Silabus Tema 7 : Cita-sitaku Kelas 4 Kurikulum 2013



  28 November 2012
SILABUS
Kelas IV
Tema 7 : Cita-citaku
Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah



KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
TAHUN 2012


 Kelas              : IV
Tema 7             : Cita-citaku
Alokasi Waktu  : 3 Minggu

Mata Pelajaran dan Kompetensi Dasar
Indikator
Kegiatan Pembelajaran dan Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar


MINGGU 1


PPKn
Mengetahui keteladanan tokoh proklamator kemerdekaan RI melalui pengamatan

·         Menyebutkan peranan tokoh proklamator dalam mempersiapkan proklamasi kemerdekaan RI
·         Menceritakan peristiwa detik-detik proklamasi kemerdekaan Indonesia



·         Mencari informasi tentang peranan tokoh proklamator dalam mempersiapkan proklamasi kemerdekaan Indonesia melalui berbagai sumber.
·         Menceritakan peranan tokoh proklamator dalam mempersiapkan proklamasi kemerdekaan Indonesia.
Penilaian
Tes Lisan  : Peranan tokoh proklamator dalam mempersiapkan proklamasi kemerdekaan RI

Unjuk Kerja :  Pengamatan terhadap bahasa santun, kebenaran cerita, ekspresi, dll.

6 jp

Buku Tematik Kelas IV

Bahasa Indonesia
Membaca teks tentang berbagai topik, membuat pertanyaan, dan menuliskan gagasan pokok

·      Menyusun pertanyaan-pertanyaan dengan benar mengenai isi teks bacaan
·      Menentukan dengan tepat gagasan pokok paragraf yang ada dalam teks bacaan

·      Membaca di dalam hati teks bacaan tentang usaha seseorang dalam mencapai cita-cita
·      Membuat pertanyaan-pertanyaan tentang isi teks bacaan
·      Menukarkan pertanyaan-pertanyaan dengan teman untuk saling menjawab
·      Menentukan dan menulis gagasan pokok paragraf-paragraf yang ada di dalam teks bacaan
·      Membandingkan gagasan pokok yang ditentukan sendiri dengan gagasan pokok yang ditulis teman
Penilaian
Tes tertulis
·      Ketepatan pertanyaan dengan isi teks bacaan
·      Ketepatan dalam menentukan gagasan pokok paragraf
4 jp

Buku Tematik Kelas IV

·   Membaca dan menemukan makna kata dalam kamus /ensiklopedia
·    Membuka kamus dengan benar
untuk menemukan makna kata-kata sulit
·    Menyusun kalimat dengan menggunakan kata-kata sulit yang telah ditemukan artinya di dalam kamus/ensiklopedia
·      Membaca kembali teks bacaan tentang usaha dalam mencapai cita-cita
·      Mencatat kata-kata  yang dianggap sulit artinya yang ada dalam teks bacaan
·      Membuka kamus/ensiklopedia, lalu menemukan arti dan makna kata-kata  tersebut sesuai dengan konteksnya
·      Menyusun kalimat dengan menggunakan kata-kata sulit yang telah ditemukan artinya di dalam kamus/ensiklopedia
Penilaian
Tes Tertulis:  
·    Menemukan kata-kata sulit di dalam teks bacaan
·    Membuka kamus dengan benar
·    Menyusun kata-kata sulit

Unjuk kerja cara membuka kamus/ensiklopedia

2 jp
Kamus atau ensiklopedia
Matematika
Mengurai dan menyusun kembali jaring-jaring bangun ruang sederhana

·         Mengurai model bangun ruang menjadi jaring-jaring bangun ruang
·         Menyusun jaring-jaring bangun ruang menjadi model bangun ruang


·      Menguraikan model bangun ruang yang telah ditentukan menjadi jaring-jaring bangun ruang
·      Menggambar jaring-jaring bangun ruang yang ditemukan
·      Menyusun jaring-jaring bangun ruang menjadi model bangun ruang

Penilaian :
Unjuk kerja : mengurai model bangun ruang menjadi jaring-jaring bangu ruang

6 jp

Buku Tematik Kelas IV

PENJASORKES
Memahami tinggi dan berat badan ideal dan pengaruhnya terhadap pertumbuhan dan perkembangan

Mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak dasar untuk membentuk gerakan dasar  atletik jalan  dan lari  yang dilandasi konsep gerak melalui permainan dan atau tradisional


Mempraktikkan kombinasi pola gerak dominan untuk membentuk keterampilan/ teknik dasar senam (seperti: hand stand, kayang, dsb) dan  kombinasi pola gerak dominan posisi statis dan dinamis,  tumpuan dan gantungan (misalnya: gerak hand stand berpasangan) secara berpasangan


Memahani dampak kelebihan berat badan


Memperagakan kombinasi gerak dasar jalan







Memperagakan teknik dasar senam




Mendiskusikan dampak kelebihan berat badan



Berjalan di atas papan titian sambil membawa benda yang diletakkan di atas kepala







Memperagakan gerakan hand stand berpasangan/bertiga


Penilaian:
Tetulis : mendiskusikan dampak kelebihan berat badan
Unjuk kerja: berjalan di atas papan titian sambil membawa benda yang diletakkan di atas kepala dan gerakan hand stand berpasangan


4 JP

Papan titian
Matras
Buku pegangan siswa
Seni Budaya dan Prakarya
Mengenal gambar alam benda, dan kolase (KI 3)


·       Menunjukkan gambar alam benda, dan kolase
·        Mengelompokkan berbagai jenis gambar alam benda, dan kolase .
·       Membedakan teknik cara membuat gambar alam benda, dan kolase

·      Mencari tahu gambar alam benda, dan kolase  dari berbagai sumber informasi
·      Mengelompokkan berbagai jenis gambar alam benda
·      Menjelaskan teknik cara membuat gambar alam benda dan kolase
·      Membedakan cara membuat gambar alam benda dan kolase
·         
·        Penilaian
·        Tertulis: Menjelaskan gambar alam benda dan kolase

3 jp

Buku Tematik Kelas IV
Gambar alam benda dan kolase
Membuat karya seni kolase dengan teknik lipat, tempel, dan gunting dan atau sobek dari berbagai bahan  (KI 4)



·       Merancang tema baru karya seni kolase

·         Membuat rancangan karya seni kolase
·         Mengumpulkan dan memilih alat dan bahan untuk membuat karya seni kolase

Penilaian:
·   Unjuk kerja: proses membuat kolase (menggunting, menyobek, menempel)
·   Produk: karya kolase

3  jp
Buku Tematik Kelas IV
Berbagai buku, CD, Media tentang karya seni


MINGGU 2


PPKn
Mengetahui keteladanan tokoh proklamator kemerdekaan RI melalui pengamatan

·         Menyebutkan peranan tokoh proklamator dalam mempersiapkan proklamasi kemerdekaan RI
·         Menceritakan peristiwa detik-detik proklamasi kemerdekaan Indonesia



·          Diskusi  mengenai peran-peran yang akan diperagakan
·          Berlatih peran tokoh-tokoh proklamasi yg akan diperagakan
·          Bermain peran mengenai peristiwa detik-detik proklamasi
·          Tanya jawab mengenai peran yang telah dibawakan dan  cita-cita siswa untuk mengisi kemerdekaan yang telah dicapai.

Penilaian
Performance ( bermain peran tokoh-tokoh  ketika detik-detik proklamasi berkangsung )


6 jp

Buku Tematik Kelas IV

Bahasa Indonesia
Gemar menggali informasi melalui membaca dan mendengarkan dari sumber lain berdasarkan rasa ingin tahu

·      Menulis informasi yang diperoleh dengan tepat

·      Mencari informasi tentang cita-cita dari berbagai sumber informasi melalui membaca ke perpustakaan atau tempat lain dan atau mendengarkan radio atau menonton televisi yang berhubungan dengan cita-cita
·      Menuliskan ringkasan berbagai informasi mengenai cita-cita
·      Membacakan dan mendiskusikan informasi yang diperoleh
Penilaian
Tes tertulis:
Menulis informasi yang diperoleh dengan memperhatikan ketepatan informasi

10 jp

Buku Tematik Kelas IV
Perpustakaan, radio, televisi
Matematika
·   Membuat benda-benda berdasarkan jaring-jaring bangun ruang yang ditemukan dengan memanfaatkan barang-barang bekas yang ada di sekitar rumah sekoalah atau tempat bermain (k2)


·         Menggambar model bangun ruang
·         Menggambar berbagai jaring-jaring bangun ruang


·         Menyebutkan nama bangun ruang yang diperlihatkan guru
·         Menggambar model bangun ruang berdasarkan pengamatan
·         Menggambar berbagai jaring-jaring bangun ruang

Penilaian :
·         Produk: menggambar model dan jaring-jaring bangun ruang

6JP

Buku Tematik Kelas IV

PENJASORKES
Memahami gizi dan menu seimbang dalam menjaga kesehatan tubuh



Mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak dasar untuk membentuk gerakan dasar  atletik jalan  dan lari  yang dilandasi konsep gerak melalui permainan dan atau tradisional

Mempraktikkan kombinasi pola gerak dominan untuk membentuk keterampilan/ teknik dasar senam (seperti: hand stand, kayang, dsb) dan  kombinasi pola gerak dominan posisi statis dan dinamis,  tumpuan dan gantungan (misalnya: gerak hand stand berpasangan) secara berpasangan


Menyebutkan fungsi unsur gizi pada  makanan (nasi, roti,telur, susu, sayuran)



Memperagakan kombinasi gerak dasar lari





Memperagakan kombinasi pola gerak dominan posisi statis dan dinamis


Mencari , membaca, dan  membuat kesimpulan bahan bacaan tentang gizi seimbang




Berlari menyamping dalam formasi lingkaran dengan menunjukkan kerjasama





Melompat dengan kedua kaki ke arah belakang tanpa hilang keseimbangan

Penilaian:
Tertulis: menyebutkan bagian gizi seimang
Unjuk kerja: berlari menyamping dan melompat dengan kedua kaki ke arah belakang
Pengamtan perilaku

4  JP

Buku pegangan siswa
Kapur
Pluit
Matras
Bangku
Seni Budaya dan Prakarya
Membuat karya seni kolase dengan teknik lipat, tempel, dan gunting dan atau sobek dari berbagai bahan  (KI 4)




·       Menggunting, menyobek, dan menempel berbagai bahan menjadi sebuah karya seni kolase
·       Memilih bahan dan alat
·       Mengatur komposisi penempatan hasil gunting, sobek, dan tempel

·         Membuat (menggunting, menyobek, menempel karya seni kolase
·         Menjelaskan hasil karya seni kolase di depan kelas

Penilaian:
·   Unjuk kerja: proses membuat kolase (menggunting, menyobek, menempel)
·   Produk: karya kolase

6 jp

Buku Tematik Kelas IV
Berbagai buku, CD, Media tentang karya seni


MINGGU 3


PPKn
Mengetahui keteladanan tokoh proklamator kemerdekaan RI melalui pengamatan

·         Menyebutkan peranan tokoh proklamator dalam mempersiapkan proklamasi kemerdekaan RI
·         Menceritakan peristiwa detik-detik proklamasi kemerdekaan Indonesia

·         Mengunjungi museum, monumen atau tempat-tempat  yang berkaitan dengan peristiwa proklamasi kemerdekaan RI

·         Penilaian
Produk (laporan hasil kunjungan)


6 jp

Buku Tematik Kelas IV

Bahasa Indonesia
Menulis surat untuk teman sebaya tentang pengalaman atau cita-cita dengan menggunakan ejaan yang benar
·    Menyebutkan bagian-bagian surat pribadi.
·    Menulis surat pribadi tentang pengalaman/cita-cita dengan gaya penceritaan yang menarik dan penggunaan EYD yang tepat

·      Membaca contoh surat pribadi
·      Mengidentifikasi dan mencatat bagian-bagian dalam surat pribadi.
·      Menulis surat pribadi tentang cita-cita berdasarkan bagian-bagian yang telah dicatat dengan memperhatikan ejaan yang tepat
·      Membacakan surat dan bertanya jawab mengenai isi surat
Penilaian
Produk:
surat pribadi dengan kriteria penilaian meliputi penggunaan ejaan yang tepat dan kesesuaian bagian-bagian dalam surat pribadi
6 jp
Buku Tematik Kelas IV

·   Melengkapi bagian cerita rumpang dengan kalimat yang tepat
·    Melengkapi bagian cerita yang hilang dengan kalimat pada awal paragraf.
·    Melengkapi bagian cerita yang hilang pada akhir paragraf.
·      Membaca cerita yang rumpang
·      Mendiskusikan kata/kalimat yang tepat untuk mengisi bagian cerita yang hilang.
·      Melengkapi bagian cerita yang hilang dengan kata/kalimat pada awal paragraf.
·      Melengkapi bagian cerita yang hilang dengan kata/kalimat pada tengah paragraf.
·      Melengkapi bagian cerita yang hilang dengankata/kalimat pada akhir paragraf.
·      Melengkapi bagian cerita yang hilang dengan kata/kalimat pada awal, tengah, dan akhir paragraf
·      Membacakan dan mendiskusikan cerita yang telah dilengkapi
Penilaian:
Tes Tertulis: Melengkapi cerita rumpang menjadi lengkap  berdasarkan hasil diskusi dengan menggunakan EYD yang tepat

4 jam
Buku Tematik Kelas IV

Penjasorkes
Memahami cara pengukuran tinggi dan berat badan ideal

Mempraktikkan variasi dan  kombinasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif dalam permainan bola kecil yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional bola kecil

Mempraktikkan variasi dan  kombinasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif dalam permainan bola kecil yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional bola kecil

Mempraktikkan berbagai aktivitas kebugaran jasmani untuk mencapai tinggi dan berat badan ideal


Menetapkan level ukuran ideal atau tidaknya tinggi dan berat badan

Menerapkan variasi dan kombinasi pola gerak lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif dalam  permainan kasti





Menerapkan variasi dan kombinasi pola gerak lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif dalam  permainan kasti





Memperagakan aktivitas kebugaran jasmani sesuai dengan kebutuhan tubuh

Menetapkan berat badan idel untuk usia 1 -10 tahun menggunakan skala ukur: BBI = (umur (thn) x 2) + 8

Mendiskusikan bacaan tentang permainan kasti








Menangkap bola menyusuri tanah dengan satu /dua tangan secara berpasangan atau berkelompok dengan menunjukkan prilaku kerjasama, percaya  diri, disiplin, toleransi, menjaga keselamatan diri dan orang lain, dan menghargai perbedaan




Melakukan kegiatan joging terjadwal

Penilaian:
Tertulis : mengukur berat badan menggunakan skala ukur BBI = (umur (thn) x 2) + 8 dan komponen gerak permainan kasti
Unju kerja: menangkap bola menyusuri tanah dengan satu /dua tangan
Pengamatan perilaku


4 JP

Buku pegangan siswa
Bola
Kapur
Pluit

Seni Budaya dan Prakarya
Memainkan alat musik melodis lagu yang telah dikenal sesuai dengan isi lagu
(KI 4)

·        Memainkan alat musik melodis  lagu yang sudah dikenal
·        Menyanyikan lagu dengan diiringi alat musik melodis


·      Mendemonstrasikan bermain alat musik melodis lagu yang telah dikenal
·      Menyanyi lagu dengan diiringi alat music melodis

Penilaian
Unjuk kerja: Memainkan alat music melodis dan menyanyi lagu yang sudah dikenal


6 jp

Buku Tematik Kelas IV









Komentar

Postingan populer dari blog ini

CONTOH WAWANCARA GURU DAN SISWA

Contoh Rencana Kegiatan Sekolah (RKS)

skripsi Tesi Triani, S.Pd metode SQRQCQ