Silabus Tema 7 : Cita-sitaku Kelas 4 Kurikulum 2013
28 November 2012
SILABUS
Kelas IV
Tema 7 : Cita-citaku
Sekolah Dasar dan
Madrasah Ibtidaiyah
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
TAHUN 2012
Kelas :
IV
Tema 7 :
Cita-citaku
Alokasi Waktu :
3 Minggu
Mata Pelajaran dan
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Kegiatan
Pembelajaran dan Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
||
MINGGU 1
|
||||||
PPKn
Mengetahui keteladanan tokoh proklamator kemerdekaan RI melalui
pengamatan
|
·
Menyebutkan peranan
tokoh proklamator dalam mempersiapkan proklamasi kemerdekaan RI
·
Menceritakan
peristiwa detik-detik proklamasi kemerdekaan Indonesia
|
·
Mencari informasi
tentang peranan tokoh proklamator dalam mempersiapkan proklamasi kemerdekaan
Indonesia melalui berbagai sumber.
·
Menceritakan
peranan tokoh proklamator dalam mempersiapkan proklamasi kemerdekaan
Indonesia.
Penilaian
Tes Lisan : Peranan tokoh
proklamator dalam mempersiapkan proklamasi kemerdekaan RI
Unjuk Kerja : Pengamatan
terhadap bahasa santun, kebenaran cerita, ekspresi, dll.
|
6 jp
|
Buku Tematik Kelas IV
|
||
Bahasa Indonesia
Membaca teks tentang berbagai topik, membuat pertanyaan, dan menuliskan gagasan pokok
|
·
Menyusun
pertanyaan-pertanyaan dengan benar mengenai isi teks bacaan
·
Menentukan
dengan tepat gagasan pokok paragraf yang ada dalam teks bacaan
|
·
Membaca
di dalam hati teks bacaan tentang usaha seseorang dalam mencapai cita-cita
·
Membuat
pertanyaan-pertanyaan tentang isi teks bacaan
·
Menukarkan
pertanyaan-pertanyaan dengan teman untuk saling menjawab
·
Menentukan
dan menulis gagasan pokok paragraf-paragraf yang ada di dalam teks bacaan
·
Membandingkan
gagasan pokok yang ditentukan sendiri dengan gagasan pokok yang ditulis teman
Penilaian
Tes tertulis
·
Ketepatan
pertanyaan dengan isi teks bacaan
·
Ketepatan
dalam menentukan gagasan pokok paragraf
|
4 jp
|
Buku Tematik Kelas IV
|
||
· Membaca dan menemukan makna kata dalam kamus /ensiklopedia
|
·
Membuka kamus dengan
benar
untuk menemukan makna kata-kata sulit
·
Menyusun kalimat
dengan menggunakan kata-kata sulit yang telah ditemukan artinya di dalam
kamus/ensiklopedia
|
·
Membaca kembali teks bacaan tentang usaha dalam mencapai cita-cita
·
Mencatat
kata-kata yang dianggap sulit artinya yang ada dalam teks bacaan
·
Membuka kamus/ensiklopedia, lalu menemukan arti dan makna
kata-kata tersebut sesuai dengan konteksnya
·
Menyusun kalimat
dengan menggunakan kata-kata sulit yang telah ditemukan artinya di dalam
kamus/ensiklopedia
Penilaian
Tes Tertulis:
·
Menemukan kata-kata
sulit di dalam teks bacaan
·
Membuka kamus
dengan benar
·
Menyusun kata-kata
sulit
Unjuk kerja cara membuka kamus/ensiklopedia
|
2 jp
|
Kamus atau ensiklopedia
|
||
Matematika
Mengurai dan menyusun kembali
jaring-jaring bangun ruang sederhana
|
·
Mengurai
model bangun ruang menjadi jaring-jaring bangun ruang
·
Menyusun
jaring-jaring bangun ruang menjadi model bangun ruang
|
·
Menguraikan
model bangun ruang yang telah ditentukan menjadi jaring-jaring bangun ruang
·
Menggambar jaring-jaring bangun ruang yang
ditemukan
·
Menyusun jaring-jaring bangun ruang menjadi model
bangun ruang
Penilaian :
Unjuk kerja : mengurai model bangun
ruang menjadi jaring-jaring bangu ruang
|
6 jp
|
Buku Tematik Kelas IV
|
||
PENJASORKES
Memahami tinggi dan berat badan ideal dan
pengaruhnya terhadap pertumbuhan dan
perkembangan
Mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak dasar untuk
membentuk gerakan dasar atletik
jalan dan lari yang dilandasi konsep gerak melalui permainan dan
atau tradisional
Mempraktikkan kombinasi pola gerak dominan
untuk membentuk keterampilan/ teknik dasar senam (seperti: hand stand,
kayang, dsb) dan kombinasi pola
gerak dominan posisi statis dan dinamis,
tumpuan dan gantungan (misalnya: gerak hand stand berpasangan) secara
berpasangan
|
Memahani dampak kelebihan berat badan
Memperagakan kombinasi gerak dasar jalan
Memperagakan teknik dasar senam
|
Mendiskusikan dampak kelebihan berat badan
Berjalan di atas papan titian sambil
membawa benda yang diletakkan di atas kepala
Memperagakan gerakan hand stand
berpasangan/bertiga
Penilaian:
Tetulis : mendiskusikan dampak kelebihan
berat badan
Unjuk kerja: berjalan di atas papan titian
sambil membawa benda yang diletakkan di atas kepala dan gerakan hand stand
berpasangan
|
4 JP
|
Papan titian
Matras
Buku pegangan siswa
|
||
Seni Budaya dan Prakarya
Mengenal
gambar alam benda, dan kolase (KI 3)
|
· Menunjukkan gambar alam benda, dan kolase
·
Mengelompokkan berbagai jenis gambar alam benda, dan
kolase .
· Membedakan teknik cara membuat gambar alam benda,
dan kolase
|
·
Mencari tahu gambar alam benda,
dan kolase dari berbagai
sumber informasi
·
Mengelompokkan
berbagai jenis gambar alam benda
·
Menjelaskan teknik
cara membuat gambar alam benda dan kolase
·
Membedakan cara
membuat gambar alam benda dan kolase
·
·
Penilaian
·
Tertulis:
Menjelaskan gambar alam benda dan kolase
|
3 jp
|
Buku Tematik Kelas IV
Gambar alam benda dan kolase
|
||
Membuat karya seni
kolase dengan teknik lipat, tempel, dan gunting dan atau sobek dari berbagai
bahan (KI 4)
|
·
Merancang tema baru
karya seni kolase
|
·
Membuat rancangan karya seni kolase
·
Mengumpulkan dan memilih alat dan bahan
untuk membuat karya seni kolase
Penilaian:
·
Unjuk kerja: proses membuat kolase (menggunting,
menyobek, menempel)
·
Produk: karya kolase
|
3 jp
|
Buku Tematik Kelas IV
Berbagai buku, CD, Media tentang karya seni
|
||
MINGGU 2
|
||||||
PPKn
Mengetahui keteladanan tokoh proklamator kemerdekaan RI melalui
pengamatan
|
·
Menyebutkan peranan
tokoh proklamator dalam mempersiapkan proklamasi kemerdekaan RI
·
Menceritakan
peristiwa detik-detik proklamasi kemerdekaan Indonesia
|
·
Diskusi mengenai
peran-peran yang akan diperagakan
·
Berlatih peran tokoh-tokoh proklamasi yg akan
diperagakan
·
Bermain peran mengenai peristiwa detik-detik proklamasi
·
Tanya jawab mengenai peran yang telah dibawakan
dan cita-cita siswa untuk mengisi
kemerdekaan yang telah dicapai.
Penilaian
Performance
(
bermain peran tokoh-tokoh ketika
detik-detik proklamasi berkangsung )
|
6 jp
|
Buku Tematik Kelas IV
|
||
Bahasa Indonesia
Gemar menggali informasi melalui
membaca dan mendengarkan dari sumber lain berdasarkan rasa ingin tahu
|
·
Menulis informasi
yang diperoleh dengan tepat
|
·
Mencari informasi
tentang cita-cita dari berbagai sumber informasi melalui membaca ke
perpustakaan atau tempat lain dan atau mendengarkan radio atau menonton
televisi yang berhubungan dengan cita-cita
·
Menuliskan
ringkasan berbagai informasi mengenai cita-cita
·
Membacakan dan
mendiskusikan informasi yang diperoleh
Penilaian
Tes tertulis:
Menulis informasi yang diperoleh dengan
memperhatikan ketepatan informasi
|
10 jp
|
Buku Tematik Kelas IV
Perpustakaan, radio, televisi
|
||
Matematika
·
Membuat
benda-benda berdasarkan jaring-jaring bangun ruang yang ditemukan dengan
memanfaatkan barang-barang bekas yang ada di sekitar rumah sekoalah atau
tempat bermain (k2)
|
·
Menggambar model
bangun ruang
·
Menggambar berbagai
jaring-jaring bangun ruang
|
·
Menyebutkan
nama bangun ruang yang diperlihatkan guru
·
Menggambar
model bangun ruang berdasarkan pengamatan
·
Menggambar
berbagai jaring-jaring bangun ruang
Penilaian :
·
Produk:
menggambar model dan jaring-jaring bangun ruang
|
6JP
|
Buku Tematik Kelas IV
|
||
PENJASORKES
Memahami gizi dan menu seimbang dalam
menjaga kesehatan tubuh
Mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak dasar untuk
membentuk gerakan dasar atletik
jalan dan lari yang dilandasi konsep gerak melalui permainan dan
atau tradisional
Mempraktikkan kombinasi pola gerak dominan
untuk membentuk keterampilan/ teknik dasar senam (seperti: hand stand,
kayang, dsb) dan kombinasi pola
gerak dominan posisi statis dan dinamis,
tumpuan dan gantungan (misalnya: gerak hand stand berpasangan) secara
berpasangan
|
Menyebutkan fungsi unsur gizi pada
makanan (nasi, roti,telur, susu, sayuran)
Memperagakan kombinasi gerak dasar lari
Memperagakan
kombinasi pola gerak dominan posisi statis dan dinamis
|
Mencari , membaca, dan membuat kesimpulan bahan bacaan tentang
gizi seimbang
Berlari menyamping dalam formasi lingkaran
dengan menunjukkan kerjasama
Melompat dengan kedua kaki ke arah belakang
tanpa hilang keseimbangan
Penilaian:
Tertulis: menyebutkan bagian gizi seimang
Unjuk kerja: berlari menyamping dan
melompat dengan kedua kaki ke arah belakang
Pengamtan perilaku
|
4 JP
|
Buku pegangan siswa
Kapur
Pluit
Matras
Bangku
|
||
Seni Budaya dan Prakarya
Membuat karya seni
kolase dengan teknik lipat, tempel, dan gunting dan atau sobek dari berbagai
bahan (KI 4)
|
·
Menggunting, menyobek, dan menempel berbagai bahan menjadi sebuah karya seni kolase
·
Memilih bahan dan alat
·
Mengatur komposisi penempatan hasil gunting, sobek, dan tempel
|
·
Membuat (menggunting, menyobek, menempel
karya seni kolase
·
Menjelaskan hasil karya seni kolase di
depan kelas
Penilaian:
·
Unjuk kerja: proses membuat kolase
(menggunting, menyobek, menempel)
·
Produk: karya kolase
|
6 jp
|
Buku Tematik Kelas IV
Berbagai buku, CD, Media tentang karya seni
|
||
MINGGU 3
|
||||||
PPKn
Mengetahui keteladanan tokoh proklamator kemerdekaan RI melalui
pengamatan
|
·
Menyebutkan peranan
tokoh proklamator dalam mempersiapkan proklamasi kemerdekaan RI
·
Menceritakan
peristiwa detik-detik proklamasi kemerdekaan Indonesia
|
·
Mengunjungi museum, monumen atau tempat-tempat yang berkaitan dengan peristiwa proklamasi
kemerdekaan RI
·
Penilaian
Produk (laporan
hasil kunjungan)
|
6 jp
|
Buku Tematik Kelas IV
|
||
Bahasa Indonesia
Menulis surat untuk teman sebaya tentang pengalaman
atau cita-cita dengan menggunakan ejaan yang benar
|
·
Menyebutkan
bagian-bagian surat pribadi.
·
Menulis
surat pribadi tentang pengalaman/cita-cita dengan gaya penceritaan yang
menarik dan penggunaan EYD yang tepat
|
·
Membaca contoh surat pribadi
· Mengidentifikasi dan mencatat
bagian-bagian dalam surat pribadi.
· Menulis surat pribadi tentang
cita-cita berdasarkan bagian-bagian yang telah dicatat dengan memperhatikan
ejaan yang tepat
· Membacakan surat dan bertanya jawab
mengenai isi surat
Penilaian
Produk:
surat pribadi dengan kriteria penilaian meliputi penggunaan
ejaan yang tepat dan kesesuaian bagian-bagian dalam surat pribadi
|
6 jp
|
Buku Tematik Kelas IV
|
||
· Melengkapi bagian cerita rumpang dengan kalimat
yang tepat
|
· Melengkapi bagian
cerita yang hilang dengan kalimat pada awal paragraf.
· Melengkapi bagian
cerita yang hilang pada akhir paragraf.
|
· Membaca cerita yang rumpang
· Mendiskusikan kata/kalimat yang tepat untuk mengisi
bagian cerita yang hilang.
· Melengkapi bagian cerita yang hilang dengan kata/kalimat
pada awal paragraf.
· Melengkapi bagian cerita yang hilang dengan kata/kalimat
pada tengah paragraf.
· Melengkapi bagian cerita yang hilang dengankata/kalimat
pada akhir paragraf.
· Melengkapi bagian cerita yang hilang dengan kata/kalimat
pada awal, tengah, dan akhir paragraf
· Membacakan dan mendiskusikan cerita yang telah
dilengkapi
Penilaian:
Tes Tertulis: Melengkapi cerita rumpang menjadi lengkap berdasarkan hasil diskusi dengan menggunakan
EYD yang tepat
|
4 jam
|
Buku Tematik Kelas IV
|
||
Penjasorkes
Memahami cara pengukuran tinggi dan berat
badan ideal
Mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar
lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif dalam permainan bola kecil yang
dilandasi konsep gerak dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional
bola kecil
Mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar
lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif dalam permainan bola kecil yang
dilandasi konsep gerak dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional
bola kecil
Mempraktikkan berbagai aktivitas kebugaran
jasmani untuk mencapai tinggi dan berat badan ideal
|
Menetapkan level ukuran ideal atau tidaknya
tinggi dan berat badan
Menerapkan variasi dan kombinasi pola gerak
lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif dalam permainan kasti
Menerapkan variasi dan kombinasi pola gerak
lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif dalam permainan kasti
Memperagakan aktivitas kebugaran jasmani sesuai dengan kebutuhan tubuh
|
Menetapkan berat badan idel untuk usia 1
-10 tahun menggunakan skala ukur: BBI = (umur (thn) x 2) + 8
Mendiskusikan bacaan tentang permainan
kasti
Menangkap bola menyusuri tanah dengan satu
/dua tangan secara berpasangan atau berkelompok dengan menunjukkan prilaku kerjasama, percaya diri, disiplin,
toleransi, menjaga keselamatan diri dan orang lain, dan menghargai perbedaan
Melakukan kegiatan joging terjadwal
Penilaian:
Tertulis : mengukur berat badan menggunakan
skala ukur BBI = (umur (thn) x 2) + 8 dan komponen gerak permainan kasti
Unju kerja: menangkap bola menyusuri tanah
dengan satu /dua tangan
Pengamatan perilaku
|
4 JP
|
Buku pegangan siswa
Bola
Kapur
Pluit
|
||
Seni Budaya dan Prakarya
Memainkan alat musik melodis lagu
yang telah dikenal sesuai dengan isi lagu
(KI 4)
|
·
Memainkan
alat musik melodis lagu yang sudah dikenal
·
Menyanyikan lagu dengan
diiringi alat musik melodis
|
·
Mendemonstrasikan
bermain alat musik
melodis lagu yang telah dikenal
·
Menyanyi lagu dengan diiringi alat music melodis
Penilaian
Unjuk
kerja: Memainkan alat music melodis dan menyanyi lagu yang sudah dikenal
|
6 jp
|
Buku Tematik Kelas IV
|
||
Komentar
Posting Komentar
Jangan lupa kasih komentarnya yah ... ! masukan dan kritikan sangat kami harapkan ... !