Program Semester Matematika Semester I
MATA PELAJARAN :
M A T E M A T I K A
KELAS IV (4) SEMESTER 1
|
PROGRAM SEMESTER
TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014
MATA PELAJARAN : Matematika
KELAS / SEMESTER : IV (Empat) / 1 (satu)
Standar Kompetensi : 1. Memahami dan menggunakan sifat-sifat operasi
hitung bilangan dalam pemecahan masalah
BILANGAN
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
AW
|
Juli
|
Agustus
|
September
|
Oktober
|
Nopember
|
Desember
|
||||||||||||||||||||||
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||
1.1. Mengidentifikasi
sifat-sifat operasi hitung
|
- Mengidentifikasi sifat sifat operasi hitung pada bilangan
cacah
|
Sifat operasi hitung
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.2. Mengurutkan bilangan
|
- Mengurutkan
dan menyusun 10 bilangan dari kecil atau sebaliknya
|
Operasi hitung
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
- Menentukan
nilai tempat bilangan dari terkecil atau sebaliknya
|
Nilai tempat
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
- Membandingkan
dua bilangan melalui pemecahan masalah yang melibatkan nilai tempat
|
dua bilangan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.3. Melakukan operasi perkalian dan
pembagian
|
- Menyebutkan
secara lisan perkalian dan pembagian sampai 100
|
Perkalian dan pembagian
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
- Melakukan
perkalian dengan cara bersusun
|
perkalian
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
- Melakukan
pembagian bersusun tanpa sisa
|
pembagian
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
- Menenetukan
hasil bagi dan sisa suatu pembagian
|
hasil bagi dan sisa suatu pembagian
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.4. Melakukan operasi hitung campuran
|
- Menggunakan
sifat operasi hitung campuran untuk melakukan penghitungan secara efisien
|
sifat operasi hitung campuran
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
- Menentukan
aturan operasi hitung campuran dan menggunakan dalam memecahkan masalah
|
aturan operasi hitung campuran
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.5. Melakukan penaksiran dan
pembulatan
|
- Membulatkan
hasil operasi hitung dalam puluhan atau ratusan terdekat
|
Operasi hitung
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
- Menaksir
hasil operasi hitung ke puluhan, ratusan atau ribuan terdekat
|
hasil operasi hitung ke puluhan, ratusan atau ribuan
terdekat
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.6 Memecahkan masalah yang melibatkan
uang
|
- Menaksir
jumlah harga dari sekumpulan barang yang dijual sehari-hari
- Menuliskan
nilai mata uang dalam bentuk rupiah
|
jumlah harga
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Uji Kompetensi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
Remedial
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
Pengayaan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui
|
Padang Panjang, 01 Juli 2013
|
Kepala Sekolah SD N 14 Bukit
Surungan
|
Guru Bidang Studi
|
DARMI
|
TOGOV RABARA DELI, S.Pd
|
NIP . 19631103 198308 2 002
|
NIP . 19800116 200902 1 001
|
PROGRAM SEMESTER
TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014
MATA PELAJARAN : Matematika
KELAS / SEMESTER : IV (Empat) / 1 (satu)
Standar Kompetensi : 2.
Memahami dan menggunakan faktor dan kelipatan dalam pemecahan masalah
BILANGAN
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
AW
|
Juli
|
Agustus
|
September
|
Oktober
|
Nopember
|
Desember
|
||||||||||||||||||||||
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||
2.1
Mendeskripsikan konsep faktor dan kelipatan
|
- Menjelaskan arti faktor suatu bilangan
|
Faktor dan
kelipatan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
- Menjelaskan arti kelipatan suatu
bilangan
|
kelipatan suatu
bilangan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.2.
Menentukan kelipatan dan faktor suatu bilangan
|
- Menentukan faktor-faktor
- Menentukan kelipatan suatu bilangan
|
faktor-faktor
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.3.
Menentukan kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dan faktor persekutuan
terbesar (FPB)
|
- Menentukan kelipatan persekutuan dari
dua bilangan
|
kelipatan
persekutuan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
- Menentukan KPK dari dua bilangan
|
KPK
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
- Menentukan faktor persekutuan dari
dua bilangan
|
faktor persekutuan
dari dua bilangan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
- Menentukan FPB dari dua bilangan
|
FPB dari dua
bilangan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.4.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan KKP dan FPB
|
- Menentukan KPK dan FPB yang
dihubungkan dengan kehidupan sehari-hari
|
KPK dan FPB
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Uji Kompetensi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
Remedial
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
Pengayaan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
PROGRAM SEMESTER
TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014
MATA PELAJARAN : Matematika
KELAS / SEMESTER : IV (Empat) / 1 (satu)
Standar Kompetensi : 3. Menggunakan
pengukuran sudut, panjang, dan berat dalam pemecahan masalah
GEOMETRI DAN
PENGUKURAN
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
AW
|
Juli
|
Agustus
|
September
|
Oktober
|
Nopember
|
Desember
|
||||||||||||||||||||||
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||
3.1
Menentukan besar sudut dengan satuan tidak baku dan satuan derajat
|
- Membandingkan besar dua sudut
|
Pengukuran
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
- Mengukur sudut dengan satuan tak baku dan satuan baku
(derajat)
|
sudut
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
- Menentukan benda-benda sekitar dan beberapa
bangun datar yang memiliki sudut siku-siku
|
sudut siku-siku
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
- Menentukan besar suatu sudut dengan
menggunakan busur derajat
|
sudut
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.2.
Menentukan hubungan antar satuan waktu, antar satuan panjang, dan antar
satuan berat
|
- Menjelaskan kesetaraan antar satuan waktu
|
kesetaraan antar
satuan waktu
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
- Menentukan kesetaraan antar satuan panjang
|
kesetaraan antar
satuan panjang
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
- Menentukan kesetaraan antar satuan berat
|
kesetaraan antar
satuan berat
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.3.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan satuan waktu, panjang, dan berat
|
- Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
satuan waktu
|
satuan waktu
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
-
Menyelesaikan masalah-masalah yang berkaitan dengan
satuan panjang
|
satuan panjang
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
- Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
satuan berat
|
berkaitan dengan
satuan berat
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.4
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan satuan kuantitas
|
- Melakukan operasi hitung yang berkaitan
dengan ukuran lusin, kodi dan gross
|
operasi hitung yang
berkaitan dengan ukuran lusin, kodi dan gross
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
- Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
lusin, kodi, dan gros pada soal cerita
|
berkaitan dengan
lusin, kodi, dan gros pada soal cerita
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Uji Kompetensi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
Remedial
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
Pengayaan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah SD 14 Bukit Surungan
(DARMI)
NIP. 19631103 198308 2 002
|
|
Padang
Panjang, 01 Juli 2013
Guru Mapel
Matematika
(TOGOV
RABARA DELI, S.Pd)
NIP.
19800116 200902 1 001
|
|
|
Komentar
Posting Komentar
Jangan lupa kasih komentarnya yah ... ! masukan dan kritikan sangat kami harapkan ... !