contoh format lembar pengamatan PTK
|
LEMBAR
PENGAMATAN
PEMBELAJARAN
KOOPERATIF PENDEKATAN STRUKTURAL TSOS
Lembar
Pengamatan aktifitas guru dan siswa :
Pokok
Bahasan : _____________________________________________
Sub
Pokok Bahasan : _____________________________________________
Guru
|
Siswa
|
||||
Aktivitas yang diamati
|
Dilakukan
|
Aktivitas yang diamati
|
Dilakukan
|
||
Y
|
T
|
Y
|
T
|
||
Menyampaikan tujuan
pembelajaran
|
Mendengarkan dan
memperhatikan penjelasan guru
|
||||
Memotivasi siswa dalam melakukan
kegiatan pembelajaran kooperatif pendekatan struktural TSOS
|
Mendengarkan dan
memperhatikan penjelasan guru
|
||||
Menjelaskan konsep-konsep
yang akan dipelajari sesuai dengan konsep pembelajaran kooperatif pendekatan
struktural TSOS
|
Mendengarkan dan
memperhatikan penjelasan guru
|
||||
Guru membagikan LKS kepada
setiap siswa, kemudian menyuruh siswa untuk mengerjakannya di dalam
kelompoknya masing-masing sesuai dengan LKS pembelajaran kooperatif
pendekatan struktural TSOS
|
Siswa bekerja-sama mengerjakan
LKS di dalam kelompoknya masing-masing
|
||||
Guru menyuruh siswa
berkunjung ke satu kelompok lain untuk diskusi (memperlihatkan hasil kerja
kelompok mereka dan melihat hasil kerja kelompok lain yang dikunjungi)
|
Satu orang siswa mewakili
kelompoknya berkunjung ke satu kelompok lain untuk diskusi (memperlihatkan
hasil kerja kelompoknya dan melihat hasil kerja kelompok lain yang
dikunjungi)
|
||||
Guru mengingatkan siswa untuk
berdiskusi kembali di dalam kelompoknya
|
Siswa berdiskusi kembali di
dalam kelompoknya
|
||||
Guru membantu siswa untuk
menyelesaikan soal LKS yang sulit dikerjakan siswa
|
Mendengarkan dan
memperhatikan penjelasan guru
|
||||
Guru membantu siswa untuk
membuat kesimpulan dari materi yang dipelajari
|
Mendengarkan dan
memperhatikan penjelasan guru
|
Ket : Y = Ya; T = Tidak
Pengamat,
Guru
SDN 183 Pekanbaru
Elfitriani,
S.Pd
|
LEMBAR
PENGAMATAN
PEMBELAJARAN
KOOPERATIF PENDEKATAN STRUKTURAL TSOS
Lembar
Pengamatan aktifitas guru dan siswa :
Pokok
Bahasan : _____________________________________________
Sub
Pokok Bahasan : _____________________________________________
Guru
|
Siswa
|
||||
Aktivitas yang diamati
|
Dilakukan
|
Aktivitas yang diamati
|
Dilakukan
|
||
Y
|
T
|
Y
|
T
|
||
Menyampaikan tujuan
pembelajaran
|
Mendengarkan dan
memperhatikan penjelasan guru
|
||||
Memotivasi siswa dalam
melakukan kegiatan pembelajaran kooperatif pendekatan struktural TSOS
|
Mendengarkan dan
memperhatikan penjelasan guru
|
||||
Menjelaskan konsep-konsep
yang akan dipelajari sesuai dengan konsep pembelajaran kooperatif pendekatan
struktural TSOS
|
Mendengarkan dan
memperhatikan penjelasan guru
|
||||
Guru membagikan LKS kepada
setiap siswa, kemudian menyuruh siswa untuk mengerjakannya di dalam
kelompoknya masing-masing sesuai dengan LKS pembelajaran kooperatif
pendekatan struktural TSOS
|
Siswa bekerja-sama
mengerjakan LKS di dalam kelompoknya masing-masing
|
||||
Guru menyuruh siswa
berkunjung ke satu kelompok lain untuk diskusi (memperlihatkan hasil kerja
kelompok mereka dan melihat hasil kerja kelompok lain yang dikunjungi)
|
Satu orang siswa mewakili
kelompoknya berkunjung ke satu kelompok lain untuk diskusi (memperlihatkan
hasil kerja kelompoknya dan melihat hasil kerja kelompok lain yang
dikunjungi)
|
||||
Guru mengingatkan siswa untuk
berdiskusi kembali di dalam kelompoknya
|
Siswa berdiskusi kembali di
dalam kelompoknya
|
||||
Guru membantu siswa untuk
menyelesaikan soal LKS yang sulit dikerjakan siswa
|
Mendengarkan dan memperhatikan
penjelasan guru
|
||||
Guru membantu siswa untuk
membuat kesimpulan dari materi yang dipelajari
|
Mendengarkan dan
memperhatikan penjelasan guru
|
Ket : Y = Ya; T = Tidak
Pengamat,
Guru
SDN 183 Pekanbaru
Elfitriani,
S.Pd
|
LEMBAR
PENGAMATAN
PEMBELAJARAN
KOOPERATIF PENDEKATAN STRUKTURAL TSOS
Lembar
Pengamatan aktifitas guru dan siswa :
Materi
Pokok : _____________________________________________
Indikator : _____________________________________________
Guru
|
Siswa
|
||||
Aktivitas yang diamati
|
Dilakukan
|
Aktivitas yang diamati
|
Dilakukan
|
||
Y
|
T
|
Y
|
T
|
||
Menyampaikan tujuan
pembelajaran
|
Mendengarkan dan
memperhatikan penjelasan guru
|
||||
Memotivasi siswa dalam
melakukan kegiatan pembelajaran kooperatif pendekatan struktural TSOS
|
Mendengarkan dan
memperhatikan penjelasan guru
|
||||
Menjelaskan konsep-konsep
yang akan dipelajari sesuai dengan konsep pembelajaran kooperatif pendekatan
struktural TSOS
|
Mendengarkan dan memperhatikan
penjelasan guru
|
||||
Guru membagikan LKS kepada
setiap siswa, kemudian menyuruh siswa untuk mengerjakannya di dalam
kelompoknya masing-masing sesuai dengan LKS pembelajaran kooperatif
pendekatan struktural TSOS
|
Siswa bekerja-sama
mengerjakan LKS di dalam kelompoknya masing-masing
|
||||
Guru menyuruh siswa
berkunjung ke satu kelompok lain untuk diskusi (memperlihatkan hasil kerja
kelompok mereka dan melihat hasil kerja kelompok lain yang dikunjungi)
|
Satu orang siswa mewakili
kelompoknya berkunjung ke satu kelompok lain untuk diskusi (memperlihatkan
hasil kerja kelompoknya dan melihat hasil kerja kelompok lain yang
dikunjungi)
|
||||
Guru mengingatkan siswa untuk
berdiskusi kembali di dalam kelompoknya
|
Siswa berdiskusi kembali di
dalam kelompoknya
|
||||
Guru membantu siswa untuk
menyelesaikan soal LKS yang sulit dikerjakan siswa
|
Mendengarkan dan
memperhatikan penjelasan guru
|
||||
Guru membantu siswa untuk
membuat kesimpulan dari materi yang dipelajari
|
Mendengarkan dan
memperhatikan penjelasan guru
|
Ket : Y = Ya; T = Tidak
Pengamat,
Guru
SDN 183 Pekanbaru
Elfitriani,
S.Pd
|
LEMBAR
PENGAMATAN
PEMBELAJARAN
KOOPERATIF PENDEKATAN STRUKTURAL TSOS
Lembar
Pengamatan aktifitas guru dan siswa :
Materi
Pokok : _____________________________________________
Indikator : _____________________________________________
Guru
|
Siswa
|
||||
Aktivitas yang diamati
|
Dilakukan
|
Aktivitas yang diamati
|
Dilakukan
|
||
Y
|
T
|
Y
|
T
|
||
Menyampaikan tujuan
pembelajaran
|
Mendengarkan dan
memperhatikan penjelasan guru
|
||||
Memotivasi siswa dalam
melakukan kegiatan pembelajaran kooperatif pendekatan struktural TSOS
|
Mendengarkan dan
memperhatikan penjelasan guru
|
||||
Menjelaskan konsep-konsep
yang akan dipelajari sesuai dengan konsep pembelajaran kooperatif pendekatan
struktural TSOS
|
Mendengarkan dan
memperhatikan penjelasan guru
|
||||
Guru membagikan LKS kepada
setiap siswa, kemudian menyuruh siswa untuk mengerjakannya di dalam
kelompoknya masing-masing sesuai dengan LKS pembelajaran kooperatif
pendekatan struktural TSOS
|
Siswa bekerja-sama
mengerjakan LKS di dalam kelompoknya masing-masing
|
||||
Guru menyuruh siswa
berkunjung ke satu kelompok lain untuk diskusi (memperlihatkan hasil kerja
kelompok mereka dan melihat hasil kerja kelompok lain yang dikunjungi)
|
Satu orang siswa mewakili
kelompoknya berkunjung ke satu kelompok lain untuk diskusi (memperlihatkan
hasil kerja kelompoknya dan melihat hasil kerja kelompok lain yang
dikunjungi)
|
||||
Guru mengingatkan siswa untuk
berdiskusi kembali di dalam kelompoknya
|
Siswa berdiskusi kembali di
dalam kelompoknya
|
||||
Guru membantu siswa untuk
menyelesaikan soal LKS yang sulit dikerjakan siswa
|
Mendengarkan dan memperhatikan
penjelasan guru
|
||||
Guru membantu siswa untuk
membuat kesimpulan dari materi yang dipelajari
|
Mendengarkan dan
memperhatikan penjelasan guru
|
Ket : Y = Ya; T = Tidak
Pengamat,
Guru
SDN 183 Pekanbaru
Elfitriani,
S.Pd
|
LEMBAR
PENGAMATAN
PEMBELAJARAN
KOOPERATIF PENDEKATAN STRUKTURAL TSOS
Lembar
Pengamatan aktifitas guru dan siswa :
Materi
Pokok : _____________________________________________
Indikator : _____________________________________________
Guru
|
Siswa
|
||||
Aktivitas yang diamati
|
Dilakukan
|
Aktivitas yang diamati
|
Dilakukan
|
||
Y
|
T
|
Y
|
T
|
||
Menyampaikan tujuan
pembelajaran
|
Mendengarkan dan
memperhatikan penjelasan guru
|
||||
Memotivasi siswa dalam
melakukan kegiatan pembelajaran kooperatif pendekatan struktural TSOS
|
Mendengarkan dan
memperhatikan penjelasan guru
|
||||
Menjelaskan konsep-konsep
yang akan dipelajari sesuai dengan konsep pembelajaran kooperatif pendekatan
struktural TSOS
|
Mendengarkan dan memperhatikan
penjelasan guru
|
||||
Guru membagikan LKS kepada
setiap siswa, kemudian menyuruh siswa untuk mengerjakannya di dalam
kelompoknya masing-masing sesuai dengan LKS pembelajaran kooperatif
pendekatan struktural TSOS
|
Siswa bekerja-sama
mengerjakan LKS di dalam kelompoknya masing-masing
|
||||
Guru menyuruh siswa
berkunjung ke satu kelompok lain untuk diskusi (memperlihatkan hasil kerja
kelompok mereka dan melihat hasil kerja kelompok lain yang dikunjungi)
|
Satu orang siswa mewakili
kelompoknya berkunjung ke satu kelompok lain untuk diskusi (memperlihatkan
hasil kerja kelompoknya dan melihat hasil kerja kelompok lain yang
dikunjungi)
|
||||
Guru mengingatkan siswa untuk
berdiskusi kembali di dalam kelompoknya
|
Siswa berdiskusi kembali di
dalam kelompoknya
|
||||
Guru membantu siswa untuk
menyelesaikan soal LKS yang sulit dikerjakan siswa
|
Mendengarkan dan
memperhatikan penjelasan guru
|
||||
Guru membantu siswa untuk
membuat kesimpulan dari materi yang dipelajari
|
Mendengarkan dan
memperhatikan penjelasan guru
|
Ket : Y = Ya; T = Tidak
Pengamat,
Guru
SDN 183 Pekanbaru
Elfitriani,
S.Pd
|
LEMBAR
PENGAMATAN
PEMBELAJARAN
KOOPERATIF PENDEKATAN STRUKTURAL TSOS
Lembar
Pengamatan aktifitas guru dan siswa :
Materi
Pokok : _____________________________________________
Indikator : _____________________________________________
Guru
|
Siswa
|
||||
Aktivitas yang diamati
|
Dilakukan
|
Aktivitas yang diamati
|
Dilakukan
|
||
Y
|
T
|
Y
|
T
|
||
Menyampaikan tujuan
pembelajaran
|
Mendengarkan dan
memperhatikan penjelasan guru
|
||||
Memotivasi siswa dalam
melakukan kegiatan pembelajaran kooperatif pendekatan struktural TSOS
|
Mendengarkan dan
memperhatikan penjelasan guru
|
||||
Menjelaskan konsep-konsep
yang akan dipelajari sesuai dengan konsep pembelajaran kooperatif pendekatan
struktural TSOS
|
Mendengarkan dan
memperhatikan penjelasan guru
|
||||
Guru membagikan LKS kepada
setiap siswa, kemudian menyuruh siswa untuk mengerjakannya di dalam
kelompoknya masing-masing sesuai dengan LKS pembelajaran kooperatif
pendekatan struktural TSOS
|
Siswa bekerja-sama
mengerjakan LKS di dalam kelompoknya masing-masing
|
||||
Guru menyuruh siswa
berkunjung ke satu kelompok lain untuk diskusi (memperlihatkan hasil kerja
kelompok mereka dan melihat hasil kerja kelompok lain yang dikunjungi)
|
Satu orang siswa mewakili
kelompoknya berkunjung ke satu kelompok lain untuk diskusi (memperlihatkan
hasil kerja kelompoknya dan melihat hasil kerja kelompok lain yang
dikunjungi)
|
||||
Guru mengingatkan siswa untuk
berdiskusi kembali di dalam kelompoknya
|
Siswa berdiskusi kembali di
dalam kelompoknya
|
||||
Guru membantu siswa untuk
menyelesaikan soal LKS yang sulit dikerjakan siswa
|
Mendengarkan dan memperhatikan
penjelasan guru
|
||||
Guru membantu siswa untuk
membuat kesimpulan dari materi yang dipelajari
|
Mendengarkan dan
memperhatikan penjelasan guru
|
Ket : Y = Ya; T = Tidak
Pengamat,
Guru
SDN 183 Pekanbaru
Elfitriani,
S.Pd
|
LEMBAR
PENGAMATAN
PEMBELAJARAN
KOOPERATIF PENDEKATAN STRUKTURAL TSOS
Lembar
Pengamatan aktifitas guru dan siswa :
Materi
Pokok : _____________________________________________
Indikator : _____________________________________________
Guru
|
Siswa
|
||||
Aktivitas yang diamati
|
Dilakukan
|
Aktivitas yang diamati
|
Dilakukan
|
||
Y
|
T
|
Y
|
T
|
||
Menyampaikan tujuan
pembelajaran
|
Mendengarkan dan
memperhatikan penjelasan guru
|
||||
Memotivasi siswa dalam
melakukan kegiatan pembelajaran kooperatif pendekatan struktural TSOS
|
Mendengarkan dan
memperhatikan penjelasan guru
|
||||
Menjelaskan konsep-konsep
yang akan dipelajari sesuai dengan konsep pembelajaran kooperatif pendekatan
struktural TSOS
|
Mendengarkan dan memperhatikan
penjelasan guru
|
||||
Guru membagikan LKS kepada
setiap siswa, kemudian menyuruh siswa untuk mengerjakannya di dalam
kelompoknya masing-masing sesuai dengan LKS pembelajaran kooperatif
pendekatan struktural TSOS
|
Siswa bekerja-sama
mengerjakan LKS di dalam kelompoknya masing-masing
|
||||
Guru menyuruh siswa
berkunjung ke satu kelompok lain untuk diskusi (memperlihatkan hasil kerja
kelompok mereka dan melihat hasil kerja kelompok lain yang dikunjungi)
|
Satu orang siswa mewakili
kelompoknya berkunjung ke satu kelompok lain untuk diskusi (memperlihatkan
hasil kerja kelompoknya dan melihat hasil kerja kelompok lain yang
dikunjungi)
|
||||
Guru mengingatkan siswa untuk
berdiskusi kembali di dalam kelompoknya
|
Siswa berdiskusi kembali di
dalam kelompoknya
|
||||
Guru membantu siswa untuk
menyelesaikan soal LKS yang sulit dikerjakan siswa
|
Mendengarkan dan
memperhatikan penjelasan guru
|
||||
Guru membantu siswa untuk
membuat kesimpulan dari materi yang dipelajari
|
Mendengarkan dan
memperhatikan penjelasan guru
|
Ket : Y = Ya; T = Tidak
Pengamat,
Guru
SDN 183 Pekanbaru
Elfitriani,
S.Pd
|
LEMBAR
PENGAMATAN
PEMBELAJARAN
KOOPERATIF PENDEKATAN STRUKTURAL TSOS
Lembar
Pengamatan aktifitas guru dan siswa :
Materi
Pokok : _____________________________________________
Indikator : _____________________________________________
Guru
|
Siswa
|
||||
Aktivitas yang diamati
|
Dilakukan
|
Aktivitas yang diamati
|
Dilakukan
|
||
Y
|
T
|
Y
|
T
|
||
Menyampaikan tujuan
pembelajaran
|
Mendengarkan dan
memperhatikan penjelasan guru
|
||||
Memotivasi siswa dalam
melakukan kegiatan pembelajaran kooperatif pendekatan struktural TSOS
|
Mendengarkan dan
memperhatikan penjelasan guru
|
||||
Menjelaskan konsep-konsep
yang akan dipelajari sesuai dengan konsep pembelajaran kooperatif pendekatan
struktural TSOS
|
Mendengarkan dan
memperhatikan penjelasan guru
|
||||
Guru membagikan LKS kepada
setiap siswa, kemudian menyuruh siswa untuk mengerjakannya di dalam
kelompoknya masing-masing sesuai dengan LKS pembelajaran kooperatif
pendekatan struktural TSOS
|
Siswa bekerja-sama
mengerjakan LKS di dalam kelompoknya masing-masing
|
||||
Guru menyuruh siswa
berkunjung ke satu kelompok lain untuk diskusi (memperlihatkan hasil kerja
kelompok mereka dan melihat hasil kerja kelompok lain yang dikunjungi)
|
Satu orang siswa mewakili
kelompoknya berkunjung ke satu kelompok lain untuk diskusi (memperlihatkan
hasil kerja kelompoknya dan melihat hasil kerja kelompok lain yang
dikunjungi)
|
||||
Guru mengingatkan siswa untuk
berdiskusi kembali di dalam kelompoknya
|
Siswa berdiskusi kembali di
dalam kelompoknya
|
||||
Guru membantu siswa untuk
menyelesaikan soal LKS yang sulit dikerjakan siswa
|
Mendengarkan dan memperhatikan
penjelasan guru
|
||||
Guru membantu siswa untuk
membuat kesimpulan dari materi yang dipelajari
|
Mendengarkan dan
memperhatikan penjelasan guru
|
Ket : Y = Ya; T = Tidak
Pengamat,
Guru
SDN 183 Pekanbaru
Elfitriani,
S.Pd
|
LEMBAR
PENGAMATAN
PEMBELAJARAN
KOOPERATIF PENDEKATAN STRUKTURAL TSOS
Lembar
Pengamatan aktifitas guru dan siswa :
Materi
Pokok : _____________________________________________
Indikator : _____________________________________________
Guru
|
Siswa
|
||||
Aktivitas yang diamati
|
Dilakukan
|
Aktivitas yang diamati
|
Dilakukan
|
||
Y
|
T
|
Y
|
T
|
||
Menyampaikan tujuan
pembelajaran
|
Mendengarkan dan
memperhatikan penjelasan guru
|
||||
Memotivasi siswa dalam
melakukan kegiatan pembelajaran kooperatif pendekatan struktural TSOS
|
Mendengarkan dan
memperhatikan penjelasan guru
|
||||
Menjelaskan konsep-konsep
yang akan dipelajari sesuai dengan konsep pembelajaran kooperatif pendekatan
struktural TSOS
|
Mendengarkan dan memperhatikan
penjelasan guru
|
||||
Guru membagikan LKS kepada
setiap siswa, kemudian menyuruh siswa untuk mengerjakannya di dalam
kelompoknya masing-masing sesuai dengan LKS pembelajaran kooperatif
pendekatan struktural TSOS
|
Siswa bekerja-sama
mengerjakan LKS di dalam kelompoknya masing-masing
|
||||
Guru menyuruh siswa
berkunjung ke satu kelompok lain untuk diskusi (memperlihatkan hasil kerja
kelompok mereka dan melihat hasil kerja kelompok lain yang dikunjungi)
|
Satu orang siswa mewakili
kelompoknya berkunjung ke satu kelompok lain untuk diskusi (memperlihatkan
hasil kerja kelompoknya dan melihat hasil kerja kelompok lain yang
dikunjungi)
|
||||
Guru mengingatkan siswa untuk
berdiskusi kembali di dalam kelompoknya
|
Siswa berdiskusi kembali di
dalam kelompoknya
|
||||
Guru membantu siswa untuk
menyelesaikan soal LKS yang sulit dikerjakan siswa
|
Mendengarkan dan
memperhatikan penjelasan guru
|
||||
Guru membantu siswa untuk
membuat kesimpulan dari materi yang dipelajari
|
Mendengarkan dan
memperhatikan penjelasan guru
|
Ket : Y = Ya; T = Tidak
Pengamat,
Guru
SDN 183 Pekanbaru
Elfitriani,
S.Pd
Komentar
Posting Komentar
Jangan lupa kasih komentarnya yah ... ! masukan dan kritikan sangat kami harapkan ... !