknik dasar senam (seperti: hand stand,
kayang, dsb) dan kombinasi pola
gerak dominan posisi statis dan dinamis,
tumpuan dan gantungan (misalnya: gerak hand stand berpasangan) secara
berpasangan
Mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak dasar untuk
membentuk gerakan dasar atletik
jalan dan lari yang dilandasi konsep gerak melalui permainan dan
atau tradisional
|
Menetapkan level ukuran
ideal atau tidaknya tinggi dan berat badan
Memperagakan teknik dasar senam
Memperagakan
kombinasi pola gerak dominan posisi statis dan dinamis
Memperagakan
kombinasi gerak dasar lari
|
Menetapkan berat
badan idel untuk usia Remaja menggunakan skala ukur: BBI = (tinggi badan –
100) x 90%
Memperagakan
gerakan hand stand secara mandiri
Berjalan di atas
balok titian dengan membawa beban ringan
Berlari jinjit ke berbagai arah mengikuti aba-aba
Penilaian :
Tertulis :
menghitung berat badan menggunakan skala ukur BBI = (tinggi badan – 100) x
90%
Unjuk kerja:
memperagakan gerakan hand stand, berjalan di atas balok titian dengan membawa
beban ringan, dan Berlari jinjit ke
berbagai arah mengikuti aba-aba
|
4JP
|
Papan titian
Matras
Kapur
Pluit
Buku pegangan siswa
|
|||||
Seni Budaya dan Prakarya
Memperagakan makna gerak ke dalam bentuk
tari bertema dengan mengacu pada gaya tari daerah berdasarkan ruang gerak dan
pola lantai (KI 4)
|
·
Menerapkan gerak tari bermakna yang mengacu pada gaya tari
daerah dengan iringan
· Mengharmoniskan tari
bermakna yang mengacu pada gaya tari daerah antara ruang gerak. Pola lantai
dan iringan
|
·
Mengamati tayangan ( CD, Casette atau
media lain ) makna gerak tari bertema dengan mengacu pada gaya tari daerah
berdasarkan ruang gerak dan pola lantai
·
Mendiskusikan gerak ke dalam bentuk
tari bertema dengan mengacu pada gaya tari daerah berdasarkan ruang gerak dan
pola lantai
·
Menari
sesuai makna
gerak ke dalam bentuk tari bertema dengan mengacu pada gaya tari daerah
berdasarkan ruang gerak dan pola lantai.
Penilaian :
·
Unjuk
kerja : Menari sesuai makna
gerak ke dalam bentuk tari bertema dengan mengacu pada gaya tari daerah
berdasarkan ruang gerak dan pola lantai
|
6 jp
|
Buku Tematik Kelas IV
|
|||||
MINGGU 3
|
|||||||||
PPKn
·
Menerima
tempat tinggal dan lingkungannya
sebagai bagian NKRI (misal: empati terhadap kehidupan di sekitarnya) (KI 2)
|
Membiasakan diri turut serta dalam upaya
menjaga kebersihan tempat tinggal dan lingkungannya dengan penuh
tanggungjawab
|
· Menunjukkan
bentuk partisipasi dalam upaya menjaga kebersihan tempat tinggal dan
lingkungannya
· Menuliskan
pengalaman menjaga kebersihan tempat tinggal dan lingkungannya.
Penilaian
:
Unjuk Kerja : Pengamatan
terhadap perilaku peserta didik dalam upaya menjaga kebersihan tempat tinggal
dan lingkungannya
|
6 jp
|
Buku Tematik Kelas IV
|
|||||
Bahasa Indonesia
Membaca naskah drama anak-anak (tentang berbagai topik)
dan memerankannya dengan ekspresi yang sesuai
|
· Menyebutkan tokoh, tema, dan latar dalam teks drama anak
·
Mencatat tokoh, tema, dan latar
dalam drama anak.
·
Menjawab pertanyaan
berdasarkan isi teks drama anak.
·
Menjelaskan isi teks
drama anak (tokoh, watak, latar, alur) dalam drama di hadapan teman sekelas
·
Memerankan drama anak
|
· Membaca teks drama anak
· Mengidentifikasi nama tokoh, watak, latar, dan alur
dalam teks drama anak.
· Mencatat nama tokoh, watak, latar, dan alur teks drama
anak.
· Menjawab pertanyaan berdasarkan isi teks drama anak.
· Menjelaskan isi teks drama anak (nama tokoh, watak,
latar, dan alur)
· Memerankan drama anak sesuai dengan watak tokoh,
latar, dan alur
Penilaian
Tes tertulis:
Menjawab pertanyaan sesuai isi teks drama dengan benar
Unjuk kerja: Memerankan drama anak sesuaidengan watak tokoh, latar,
dan alur
|
10 jp
|
Buku Tematik Kelas IV
|
|||||
Matematika
§ Menyatakan pecahan ke bentuk decimal dan persen (K4)
|
§ Mengubah pecahan ke bentuk desimal
(untuk jumlah desimal terbatas)
§
Mengubah bentuk desimal
ke bentuk pecahan
§ Mengubah pecahan ke bentuk persen
§
Mengubah bentuk persen ke
bentuk pecahan
|
·
Mendiskusikan penggunaan pecahan, desimal, dan persen
dalam kehidupan sehari-hari
·
Mengubah pecahan ke
bentuk desimal
·
Mengubah desimal ke
bentuk pecahan
·
Mengubah pecahan ke
bentuk persen
·
Mengubah bentuk
persen ke bentuk pecahan
Penilaian :
·
Tes tertulis : Mengubah bentuk pecahan ke bentuk desimal
dan persen
|
6JP
|
Buku Tematik Kelas IV
|
|||||
Penjasorkes
Mempraktikkan pola gerak dasar berirama bertema budaya daerah yang sudah dikenal
yang dilandasi konsep gerak mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik
|
Memperagakan pola
gerak dasar berirama bertema daerah
|
Mempraktikkan gerak tari bertema daerah secara
individu/berpasaangan/berkelompok dengan menunjukkan perilaku kerjasama, percaya diri, disiplin,
toleransi, menjaga keselamatan diri dan orang lain, dan menghargai perbedaan selama melakukan aktivitas
Penilaian:
Unjuk kerja: kebenaran gerakan, kesesuaian
gerakan dengan irama, dan kekompakan tim
Pengamatan perilaku
|
4 JP
|
Buku pegangan siswa
Tape recorder
|
|||||
Seni Budaya dan Prakarya
Membuat karya teknologi
sederhana dengan tali sebagai tenaga penggerak (KI 4)
|
·
Merancang aneka layang-layang minimal 3 sketsa ide
·
Mengumpulkan bahan dan alat pembuatan layang-layang
·
Membuat kreasi layang-layang berdasarkan sketsa ide
·
Membuat hiasan permukaan layang-layang baik dengan teknik lukis
maupun tempel
·
Mengevaluasi karya layang-layang
|
·
Mendiskusikan cara membuat layang-layang
·
Merancang karya layang-layang yang dapat dimanfaatkan untuk
rekreasi
·
Mengumpulkan bahan dan alat untuk
membuat laying-layang
·
Membuat karya layang-layang dengan berbagai teknik dan bahan
·
Membuat sentuhan akhir atau hiasan pada karya layang-layang
yang sudah dibuat
·
Mengomentari layang-layang hasil karya
sendiri dan karya temannya
Penilaian
:
·
Proses pembuatan layang-layang
·
Produk: layang-layang yang dihasilkan
|
6 jp
|
Buku Tematik Kelas IV
|
|||||
Komentar
Posting Komentar
Jangan lupa kasih komentarnya yah ... ! masukan dan kritikan sangat kami harapkan ... !