Program Semester Matematika Semester I






 MATA PELAJARAN :
M A T E M A T I K A
KELAS IV (4) SEMESTER 1


PROGRAM SEMESTER
TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014

MATA PELAJARAN      :     Matematika
KELAS / SEMESTER    :     IV (Empat) / 1 (satu)
Standar Kompetensi      :     1.   Memahami dan menggunakan sifat-sifat operasi hitung bilangan dalam pemecahan masalah
BILANGAN
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
AW
Juli
Agustus
September
Oktober
Nopember
Desember
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1.1. Mengidentifikasi sifat-sifat operasi hitung          
-        Mengidentifikasi sifat sifat operasi hitung pada bilangan cacah
Sifat operasi hitung





























1.2. Mengurutkan bilangan       
-   Mengurutkan dan menyusun 10 bilangan dari kecil atau sebaliknya
Operasi hitung






























-   Menentukan nilai tempat bilangan dari terkecil atau sebaliknya
Nilai tempat






























-         Membandingkan dua bilangan melalui pemecahan masalah yang melibatkan nilai tempat
dua bilangan





























1.3. Melakukan operasi perkalian dan pembagian
-   Menyebutkan secara lisan perkalian dan pembagian sampai 100
Perkalian dan pembagian






























-   Melakukan perkalian dengan cara bersusun
perkalian






























-   Melakukan pembagian bersusun tanpa sisa
pembagian






























-   Menenetukan hasil bagi dan sisa suatu pembagian
hasil bagi dan sisa suatu pembagian





























1.4. Melakukan operasi hitung campuran
-   Menggunakan sifat operasi hitung campuran untuk melakukan penghitungan secara efisien
sifat operasi hitung campuran






























-   Menentukan aturan operasi hitung campuran dan menggunakan dalam memecahkan masalah
aturan operasi hitung campuran





























1.5. Melakukan penaksiran dan pembulatan
-   Membulatkan hasil operasi hitung dalam puluhan atau ratusan terdekat
Operasi hitung






























-   Menaksir hasil operasi hitung ke puluhan, ratusan atau ribuan terdekat
hasil operasi hitung ke puluhan, ratusan atau ribuan terdekat





























1.6 Memecahkan masalah yang melibatkan uang
-   Menaksir jumlah harga dari sekumpulan barang yang dijual sehari-hari
-   Menuliskan nilai mata uang dalam bentuk rupiah

jumlah harga





























Uji Kompetensi





























Remedial





























Pengayaan






























Mengetahui
Padang Panjang, 01 Juli 2013
Kepala Sekolah SD N 14 Bukit Surungan
Guru Bidang Studi




DARMI




TOGOV RABARA DELI, S.Pd
NIP . 19631103 198308 2 002
NIP . 19800116 200902 1 001
              







PROGRAM SEMESTER
TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014


MATA PELAJARAN      :     Matematika
KELAS / SEMESTER    :     IV (Empat) / 1 (satu)
Standar Kompetensi     :     2.  Memahami dan menggunakan faktor dan kelipatan dalam pemecahan masalah

BILANGAN
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
AW
Juli
Agustus
September
Oktober
Nopember
Desember
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
2.1 Mendeskripsikan konsep faktor dan kelipatan
-        Menjelaskan arti faktor suatu bilangan
Faktor dan kelipatan






























-        Menjelaskan arti kelipatan suatu bilangan
kelipatan suatu bilangan





























2.2. Menentukan kelipatan dan faktor suatu bilangan
-        Menentukan faktor-faktor
-        Menentukan kelipatan suatu bilangan
faktor-faktor






























2.3. Menentukan kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dan faktor persekutuan terbesar (FPB)
-         Menentukan kelipatan persekutuan dari dua bilangan
kelipatan persekutuan






























-         Menentukan KPK dari dua bilangan
KPK






























-         Menentukan faktor persekutuan dari dua bilangan
faktor persekutuan dari dua bilangan






























-         Menentukan FPB dari dua bilangan
FPB dari dua bilangan





























2.4. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan KKP dan FPB
-         Menentukan KPK dan FPB yang dihubungkan dengan kehidupan sehari-hari
KPK dan FPB





























Uji Kompetensi





























Remedial





























Pengayaan






























              














PROGRAM SEMESTER
TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014
MATA PELAJARAN      :     Matematika
KELAS / SEMESTER    :     IV (Empat) / 1 (satu)
Standar Kompetensi     :     3.   Menggunakan pengukuran sudut, panjang, dan berat dalam pemecahan masalah

GEOMETRI DAN PENGUKURAN
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
AW
Juli
Agustus
September
Oktober
Nopember
Desember
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
3.1 Menentukan besar sudut dengan satuan tidak baku dan satuan derajat
-   Membandingkan besar dua sudut
Pengukuran






























-   Mengukur sudut dengan satuan tak baku dan satuan baku (derajat)
sudut






























-   Menentukan benda-benda sekitar dan beberapa bangun datar yang memiliki sudut siku-siku
sudut siku-siku






























-   Menentukan besar suatu sudut dengan menggunakan busur derajat
sudut





























3.2. Menentukan hubungan antar satuan waktu, antar satuan panjang, dan antar satuan berat
-   Menjelaskan kesetaraan antar satuan waktu
kesetaraan antar satuan waktu






























-   Menentukan kesetaraan antar satuan panjang
kesetaraan antar satuan panjang






























-   Menentukan kesetaraan antar satuan berat
kesetaraan antar satuan berat





























3.3. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan satuan waktu, panjang, dan berat

-   Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan satuan waktu
satuan waktu






























-       Menyelesaikan masalah-masalah yang berkaitan dengan satuan panjang

satuan panjang






























-   Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan satuan berat
berkaitan dengan satuan berat





























3.4 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan satuan kuantitas
-   Melakukan operasi hitung yang berkaitan dengan ukuran lusin, kodi dan gross
operasi hitung yang berkaitan dengan ukuran lusin, kodi dan gross






























-   Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan lusin,  kodi, dan gros pada soal cerita
berkaitan dengan lusin,  kodi, dan gros pada soal cerita





























Uji Kompetensi





























Remedial





























Pengayaan






























              




   
Mengetahui,
Kepala Sekolah SD 14 Bukit Surungan



(DARMI)
NIP. 19631103 198308 2 002

Padang Panjang, 01 Juli  2013
Guru Mapel Matematika



(TOGOV RABARA DELI, S.Pd)
NIP. 19800116 200902 1 001




Komentar

Postingan populer dari blog ini

CONTOH WAWANCARA GURU DAN SISWA

Contoh Rencana Kegiatan Sekolah (RKS)

Ciri-Ciri Guru yang Enggan Mendampingi Peserta Didiknya di Sekolah